Rekomendasi Pantai Terdekat dari Kediri, Mana Saja?




Pantai Umbul Waru - www.manusialembah.com
Pantai Umbul Waru - www.manusialembah.com

Kediri bisa menjadi salah satu alternatif liburan jika Anda kebetulan sedang berkunjung ke . Pasalnya, tidak kalah dengan tetangganya seperti dan Blitar, Kota Tahu punya beragam spot unik dan kece yang sayang untuk dilewatkan. Namun, apakah wilayah ini punya destinasi pantai? Jika tidak ada, pantai mana yang paling dekat dengan Kediri?

Kediri dapat dibagi menjadi dua, yakni Kota Kediri dan Kabupaten Kediri. Sayangnya, baik kota maupun kabupaten, keduanya tidak ada yang berlokasi di pinggir laut. Seluruh Kota Kediri berbatasan dengan Kabupaten Kediri. Sementara, Kabupaten Kediri berbatasan dengan Kabupaten Jombang di sebelah utara, Kabupaten Malang di sisi timur, Kabupaten Blitar dan Kabupaten Tulungagung di sebelah selatan, serta Kabupaten Nganjuk di sisi barat dan utara.

Dengan kondisi demikian, memang sulit menemukan wisata pantai di kawasan Kediri. Sebaliknya, jika Anda hendak berwisata bernuansa pegunungan, sejarah, hingga taman, Kediri punya banyak tempat paten. Anda bisa meluncur ke Kampoeng Anggrek, Taman Wisata Tirtoyoso, Bukit Dhoho Indah, Candi Surawana, Gumul Paradise Island, Monumen Simpang Lima Gumul, Air Terjun Dolo, dan tentu saja Kelud. Seperti definisi , tempat-tempat ini memiliki daya tarik sehingga membuat orang mengunjunginya.[1]

Dari sekian banyak spot liburan di Kediri, Gunung Kelud bisa dikatakan yang paling populer. Pesona gunung berapi tersebut telah berhasil menyedot perhatian , tidak hanya lokal, melainkan juga internasional. Bahkan, ketika gunung ini sempat meletus pada tahun 2014 silam, jumlah kunjungan tak lantas menurun. Sebaliknya, banyak turis yang berminat melihat hasil letusan Gunung Kelud yang tergolong cukup dahsyat.[2]

Lalu, bagaimana jika pelancong ngebet liburan ke pantai? Apabila ingin menikmati suasana pasir pantai dan ombak lautan, lokasi terdekat dari Kediri adalah Kabupaten Blitar atau Malang. Kedua kawasan itu memang terkenal dengan spot wisata pantainya yang oke. Nah, sebagai referensi, berikut kami sajikan beberapa wisata pantai yang memiliki jarak paling dekat jika Anda bertolak dari Kediri.

Lihat Juga:   Gubugklakah, Desa Wisata dengan Segudang Daya Tarik di Poncokusumo-Malang

Pantai Tambakrejo

Seperti namanya, lokasi pantai ini berada di Desa Tambakrejo, Kecamatan Wonotirto, Kabupaten Blitar, Jawa Timur. Jika Anda berangkat dari Kediri, Anda membutuhkan waktu sekitar 1 jam 51 menit berkendara melewati Jalan Raya Kediri-Blitar untuk bisa sampai di pantai. Sementara, apabila Anda bertolak dari Kota Blitar, jaraknya memang lebih dekat, cuma 30 km ke arah selatan.

Tidak seperti pantai di Samudera Hindia pada umumnya, ombak di Pantai Tambakrejo cenderung tenang. Sehingga, wisatawan dapat bermain-main air, bahkan mandi di pinggir pantai. Selain itu, pelancong juga dapat sekadar berjemur atau berfoto-foto mengingat pemandangan yang ditawarkan cukup elok. Kalau ingin berburu oleh-oleh, bisa membeli ikan hasil tangkapan nelayan.

