Wahana dan Update Harga Tiket Masuk Selecta Batu, Malang




Wahana kolam renang Selecta Batu (sumber: pinterest)
Wahana kolam renang Selecta Batu (sumber: pinterest)

Bagi Anda yang berdomisili di kawasan Batu dan Malang, pasti sudah tidak asing lagi dengan Selecta. Ini adalah taman rekreasi di Kota Batu yang sangat sebagai destinasi wisata keluarga. Meskipun banyak amusement park baru berdiri di Kota Apel dengan harga tiket masuk relatif terjangkau, dengan menawarkan wahana yang beragam, tidak lantas membuat Selecta sepi pengunjung.

Taman Selecta

Taman Selecta berlokasi di kawasan kota wisata Batu, yaitu di Desa Tulungrejo, Kelurahan Bumiaji, tepatnya di Jalan Raya Selecta No. 1. Jika wisatawan berangkat dari pusat pemerintahan Kota Batu, cukup menempuh perjalanan sejauh 4 km untuk tiba di tempat ini. Sementara, apabila Anda bertolak dari pusat Kota Malang, jaraknya sekitar 13 km.

Jika Anda berangkat dari pusat Kota Batu, Anda hanya perlu berkendara menuju alun-alun, kemudian masuk ke Jalan Gajah Mada. Selang beberapa ratus meter setelah Gedung BCA, Anda akan melihat papan penunjuk kecil yang bertuliskan ‘Taman Rekreasi dan Hotel Selecta’. Setelah itu, ikuti jalan sampai Anda menemukan pintu masuk objek wisata ini.

Sementara, apabila Anda berangkat dari Kota Malang menggunakan angkutan umum, Anda bisa menumpang angkutan kota atau mikrolet dengan kode ADL atau AL menuju Terminal Landungsari. Setibanya di terminal ini, Anda bisa berganti angkutan kota berwarna pink yang akan mengantarkan Anda menuju Terminal Batu. Setelah itu, perjalanan dilanjutkan dengan menumpang angkutan kota warna oranye dengan jurusan Terminal Batu-Selecta-Coban Talun. Anda bisa turun di depan pintu masuk Taman Selecta.

Wahana di Taman Selecta

Selecta Batu Malang - www.spotbaru.com
Selecta Batu Malang – www.spotbaru.com

Taman Selecta sendiri, menurut cerita, telah dibangun sejak masa penjajahan Belanda. Seorang warga Belanda bernama Ruyter de Wildt membangun taman ini sekitar tahun 1920 sampai 1928. Kala itu, taman ini dijadikan destinasi strategis dan tempat peristirahatan bagi para warga Negeri Kincir Angin yang sedang berkunjung ke Indonesia.

Menurut beberapa sumber, Taman Selecta juga pernah dijadikan tempat dalam merumuskan keputusan penting kenegaraan. Sempat dibumihanguskan oleh warga sekitar dikarenakan sesuatu hal pada sekitar tahun 1949, taman ini kemudian dibangun kembali oleh 47 orang yang terakomodasi dalam kepemilikan lokasi wisata secara saham.

Dibandingkan tempat rekreasi lain di Kota Batu, semisal Jatim Park 1, Batu Secret Zoo, Jatim Park 3, Eco Green Park, Predator Fun Park, Batu Night Spectacular, maupun Angkut, Taman Selecta memang berdiri lebih awal. Meski tergolong objek wisata yang cukup tua, pesona Selecta tidak pernah luntur. Menurut data statistik yang dilansir BPS Kota Batu, sepanjang tahun 2016 lalu, total kunjungan wisatawan asing dan lokal ke tempat tersebut bahkan mencapai angka 1 juta pengunjung.

Bukan hal yang mengherankan jika Taman Selecta tetap diminati wisatawan, meski di Kota Batu terus bermunculan amusement park yang lebih modern. Pasalnya, taman ini sudah dikenal sebagai tempat yang cocok untuk melepas penat setelah menjalani rutinitas harian yang melelahkan. Di samping itu, Taman Selecta juga menjadi destinasi wisata yang cocok untuk keluarga dan rombongan besar.

Daya tarik utama taman rekreasi ini adalah memiliki udara yang sejuk dan juga pemandangan taman yang indah plus bersih. Menurut Badan Administrasi Pertanahan Kota Batu, Taman Bunga Selecta diklaim memiliki luas wisata sekitar 18 hektar, sedangkan lahan wahana Selecta sebesar 8 hektar. Keindahan taman bunga di tempat ini pun menjadi magnet bagi turis lokal maupun mancanegara, termasuk dari Malaysia, Belanda, Jepang, Singapura, Taiwan, hingga Korea Selatan.

Selain taman bunga yang indah dan menyedapkan mata, Taman Selecta juga telah didukung dengan wahana-wahana yang menarik. Ketika berkunjung ke tempat ini, wisatawan bisa bermain air di kolam renang, waterboom, dan taman air Kamandanu. Sementara, untuk mereka yang ingin memacu adrenalin, bisa mencoba bermain flying fox. Wahana lainnya yang juga menarik adalah gua singa, sepeda air, perahu ayun, playground, taman singa, 4D cinema, hingga sky bike.

Masuk Selecta

Layaknya tempat rekreasi lain, untuk bisa mengunjungi Taman Selecta, wisatawan memang perlu membayar tiket masuk. Dilansir dari berbagai sumber, harga tiket masuk di Taman Selecta dipatok Rp40.000 per orang. Harga tiket masuk ini berlaku hari Senin hingga Minggu, serta tidak berubah meski pada high season, hari libur nasional, dan musim liburan. Sebagai perbandingan, pada tahun sebelumnya, harga tiket masuknya Rp35.000 per orang.

Harga Tiket Wahana Taman Selecta

Selecta, Batu (sumber: bosniatravel.net)
Selecta, Batu (sumber: bosniatravel.net)
WahanaHarga Tiket (Rp)
Kolam RenangGratis (anak dan dewasa)
Water ParkGratis (anak dan dewasa)
Taman BungaGratis
Taman DinosaurusGratis
Akuarium Ikan RaksasaGratis
Goa SingaGratis
Permainan Anak5.000 – 20.000
Sepeda Air20.000/15 menit
Perahu Ayun10.000 per orang
Arena Berkuda15.000 per orang
Flying Fox25.000 per orang
Sky Bike20.000 per orang

Tarif di Taman Selecta

Selain menyediakan beragam wahana permainan yang menarik, pengelola Taman Selecta juga menyediakan fasilitas lain, termasuk restoran dan penginapan. Akomodasi yang disediakan oleh Taman Selecta berupa hotel dan diberi nama Hotel Selecta. Jika Anda ingin menginap di tempat tersebut, setidaknya Anda harus merogoh kocek mulai Rp1,1 juta hingga Rp1,4 juta per malam. 

Hotel dengan panorama asri dan udara sejuk ini menawarkan sederet fasilitas yang memadai, seperti kamar 24 jam, akses internet gratis di area umum, fasilitas rapat, fotokopi, TV kabel, kamar mandi plus shower, ATM, layanan laundry, hingga kolam renang outdoor. Jika berminat, bisa Anda lakukan melalui situs booking online, karena website resmi Taman Selecta untuk sementara belum bisa dibuka.

[Update: Almasshabur]

Lihat Juga:   Update Rekomendasi Villa Kamaran Murah di Songgoriti, Batu




Be the first to comment

Tinggalkan Balasan