Wisata ke Republik Palau: Spot Keren, Akomodasi, dan Penerbangan

Republik Palau - viajerosblog.com

Meski terletak berdekatan dengan Indonesia, mungkin banyak dari Anda yang tidak mengenal Republik Palau. Ini adalah negara kepulauan yang berada di Samudera Pasifik dan terletak sekitar 200 km arah utara dari Provinsi Papua Barat. Meski tidak terlalu populer, namun negara yang resmi merdeka dari AS pada tahun 1994 itu punya segudang wisata yang layak dikunjungi.

Republik Palau - www.reefrainforest.com

Republik Palau – www.reefrainforest.com

Dikutip dari Wikipedia, Republik Palau (juga dibaca sebagai Belau) adalah sebuah negara kepulauan yang terdiri dari delapan utama dan sedikitnya 250 kecil. Memiliki nama yang bisa diartikan sebagai ‘Kampung’, paling padat penduduknya adalah Angaur, Babeldaob, , dan Peleliu. Sekitar dua pertiga penduduk Republik Palau bermukim di Pulau .

Spot Wisata di Republik Palau

Layaknya negara kepulauan lainnya, potensi wisata di Republik Palau tidak jauh-jauh dari pantai dan laut. Banyak wisatawan yang datang ke Palau dengan tujuan untuk memburu keindahan bawah laut. Selain kekayaan alam yang elok, Republik Palau juga memiliki keunikan budaya yang juga menarik didatangi. Berikut beberapa spot wisata populer di Republik Palau.

  • Laguna Milky Way. Ini bisa dikatakan sebagai destinasi wisata paling populer di Palau. Laguna ini sendiri masih berada di wilayah perairan gugusan Rock Island. Banyak kegiatan seru yang bisa Anda lakukan di tempat ini, seperti berenang, snorkeling, atau bersantai menikmati pemandangan alam yang masih sangat alami.
  • Danau Ubur-Ubur. Danau ini juga masih berada di kawasan Rock Island. Sesuai namanya, Danau Ubur-Ubur memang dihuni jutaan ubur-ubur. Di danau ini, wisatawan bisa menyelam bersama ubur-ubur tanpa takut akan tersengat. Pasalnya, ubur-ubur di sini tidak beracun. Di negara asalnya, danau ini juga memiliki nama Danau Eil Malk.
  • Blue Hole. Bagi mereka yang doyan menyelam, Blue Hole adalah spot yang sangat oke. Ini bisa dikatakan sebagai surga bagi para penyelam profesional dengan peralatan canggih dan skill mumpuni. Goa karang yang merupakan pintu masuk menuju Blue Corner tersebut sudah sangat terkenal di kalangan pencinta diving. Ketika Anda masuk ke Blue Hole, Anda harus berenang sedalam 50 meter untuk bisa keluar di Blue Corner. Karena itu, hanya mereka yang memiliki sertifikat dan skill yang diperbolehkan menyelam di tempat ini.
  • Chyuo Maru. Jika tidak ingin terlalu jauh dari Kota Koror, Anda bisa memilih spot menyelam di Chuyo Maru. Hanya berselang lima menit perjalanan dengan perahu dari Koror, spot menyelam ini memiliki daya tarik keberadaan kapal karam di dasar laut. Ditumbuhi aneka karang dan menjadi habitat hidup ratusan spesies ikan, Chuyo Maru memiliki identitas khas-nya tersendiri.
  • German Channel. Ini merupakan spot menyelam lainnya di Republik Palau yang tidak kalah menakjubkan. Spot ini terkenal akan bio-diversitas yang membuat taman bawah lautnya sangat menarik, terlebih spot ini juga masih cocok untuk penyelam pemula. Jika Anda berangkat dari Koror, perlu menempuh perjalanan selama 1 jam menggunakan perahu untuk tiba di German Channel.
  • Palau Aquarium. Masih seputar keindahan bawah laut, ada Palau Aquarium yang merupakan salah satu bagian dari Pacific International Coral Reef Center, sebuah badan penelitian terumbu karang internasional. Akuarium raksasa di sini merupakan yang paling atraktif untuk melihat dan mengenal lebih dekat berbagai hewan laut yang ada di perairan Palau.
  • Kayangel Island. Pulau ini terletak di bagian paling utara gugusan Kepulauan Palau, atau sekitar 103 km dari Jembatan Koror. Untuk bisa mencapai pulau ini, Anda harus menempuh perjalanan selama dua hingga tiga jam menggunakan speedboat. Kayangel Island sendiri merupakan tempat yang sempurna untuk menyelam, karena menyimpan berbagai spesies bawah laut berukuran besar yang menakjubkan, seperti lumba-lumba, hiu karang, hingga ikan pari perak.
  • Air Terjun Ngardmau. Jika bosan dengan laut, Anda bisa menuju Air Terjun Ngardmau yang berlokasi di Pulau Babeldaob. Air terjun ini mengalir dari puncak tertinggi di Ngerchelchuus, kurang lebih setinggi 217 meter. Air terjunnya melebar sehingga menyerupai tirai air raksasa, dengan dikelilingi rimbunan pohon yang membuatnya terlihat sangat cantik.
  • Pulau Babeldaob. Masih di pulau yang sama, Anda pun bisa menelusuri situs sejarah Republik Palau, berupa bangunan rumah adat khas kebudayaan Palau. Rumah ini memiliki desain memanjang dengan atap tinggi dan struktur mirip rumah panggung. Bisa dikatakan, karakter rumah tersebut mirip dengan rumah-rumah adat di Indonesia, bahkan bisa dikatakan sedikit menyerupai rumah Bolon khas Batak.
  • Situs Badrulchau. Masih di Pulau Babeldaob, terdapat situs Badrulchau yang menjadi situs peninggalan sejarah dari Palau. Situs ini juga sering disebut sebagai Stonehenge-nya Palau karena memang mirip, yaitu berupa hamparan yang tampak berdiri tegak. Setidaknya, terdapat 37 buah yang tersebar dengan berbagai ukuran, bahkan yang terbesar memiliki berat mencapai 5 ton.
Lihat Juga:   Wisata ke Zhangjiajie China, Spot Keren dan Paket Tour

Akomodasi di Palau

Selain memiliki spot wisata menarik, Republik Palau juga telah didukung dengan penunjang pariwisata yang memadai, termasuk akomodasi penginapan. Di tempat ini, ada beragam jenis , mulai hotel hingga resort. Sayangnya, tarif di Palau tidak bisa dikatakan murah. Tarif kamar di Palau Hotel yang berstatus bintang dua misalnya, dipatok Rp1,6 jutaan per malam.

Republik Palau - viajerosblog.com

Republik Palau – viajerosblog.com

Penerbangan ke Palau

Jika Anda ingin berkunjung ke Palau, Anda bisa menggunakan jasa beberapa maskapai. Namun, dari Indonesia, tidak ada penerbangan langsung atau direct flight ke Bandara Internasional Palau di Kota Koror. Penerbangan dari Indonesia paling dekat harus transit melalui Manila atau Taipei. Selain itu, rata-rata tiket pesawat ke Palau memiliki yang relatif mahal.

Lihat Juga:   Harga Tiket, Wahana, dan Fasilitas di Water Kingdom Mekarsari

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Anda dapat menggunakan tag dan atribut HTML: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>