Pantai Tambakrejo - id.wikipedia.org
Pantai Tambakrejo – id.wikipedia.org

Pantai Umbul Waru

Objek wisata ini dapat Anda temukan di Desa Sidomulyo, Kecamatan Bakung, Kabupaten Blitar. Jika dibandingkan Pantai Tambakrejo, Pantai Umbul Waru memang tidak terlalu luas dan punya ombak yang cukup besar. Namun, kawasan ini punya keunikan tersendiri, yakni karang-karang tinggi dan kokoh serta air terjun yang berada di tebing tepat di pinggir pantai.

Jika Anda berangkat dari Kediri, perjalanan menuju Pantai Umbul Waru berkisar dua jam berkendara. Karena trek yang dilalui cukup terjal, terutama saat akan memasuki area pantai, sangat disarankan untuk menggunakan sepeda motor apabila ingin berwisata ke tempat ini. Selain itu, jangan lupa membawa bekal pribadi karena di sekeliling pantai masih cukup minim.

Pantai Umbul Waru - www.manusialembah.com
Pantai Umbul Waru – www.manusialembah.com

Pantai Sanggar

Selain Blitar, pantai terdekat dari Kediri juga dapat Anda temukan di Kabupaten Tulungagung. Salah satu yang punya jarak paling dekat adalah Pantai Sanggar. Terletak di Jengglungharjo, Tanjung Gunung, Kabupaten Tulungagung, spot wisata ini dapat Anda capai setelah menempuh perjalanan sekitar 1 jam 55 menit berkendara dari Kediri melewati Jalan Nasional 22.

Lihat Juga:   Info Penginapan yang Lokasinya di Dekat Pantai Goa Cina, Malang

Masih belum terlalu terjamah wisatawan, suasana Pantai Sanggar memang sangat alami. Walau trek menuju lokasi cukup sempit, ketika sudah sampai, perjuangan Anda akan terbayar lunas. Bahkan, sekali datang ke pantai ini, Anda dijamin akan ketagihan. Selain itu, Pantai Sanggar juga merupakan gerbang menuju pantai eksotis lainnya seperti Pantai Ngalur, Pantai Jung Pakis, dan Pantai Pathuk Gebang.

Pantai Sanggar - www.pantainesia.com
Pantai Sanggar – www.pantainesia.com

Pantai Peh Pulo

Pantai lainnya di Blitar yang berlokasi paling dekat dengan Kediri adalah Pantai Peh Pulo. Destinasi wisata ini dapat Anda tempuh setelah melakukan perjalanan sekitar dua setengah jam dari Kediri atau berjarak sekitar 82,8 km jika melalui Jalan Raya Kediri-Blitar. Sementara, apabila Anda memilih lewat Jalan Ngadiluwih Wates, jarak yang ditempuh sedikit lebih jauh, sekitar 86 km.

Sejatinya merupakan satu dari deretan empat pantai di Kawasan Wisata Pantai Pasir Putih Sumbersih, pesona Pantai Peh Pulo ternyata tidak boleh dipandang sebelah mata. Pasalnya, banyak yang menyebut panorama pantai ini mirip dengan Raja Ampat yang ada di Papua. Gugusan pulau mini yang berjajar indah bakal membuat Anda betah berlama-lama saat berwisata ke tempat ini.

Pantai Peh Pulo - jejakpiknik.com
Pantai Peh Pulo – jejakpiknik.com

[1]Yoeti, Oka. 1996. Pemasaran . Bandung: Penerbit Angkasa.

[2] Devi, Sthefani Geby Arsita, et al. 2015. Pengembangan Pariwisata Gunung Kelud Pasca Erupsi Tahun 2014 (Studi pada Kawasan Wisata Gunung Kelud Kabupaten Kediri). Jurnal Administrasi Publik (JAP), Vol. 3(1): 2077-2083.




Be the first to comment

Tinggalkan Balasan