Rekomendasi Wisata Edukasi Study Tour di Bali




Pura di Bali (sumber: rumah123.com)
Pura di Bali (sumber: rumah123.com)

Seribu Pura atau lebih akrab disebut Bali ini memang menyimpan sejuta pesona yang tak pernah ada habisnya. Tak hanya saja, di Bali juga kental akan budayanya. Terdapat sejumlah tempat penting di Bali yang biasanya kerap dimanfaatkan oleh masyarakat luar Bali untuk edukasi dan study tour.

Bali adalah nama salah satu provinsi di Indonesia termasuk pulau terbesar yang menjadi bagian dari provinsi tersebut. Selain terdiri dari Pulau Bali, wilayah Provinsi Bali juga terdiri dari pulau-pulau yang lebih kecil di sekitarnya seperti Pulau Nusa Penida, Pulau Nusa Lembongan, Pulau Nusa Ceningan, dan Pulau Serangan. Mayoritas penduduk Bali beragama Hindu. Di dunia, Bali terkenal sebagai tujuan dengan keunikan berbagai hasil seni budayanya, khususnya bagi para Jepang dan Australia.[1]

Objek Wisata Ubud

Ubud (sumber: hotels.com)
Ubud (sumber: hotels.com)

Ubud sebagai pusat seni dan peristirahatan yang terletak di Kabupaten Gianyar, sedangkan Kuta, Sanur, Seminyak, Jimbaran, dan Nusa Dua adalah beberapa tempat yang menjadi tujuan wisata, baik wisata maupun tempat peristirahatan, spa, edukasi, dan lain-lain. Banyak topik seni yang dapat diangkat saat mengunjungi Ubud.

Pura Tirta Mpul View Istana Tampak Siring

Pura Tirta Mpul View Istana Tampak Siring (sumber: pegipeg)
Pura Tirta Mpul View Istana Tampak Siring (sumber: pegipeg)wisata, edukasi, study, tour, di Bali, fasilitas, Tanjung Benoa, Pulau Penyu, Green School Bali, Bali Bird Park, Wisata Pura Puja Mandala, Wisata Desa Adat Penglipuran, Pura Tirta Mpul View Istana Tampak Siring, Ubud

Tampak Siring yakni nama sebuah kecamatan di kabupaten Gianyar Bali dengan keindahan Pura Tirta Mpul. Memiliki luas sekitar 42,63 kilometer persegi, Pura Tirta Empul banyak dikunjungi wisatawan dengan pesona viewnya. Di sana terdapat mata air dan juga digunakan oleh masyarakat pemeluk agama Hindu, untuk permandian dan memohon tirta suci. Tampak Siring digunakan sebagai jalur persinggahan wisatawan yang telah berkunjung ke daerah objek wisata Ubud.

Lihat Juga:   Pantai Tanjung Gelam Karimunjawa, Tiket Murah Pesona Luar Biasa

Wisata Desa Adat Penglipuran

Desa Penglipuran Bangli Bali - www.getyourguide.com
Desa Penglipuran Bangli Bali – www.getyourguide.com

Desa Adat Penglipuran terbilang unik di antara desa lainnya, sebab nuansa Bali masih terasa kental, baik dari segi perumahan, aktivitas penduduk, maupun baju yang dikenakan. Kabupaten Bangli dan objek wisata di Bali timur menjadi desa adat yang wajib Anda kunjungi. Selain bentuk perumahan yang sama, budaya penduduk di Desa Penglipuran Bangli yakni menghormati alam dan tradisi untuk menghormati wanita. Desa ini juga memiliki budaya hukuman untuk kasus pencurian. Tak heran, dengan keunikan ini Desa Adat Penglipuran Bali menjadi magnet bagi wisatawan mancanegara.

Wisata Pura Puja Mandala

Wisata Pura Puja Mandala (sumber: raskitatour.com)
Wisata Pura Puja Mandala (sumber: raskitatour.com)

Puja Mandala Nusa Dua menjadi di mana Anda bisa menyaksikan keberadaan 5 tempat ibadah sekaligus dalam satu tempat yakni untuk umat Islam, Kristen, Katolik, Buddha, serta umat Hindu. Hal tersebut tentu menjadi bukti konkret tingginya toleransi beragama di Pulau Dewata sebagai pulau yang mayoritas penduduknya beragama Hindu. Kelima tempat ibadah tersebut berdiri di atas tanah dengan luas kurang lebih 2 hektare. Selain itu, lokasi ini juga berdekatan dengan objek wisata patung Garuda Wisnu Kencana dan Pura Sad Khayangan Jagad Uluwatu yang sangat terkenal dan .

Bali Bird Park

Bali Bird Park (sumber: ayobali.net)
Bali Bird Park (sumber: ayobali.net)

Selain Bali Zoo Park, masih ada kebun binatang lain yang bisa dikunjungi yaitu Bali Bird Park. Sesuai namanya, kebun binatang ini lebih fokus pada satwa unggas. Koleksi satwa di Bali Bird Park sangat lengkap, setidaknya mencapai sekitar 1.000 ekor. Sedangkan jenis satwanya berasal dari 250 spesies yang terdiri dari jenis burung yang ada pun berasal dari macam-macam daerah. Ada jenis burung yang sudah langka. Ada juga yang bisa berinteraksi langsung dengan pengunjung. Lokasi wisata yang satu ini tentunya cocok untuk study tour.

Lihat Juga:   Destinasi Wisata di Mandeh Pesisir Pantai Selatan, Sumatera Barat

Green School Bali

Green School Bali (sumber: greenschool.org)
Green School Bali (sumber: greenschool.org)

Lokasi wisata study tour di Bali berikutnya yang menarik untuk dikunjungi adalah Green School Bali. Tempat ini adalah sekolah alam yang  benar-benar menakjubkan. Sangat cocok untuk mengajak pelajar ke sana. Karena merupakan sekolah alam, Green School mengusung konsep yang berbeda dengan sekolah lainnya. Mulai dari kawasannya sendiri, berada di kawasan yang hijau dan tentunya sesuai dengan kesan sekolah alam.

Tanjung Benoa dan Pulau Penyu

Pantai Tanjung Benoa - holiday-land.blogspot.co.id
Pantai Tanjung Benoa – holiday-land.blogspot.co.id

Tanjung Benoa dan Pulau Penyu Tanjung Benoa merupakan salah satu wisata study tour di Bali yang pasti akan dikunjungi. Tempat wisata anak sekolah di Bali yang satu ini dikenal sebagai lokasi pusat permainan air yang cukup populer. Pengunjung bisa menikmati waktu di tempat ini untuk bermain di air laut dengan macam-macam fasilitas yang ada. Anda juga bisa menyeberang ke Pulau Penyu untuk melihat penyu serta hewan lainnya yang tinggal di pulau tersebut. Setiap kegiatan di sana bisa terasa begitu dekat dengan alam.

Itu tadi sejumlah spot di Bali yang direkomendasikan untuk Anda. Anda dapat datang bersama maupun rombongan sekolah.

[1] Suryana, Dayat. Bali: Bali dan Sekitarnya(: CreateSpace Independent Publishing Platform, 2012), hlm. 5




Be the first to comment

Tinggalkan Balasan