Bukit Putung Karangasem, Nikmati Panorama Bali dari Ketinggian




Bukit Putung Karangasem - www.kintamani.id
Bukit Putung Karangasem - www.kintamani.id

Sebagai destinasi andalan Indonesia, memang tidak susah menemukan liburan ketika berkunjung ke Pulau Bali. Hampir di setiap sudut wilayah, Anda dapat dengan mudah menjumpai tempat yang eksotis, tidak terkecuali saat datang ke Karangasem. Lebih populer berkat keberadaan Pura Besakih, kabupaten ini ternyata menyimpan banyak menarik lainnya, termasuk Putung.

Dilansir dari Wikipedia, Karangasem, atau Karang Asem, adalah sebuah kabupaten yang terletak di Provinsi , dengan ibukota berada di Amlapura. Destinasi pariwisata di Kabupaten Karangasem memang sangat bervariasi, dengan mengedepankan potensi alam sebagai andalan utama. Berdasarkan klasifikasi destinasi wisata menurut WTO, Kabupaten Karangasem dapat dikatakan memiliki tipologi desa wisata, yang di dalamnya terdapat kawasan perairan atau bahari dan , kawasan wisata alam (nature), situs peninggalan sejarah (heritage), dan agrowisata.[1]

Dari sekian banyak objek wisata di kawasan tersebut, wisata bahari memang menjadi unggulan. Tulamben misalnya, telah menjadi salah satu diving site yang memiliki keindahan bawah laut, mampu mengundang 71.802 untuk berkunjung pada tahun 2012 lalu, dan naik menjadi 77.842 orang pada tahun 2014.[2] Tulamben sendiri adalah sebuah desa kecil, yang dikatakan menjadi salah satu tempat menyelam terbaik di Pulau Dewata.

Lokasi Bukit Putung

Nah, untuk mereka yang bosan bermain-main air dan ingin menikmati panorama Pulau Dewata dari ketinggian, Karangasem menawarkan Bukit Putung. Ini adalah area perbukitan eksotis yang dapat Anda temukan di Desa Duda Timur, Kecamatan Selat, Karangasem. Lokasinya berada agrowisata salak Sibetan. Jika wisatawan kebetulan bertolak dari Kota Denpasar, dapat menempuh sejauh 64 km untuk tiba di tempat ini.

Lihat Juga:   Membebaskan Alun-alun Magelang dari Pengamen dan Pengemis

Nama Bukit Putung ternyata menyimpan cerita menarik. Konon, menurut legenda, warga yang bermukim di Bukit Putung tersebut dikenai kutukan oleh seorang dukun pintar yang merasa telah dicurangi. Dukun sakti ini dibunuh oleh para warga yang mengincar hartanya. Sebelum ajalnya, sang dukun yang merasa dikhianati mengucapkan kutukan supaya kelak di kemudian hari, semua warga laki-lakinya tewas dan tak satupun dari mereka tersisa, sehingga tidak ada keturunan yang tinggal di bukit ini.

Bukit Putung Karangasem - ihategreenjello.com
Bukit Putung Karangasem – ihategreenjello.com

Pesona Bukit Putung

Terlepas benar atau tidaknya cerita tersebut, Bukit Putung memang menyimpang pesona istimewa yang sayang jika Anda lewatkan. Dari spot ini, Anda bisa menikmati petak-petak sawah milik warga sekitar. Selain itu, Anda pun bisa menyaksikan lembah-lembah bukit yang dipenuhi dengan tanaman yang subur. Dengan lokasinya yang berada di daerah pegunungan, membuat udara di sekitar Bukit Putung sangat sejuk. Berbagai pohon, seperti pohon kelapa dan pakis haji, juga dapat Anda temukan di tempat ini.

Tak hanya pemandangan hijau, Bukit Putung Karangasem juga menyajikan keindahan garis laut dengan dermaga. Dari ketinggian, Anda dapat menjumpai perahu nelayan yang sedang menangkap ikan dan kapal-kapal yang berlabuh. Bahkan, dari kejauhan pun, dapat terlihat Pulau Nusa Penida, sebuah pulau eksotis yang sudah tersohor di kalangan traveler. Benar-benar pemandangan yang sangat memanjakan mata dan siapa pun pasti akan betah berlama-lama di bukit ini.

Lihat Juga:   Masjid Istiqlal, Masjid Megah dan Terbesar di Asia Tenggara

Hawanya yang sejuk dan suasana yang damai serta menenangkan membuat bukit ini semakin terasa menyenangkan. Burung-burung yang terbang sambil berkicauan akan mengiringi waktu-waktu Anda di bukit yang memiliki sejuta keistimewaan ini. Bahkan, keindahan Bukit Putung ini sempat menarik perhatian dari seorang pelukis berkebangsaan Italia bernama Christiano dan ia tuangkan dalam coretan di atas kanvas.

Bukit Putung

Untuk bisa berlibur ke kawasan Bukit Putung, wisatawan tidak akan dikenakan tiket masuk alias gratis. Namun, apabila benar-benar ingin mengunjungi tempat tersebut, disarankan untuk menggunakan sepeda motor karena medan yang dilalui cukup sulit dan terjal, dengan jalan yang sempit dan sedikit berkelok-kelok. Untuk mendapatkan view terbaik, bisa datang ketika sedang cuaca kemarau.

Bukit Putung Karangasem - www.balitoursclub.net
Bukit Putung Karangasem – www.balitoursclub.net

[1] Lokantara, I Gede Wyana dan Muhammad Rafi;i. 2017. Identifikasi Tipologi Destinasi Wisata dan Strategi Pengembangannya Sebagai Upaya Mewujudkan Pariwisata Kabupaten Karangasem Berbasis Wisata Konservasi. Prosiding Seminar Nasional Multidisiplin Ilmu & Call for Papers UNISBANK ke-3, hlm. 352-362.

[2] Hidayah, Ade, dkk. 2017. Potensi dan Pengembangan Objek Wisata Bahari Tulamben, Kabupaten Karangasem, Bali. Jurnal Administrasi Bisnis Universitas Brawijaya, Vol. 50(2): 93-98.




Be the first to comment

Tinggalkan Balasan