Rekomendasi Wisata Murah Dekat Stasiun Lempuyangan




Pasar Beringharjo - yogyakarta.anyerpedia.com
Pasar Beringharjo - yogyakarta.anyerpedia.com

Baru saja turun dari kereta api di Lempuyangan, biasanya tidak hanya ingin mencari penginapan, tetapi juga spot rekreasi seru. Untungnya, ada banyak area dekat stasiun tersebut yang bisa dijangkau dengan berjalan kaki atau menggunakan kendaraan bermotor dalam waktu yang relatif singkat.

Stasiun Lempuyangan adalah salah satu stasiun kereta api di Yogyakarta yang telah mengalami perbaikan untuk meningkatkan kualitasnya. Sebelum adanya renovasi, stasiun tersebut terlihat cukup tidak teratur dan masih minim .[1] Setelah renovasi selesai, Stasiun Lempuyangan memiliki cukup banyak tempat duduk, layanan kebersihan yang lebih baik, dan ada kafetaria yang menjual makanan serta oleh-oleh lengkap.

Selain sudah memiliki fasilitas komplet, Stasiun Lempuyangan juga dekat dengan beberapa menarik di Yogyakarta. Ini yang membuat stasiun tersebut menjadi salah satu destinasi perhentian banyak pelancong yang singgah di Jogja. Berikut deretan spot paling dekat dengan Stasiun Lempuyangan.

Malioboro

Jl. Malioboro merupakan salah satu destinasi wajib bagi Anda yang baru pertama kali melihat Jogja. Jalan yang sudah cukup terkenal tersebut menawarkan aneka hiburan serta kuliner yang lengkap, Anda bisa berbelanja makanan, camilan, baju, perabot rumah tangga, hingga cuma duduk-duduk santai sambil menikmati temaram Yogyakarta.

Dari Stasiun Lempuyangan menuju Jl. Malioboro tidaklah jauh. Anda hanya perlu mengendarai kendaraan bermotor selama 6 menit melalui Jl. Abu Bakar Ali. Dari Stasiun Lempuyangan, pergilah ke arah timur menuju Jl. Doktor Sutomo. Setelah itu, dilanjutkan ke Jl. Atmosukarto. Belok kiri menuju Jl. Yos Sudarso dan lurus saja hingga Anda melewati Kali Code. Anda akan menemukan area parkir Jl. Malioboro di sebelah kanan jalan. Setelah memarkir kendaraan, Anda perlu jalan kaki sejauh 100 meter untuk benar-benar sampai di Jl. Malioboro yang dipenuhi lapak oleh-oleh dan turis.

Lihat Juga:   Taman Hutan Raya Ir. H. Djuanda, Wisata Alam Sejuk & Murah Meriah di Bandung

Biaya rekreasi di Jl. Malioboro relatif terjangkau, karena Anda hanya perlu membayar apa yang Anda ingin beli. Tidak ada patokan yang pasti mengenai tarif maksimal atau minimal untuk berwisata di area tersebut. Namun, setidaknya dengan uang Rp50.000, Anda sudah bisa membeli sekotak bakpia sebagai oleh-oleh untuk di kampung halaman.

Jalan Malioboro - kumparan.com
Jalan Malioboro – kumparan.com

Pasar Beringharjo

Jika Anda adalah seorang shopaholic, rasanya belum lengkap jika tidak mampir ke Beringharjo. Ini merupakan salah satu pasar tradisional yang menjajakan aneka barang dengan yang tergolong miring. Jika Anda pandai menawar harga, Anda akan mendapatkan barang dengan harga hingga setengah harga.

Dari Stasiun Lempuyangan menuju Pasar Beringharjo tidaklah sulit. Anda hanya perlu mengendarai kendaraan motor selama 8 menit. Jalur ke Pasar Beringharjo hampir sama dengan ke Malioboro. Ini karena letak pasar yang berada di Jl. Malioboro. Memasuki pasar Beringharjo, Anda bisa menemukan aneka pernak-pernik, perhiasan, nasi gudeg, jajanan sate, dan aneka jenis sandang.

Tarif rekreasi di Pasar Beringharjo relatif terjangkau. Dengan membawa uang Rp100.000, kemungkinan Anda bisa membawa pulang sebungkus nasi gudeg, selembar kain batik khas Jogja, dan beberapa macam jajanan pasar, di antaranya dawet, jenang sumsum, bakpia, dan es cendol.

Lihat Juga:   Ceria Homestay, Penginapan Homey di Kota Batu Cocok untuk Liburan Keluarga
Pasar Beringharjo - yogyakarta.anyerpedia.com
Pasar Beringharjo – yogyakarta.anyerpedia.com

Museum Sonobudoyo Unit 1

Museum Sonobudoyo Unit 1 merupakan salah satu tempat yang pas untuk menikmati kesenian dan budaya khas Kota Gudeg. Selain itu, gaya arsitektur lama yang masih terjaga dengan baik sering dijadikan sebagai objek untuk belajar sejarah. Adanya bangunan kuno serta patung dan ukiran di tempat tersebut membuat Museum Sonobudoyo makin indah. Tak heran, banyak wisatawan yang berfoto di tempat tersebut.

Museum tersebut berlokasi di Jl. Trikora No. 6, Yogyakarta dan tidak jauh dari Stasiun Lempuyangan. Dari stasiun, Anda bisa melakukan perjalanan menggunakan kendaraan bermotor selama 10 menit lewat Jl. Doktor Sutomo. Ada juga jalur yang lebih dekat dengan waktu sekitar 9 menit, yakni melalui Jl. Abu Bakar Ali.

Untuk menikmati seni pertunjukan maupun fasilitas yang ada di Museum Sonobudoyo Unit 1, Anda perlu membayar masuk dengan harga mulai Rp2.500 hingga Rp20.000, tergantung jenis pertunjukan yang ingin Anda tonton. Harga tiket masuk tersebut tentu belum termasuk tiket parkir. Biasanya, untuk parkir, wisatawan ditarik biaya mulai Rp2.000 hingga Rp5.000, tergantung jenis kendaraannya.

Museum Sonobudoyo - sejarahlengkap.com
Museum Sonobudoyo – sejarahlengkap.com

[1] Puspita, Richa Mega & Singgih Santoso. Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Fasilitas Pendukung terhadap Kepuasan Pelanggan Stasiun Lempuyangan Yogyakarta. Jurnal EKSIS Universitas Kristen Duta Wacana, Vol. 13(1): 69-80.




Be the first to comment

Tinggalkan Balasan