Rekomendasi Wisata Kuliner Malam di Surabaya, Pas untuk Begadang




Nasi Cumi Waspada - travel.tribunnews.com
Nasi Cumi Waspada - travel.tribunnews.com

Walau alamnya tidak terlalu menonjol, namun punya pesona lain yang bisa menarik minat pengunjung, seperti mall dan, yang cocok bagi mereka yang doyan ngemil, kuliner. Di Kota Pahlawan, tidak sulit menemukan tempat kuliner yang dapat memuaskan hasrat lidah dan perut. Bahkan, sejumlah tempat makan ini buka hingga malam hari, pas untuk mengganjal perut jika sedang begadang.

Rawon Setan Mbak Endang

Tempat makan ini dapat Anda temukan di Jalan Embong Malang No. 78/I, Kecamatan Genteng, Kota Surabaya. Ini adalah salah satu warung rawon yang sudah cukup tersohor di Kota Pahlawan. Namanya agak menyeramkan, lantaran dulu warung ini memang baru buka pada malam hari, yakni jam 22.00 WIB hingga tutup pada dini hari. Tak hanya di Surabaya, Rawon Setan Mbak Endang juga telah merambah Jakarta.

Sekarang bisa dikunjungi kapan saja karena telah buka selama 24 jam, Rawon Setan Mbak Endang akan memanjakan lidah pelanggan dengan kuah yang diramu dengan bumbu kluwek yang diambil isinya kemudian disangrai. Lalu, kuah tersebut dicampur dan direbus dengan bahan-bahan utama rempah. Melengkapi sensasi rawon setan, disajikan pula nasi putih, kerupuk udang, empal goreng, irisan telur asin, taburan taoge rebus, bawang goreng, serta sambal terasi.

Rawon Setan Mbak Endang - kulinerjossurabaya.blogspot.com
Rawon Setan Mbak Endang – kulinerjossurabaya.blogspot.com

Rawon Kalkulator

Masih seputar rawon, warung lainnya yang tidak kalah fenomenal adalah Rawon Kalkulator. Lokasinya terletak di sentra PKL Bungkul, lokasi kaum muda Kota Pahlawan untuk nongkrong. Tempat ini menjadi legenda karena konon sudah eksis lebih dari 30 tahun, sehingga tidak mengherankan jika kemudian banyak pelanggan yang rela antre untuk menikmati yang disajikan.

Sebenarnya punya nama Warung Sedap Malam, sebutan Rawon Kalkulator disematkan karena gaya kasir warung yang mampu menghitung semua pesanan secara manual dengan cepat dan akurat. Secara rasa, mungkin rawon yang disediakan di tempat ini tidak jauh berbeda dengan nasi rawon lainnya. Namun, daging sapi yang disajikan berukuran jumbo, dengan tekstur yang diklaim empuk.

Lihat Juga:   Info Lengkap Tarif Tempat Wisata di Duri Bengkalis

Nasi Cumi Waspada

Kuliner ini bisa dibilang legenda di Kota Pahlawan karena konon sudah eksis sejak tahun 1917 silam. Sering pula disebut Nasi Cumi Pasar Atom karena lokasinya memang berada di sekitar kawasan pasar populer tersebut, tepatnya di Jalan Waspada No. 36, Pabean Cantian, Kota Surabaya. Buka selama 24 jam, pengunjung biasanya akan mulai berdatangan di atas jam 7 malam.

Seperti namanya, menu andalan warung sederhana ini adalah nasi cumi, yang terdiri dari tiga pilihan, yakni nasi cumi campur, nasi cumi biasa, dan nasi cumi komplet. Semua nasi tersebut sudah dilengkapi dengan cumi tinta yang empuk dan gurih. Pilihan menu lainnya yang juga menggigit lidah antara lain nasi tongkol, nasi rawon, hingga nasi jeroan.

Nasi Cumi Waspada - travel.tribunnews.com
Nasi Cumi Waspada – .tribunnews.com

Sego Sambel Mak Yeye

Jika udara malam sedang dingin, memang paling enak menyantap yang hangat-hangat dan pedas-pedas. Nah, apabila Anda sedang berlibur ke Surabaya, rekomendasi kuliner pedas yang dapat didatangi adalah Sego Sambel Mak Yeye. Tempat ini dapat Anda temukan di Jalan Jagir, Wonokromo, berada di sebelah utara pusat grosir Darmo Trade Center (DTC), dan buka mulai jam 10 malam.

Berdiri di depan sebuah ruko, lapak Sego Sambel Mak Yeye memang bukan warung permanen. Namun, pelanggannya luar biasa banyak. Jika tidak ingin mengantre, memang disarankan untuk datang lebih awal. Menu favorit di warung ini sendiri adalah penyet iwak pe alias ikan pari panggang. Selain itu, tersedia pula tempe goreng dan telur ceplok, dengan -harga mulai Rp10 ribuan per porsi.

Pecel Ambulance

Ada banyak tempat penjual nasi pecel yang dapat Anda temukan di Kota Surabaya. Nah, salah satu yang hits di kalangan warga setempat adalah Pecel Ambulance Bu Hana. Dikenal pula dengan nama Pecel Ambulance Blauran, lokasinya berada di Jalan Kranggan, Sawahan, tepat di pelataran Pasar Blauran lama. Dinamakan demikian karena konon nasi pecel di sini dapat menyelamatkan kaum kelaparan di tengah malam.

Lihat Juga:   Indahnya Menikmati Sunset di Pantai Ujung Pandaran Sampit

Beroperasi mulai jam 11 malam, berbagai olahan kuliner lezat, mulai empal daging sapi, ayam goreng, ayam bakar, telur bali, hingga cumi menjadi teman santap malam yang sempurna berkelindan bersama serundeng dan sayur pecelnya yang fenomenal. Seporsi Pecel Ambulance kian nikmat dengan kehadiran peyek dan sambal merah yang menggugah. Satu porsi menu dihargai mulai Rp20 ribuan.

Bubur Ayam Mang Dudung

Jika perut terasa lapar pada malam hari, namun enggan makan nasi, Anda bisa mampir ke Bubur Ayam Mang Dudung. Ini juga menjadi salah satu kuliner malam favorit warga Surabaya. Bahkan, tidak jarang menu yang disajikan sudah ludes hanya dalam waktu tiga jam. Kedai ini sendiri berlokasi di Jalan Kedungdoro No. 105, Surabaya dan beroperasi mulai pukul 11 malam hingga 5 pagi.

Meski punya tempat yang lebih pas disebut warung kaki lima, namun kedai Bubur Ayam Mang Dudung cukup bersih, dengan meja dan kursi yang tertata rapi. Setidaknya, ada empat menu bubur yang ditawarkan, yakni bubur ayam, bubur ayam telur, bubur ayam ampela, dan bubur ayam spesial, dengan harga mulai Rp12 ribuan hingga Rp18 ribuan per porsi. Pas untuk mengganjal perut.

Bubur Ayam Mang Dudung - pergikuliner.com
Bubur Ayam Mang Dudung – pergikuliner.com

Selain tempat-tempat di atas, sebenarnya masih banyak wisata kuliner di Surabaya yang dapat Anda kunjungi pada malam hari. Anda bisa mampir ke Sate Klopo Ondomohen, Soto Madura Wawan, Bakso Rindu Malam, Penyetan Bang Ali, Bebek Wachid Hasyim, Nasi Babat Kampung Malang, atau Penyetan Padin. Jadi, kalau kebetulan perut keroncongan di tengah malam, bisa langsung meluncur ke salah satunya.




Be the first to comment

Tinggalkan Balasan