Deretan Tempat Wisata di Kaliangkrik Magelang, Dijamin Lupa Pulang




Dusun Butuh Kaliangkrik - travel.detik.com
Dusun Butuh Kaliangkrik - travel.detik.com

Berbicara tentang , mungkin tidak akan jauh-jauh dari pesona Candi Borobudur yang memang telah mendunia. Padahal, daerah yang berbatasan dengan Semarang ini punya sejumlah destinasi liburan lainnya yang tidak kalah menarik dan keren, seperti Telomoyo, Punthuk Setumbu, Gunung Andong, sederet air terjun, hingga yang sedang hits, kawasan Kaliangkrik.

Secara geografis, Magelang berada di jalur wisata Jawa Tengah dan Daerah Istimewa Yogyakarta. Adanya Candi Borobudur dan banyaknya situs candi-candi peninggalan Kerajaan Buddha zaman serta dibangunnya objek wisata alam kegunungapian Ketep Pas menjadikan potensi pariwisata di Magelang cukup menonjol.[1] Tidak hanya itu, Magelang juga punya wilayah Kaliangkrik yang menawarkan banyak spot liburan kece.

Dusun Butuh Kaliangkrik

Diakui atau tidak, selama ini, sebagian besar hanya mengenal Candi Borobudur sebagai objek wisata di Magelang dan Jawa Tengah, sehingga tujuan terkonsentrasi di tersebut.[2] Untuk mengatasi kejenuhan turis akan wisata percandian, saat ini mulai dikembangkan potensi wisata lain, termasuk desa wisata sebagai wisata andalan dan alternatif tujuan liburan.

Desa wisata sendiri dapat dikatakan sebagai sebuah kawasan pedesaan yang memiliki beberapa karakteristik khusus untuk menjadi daerah tujuan wisata. Di kawasan ini, penduduknya biasanya masih memiliki tradisi dan budaya yang relatif masih asli. Selain itu, beberapa faktor pendukung seperti makanan khas, sistem pertanian, dan sistem sosial turut mewarnai sebuah kawasan desa wisata.[3]

Nah, jika Anda juga berencana liburan ke desa wisata, Anda bisa meluncur langsung ke Kaliangkrik, Magelang. Di daerah ini, terdapat Dusun Butuh, Desa Temanggung, yang dikatakan punya pesona alam mirip dengan Pegunungan Himalaya di Nepal. Berada di ketinggian sekitar 1.700 meter di atas permukaan laut, Desa Butuh merupakan salah satu desa tertinggi di Magelang yang berada di kaki Gunung Sumbing.

Lihat Juga:   Harga Tiket Masuk Zoo Negara Malaysia

Ketika Anda liburan ke tempat ini, Anda akan dibuat takjub dengan pemandangan rumah-rumah yang berjejer rapi dan seolah bertingkat di bawah lereng gunung. Sebelumnya, tempat ini merupakan ladang pertanian warga, sehingga bangunan rumahnya menjadi mengikuti kontur lahan, yakni dari bawah memanjang terus ke lereng paling atas. Yang unik, tata letak bangunan mirip anak tangga, karena awalnya terbentuk dari terasering dan berada di tempat yang tinggi. Karena keindahan tersebut, dusun ini akhirnya menjadi perbincangan hangat di media sosial sekitar tahun 2019 lalu.

Dusun Butuh Kaliangkrik - travel.detik.com
Dusun Butuh Kaliangkrik – .detik.com

Silancur Highland Magelang

Masih seputar pesona Gunung Sumbing, wisatawan juga bisa meluncur ke Silancur Highland atau Gardu Pandang Silancur. Mulai hits sekitar tahun 2019, tempat wisata ini terletak di Dusun Dadapan, Desa Mangli, Kecamatan Kaliangkrik, Kabupaten Magelang. Jika Anda berangkat dari pusat kota, perlu menempuh perjalanan sejauh 18 km untuk tiba di tempat eksotis ini.

Juga sering dijadikan basecamp para pendaki Gunung Sumbing, Silancur Highland memiliki lanskap pegunungan yang menakjubkan. Salah satu spot kece yang menarik atensi banyak pelancong adalah bunga. Bunga warna-warni terhampar di kaki Gunung Sumbing, menawarkan pemandangan yang indah tiada tara. Belum lagi ada miniatur rumah hobbit di tengah-tengahya, pas dijadikan latar untuk swafoto.

Untuk mereka yang ingin merasakan kenikmatan berkemah, tempat ini juga menyediakan arena camping atau camping ground. Wisatawan dapat mendirikan tenda di lahan yang telah disediakan. Meski tidak berada di puncak gunung, panorama yang disajikan tidak kalah kece. Anda bisa melihat matahari terbit dan perkebunan di pagi hari. Sementara, malamnya, Kota Magelang dengan kerlap-kerlip lampu di kejauhan menjadi suguhan yang memanjakan mata.

Lihat Juga:   Harga Terbaru Tiket dan Wahana Favorit di Dufan dengan Akses Fast Track
Silancur Highland Magelang - dolanyok.com
Silancur Highland Magelang – dolanyok.com

Air Terjun Mangli

Masih di daerah Mangli, apabila traveler ingin merasakan yang segar-segar, terdapat air terjun elok dan jernih yang bisa dikunjungi. Dikutip dari situs resmi Pemerintah Kabupaten Magelang, ada belasan air terjun di tempat ini, seperti Air Terjun Bima, Air Terjun Nakula-Sadewa, hingga Air Terjun Janaka, yang siap menyambut wisatawan dengan guyuran airnya yang segar dan jernih, pemandangan yang oke, serta udara yang dingin karena memang berada di dataran tinggi.

Belasan air terjun Mangli seakan berada di antara negeri di atas awan, lokasinya tersebar di antara pemukiman warga tertinggi lereng Gunung Sumbing. Dibutuhkan waktu hanya sekitar 10 menit dari basecamp gardu pandang Desa Mangli untuk mencapai air terjun pertama. Kelok jalan setapak tanah berpagar rumput dan pohon pinus menjadi rute menuju pertama dari belasan air terjun yang ada di desa tersebut.

Menurut pihak pengelola Desa Wisata Mangli, perjalanan bagi pengunjung relatif mudah dijangkau dengan berjalan kaki. Lokasi air terjun pertama berada di antara lembah Gunung Sumbing yang tidak jauh dari pemukiman warga. Mengenai tiket masuk, pengelola cuma mematok Rp5 ribuan per orang. Sementara, jika ingin menggunakan jasa ojek, dikenakan tambahan.

Air Terjun Mangli - pasangmata.detik.com
Air Terjun Mangli – pasangmata.detik.com

[1] Juliprijanto, Whinarko. 2014. Analisis Potensi Sektor Pariwisata di Kabupaten Magelang. Jurnal Penelitian Inovasi Universitas Tidar Magelang, Vol. 40(2): 70-85.

[2] Saputra, M. Ryan dan Rodhiyah. 2016. Strategi Pengembangan Wisata di Kawasan Gunung Andong Magelang. Jurnal Ilmu Administrasi Bisnis S1 UNDIP, Vol. 5(4): 571-586.

[3] Zakaria Faris dan Rima Dewi Suprihardjo. 2014. Pengembangan Kawasan Desa Wisata di Desa Bandungan Kecamatan Pakong Kabupaten Pamekasan. Jurnal Teknik POMITS, Vol. 3(2): 245-249.




Be the first to comment

Tinggalkan Balasan