Dekat Medan, Ini Rekomendasi Tempat Wisata di Tanjung Morawa




Kolam Renang Kuala Mega - (YouTube: Fajar Ranger)
Kolam Renang Kuala Mega - (YouTube: Fajar Ranger)

Tanjung Morawa, Kabupaten Deli Serdang, selama ini memang lebih populer sebagai kawasan industri, termasuk berdirinya kantor pusat PT Perkebunan Nusantara, serta sejumlah pabrik. Meski demikian, kecamatan yang berlokasi tidak jauh dari Medan (sekitar 20 menit berkendara dari Bandara Kualanamu) tersebut juga memiliki sejumlah objek wisata yang bisa Anda jadikan bersama keluarga. Apa saja itu?

Budaya Land and Resto

Kunjungan ke restoran tidak hanya untuk bersantap. Anda pun bisa mempelajari dan menikmati hal-hal lain, termasuk budaya setempat. Nah, apabila Anda penasaran dengan sensasi ini, Anda bisa langsung meluncur ke Budaya Land and Resto yang beralamat di Jalan Raya Medan-Tanjung Morawa KM 12,5 No. 6, yang pas untuk mengisi perut setelah tiba di Bandara Internasional Kualanamu.

Sering juga disebut Budaya Resto, ini tidak hanya menyajikan yang lezat dan bergizi, melainkan juga wisata budaya, bahkan wahana permainan serta gathering dan outing. Meski berlokasi di Sumatera, ketika sampai di tempat ini, justru Anda akan merasakan suasana Jawa yang kental, dengan bangunan utama restoran berbentuk rumah joglo serta iringan musik gamelan dan kecapi.

Untuk bersantap, Anda bisa memilih aneka khas Nusantara, seperti ayam goreng bumbu kuning, gurami budaya, sapi balado, cumi telur asin, gado-gado, sop buntu, genjer belacan, sayur asem, nasi bakar, hingga tempe mendoan. Makan besar dengan suasana yang sejuk akan semakin lengkap dengan beberapa minuman segar, seperti es teler budaya atau beberapa varian jus.

Jika Anda datang bersama dengan anak-anak, Anda bisa mengajak mereka menikmati wahana permainan yang ada. Dengan harga tiket masuk sebesar Rp30.000, sarana permainan yang disediakan antara lain Nine Board, Mini Car, Mini ATV, Bebek Air, Kayak, Obstacle, Panahan, Sepeda Tandem, Paint Ball, ATV dan Flying Fox. Khusus Flying Fox, hanya dibuka pada hari Sabtu dan Minggu.

Budaya Land and Resto - www.pariwisatasumut.net
Budaya Land and Resto – www.pariwisatasumut.net

Tirta Mas Waterpark

Liburan bernuansa air telah menjadi wajib yang harus didatangi wisatawan.Nah, jika kebetulan Anda sedang berkunjung ke Tanjung Morawa, ada Tirta Mas Waterpark yang menawarkan kesegaran dan keseruan bermain air.Cocok didatangi bersama keluarga, terutama anak-anak, destinasi wisata ini dapat Anda temukan di Desa Bangun Sari Baru, Tanjung Morawa, Deli Serdang, Sumatera Utara.

Lihat Juga:   Lokasi, Fasilitas dan Harga Tiket Wisata Bukit Tinggi Sumenep

Menurut ulasan para wisatawan yang sempat berkunjung, Tirta Mas Waterpark memiliki keunggulan dengan lokasi yang mudah dijangkau (cuma sekitar 30 menit berkendara dari Kota Medan) serta masuk yang sangat ekonomi. Selain itu, arena ini juga menyediakan beberapa kolam renang dengan ukuran yang luas serta dilengkapi wahana papan seluncur.

Lalu, berapa yang diperlukan untuk bisa rekreasi di tempat ini? Menurut bocoran beberapa pengunjung, pada hari biasa, harga tiket masuk Tirta Mas Waterpark cuma Rp10 ribu per orang, kemudian pada hari Sabtu Rp12 ribu per orang, dan pada hari Minggu Rp15 ribu per orang. Dengan harga tiket yang murah, Tirta Mas Waterpark sudah dilengkapi fasilitas toilet, kamar bilas, pondok atau gazebo, hingga tempat cuci piring.

Tirta Mas Waterpark - www.medanwisata.com
Tirta Mas Waterpark – www.medanwisata.com

Kolam Renang Kuala Mega

Masih seputar basah-basahan, arena waterpark lainnya yang dapat Anda jadikan lokasi liburan saat berkunjung ke Tanjung Morawa adalah Kolam Renang Kuala Mega.Destinasi wisata ini berada di Jalan Limau Manis, Medan Sinembah, Tanjung Morawa, Kabupaten Deli Serdang.Tempat ini menjadi opsi terbaru banyak penduduk lokal ketika Taman Mora Indah resmi ditutup.

Tergolong masih baru, tidak mengherankan jika kemudian kondisi dan fasilitas Kolam Renang Kuala Mega tampak rapi dan terawat.Lingkungan di sekitar kolam renang pun relatif asri, dengan banyak pilihan kolam renang dan air yang bersih.Selain kolam renang dengan berbagai tingkat kedalaman, pihak pengelola juga menyediakan fasilitas lain, seperti papan seluncur, toilet, food court, hingga pondok atau gazebo.

Untuk wisatawan yang berminat berenang di tempat ini, cukup membayar tiket masuk sebesar Rp10 ribu per orang.Cukup murah, bukan? Apabila kebetulan membawa kendaraan pribadi, akan dikenakan parkir sebesar Rp2.000 untuk sepeda motor atau Rp5.000 untuk mobil. Kolam Renang Kuala Mega sendiri beroperasi setiap hari mulai jam 8 pagi hingga jam 5 sore.

Lihat Juga:   Info Tips Liburan & Penginapan di Pulau Kangean
Kolam Renang Kuala Mega - (YouTube: Fajar Ranger)
Kolam Renang Kuala Mega – (YouTube: Fajar Ranger)

Wisata Bunga Madirsan

Seperti namanya, ini memang berada di Jalan Madirsan, Desa Bangun Sari, Tanjung Morawa, Kabupaten Deli Serdang, Sumatera Utara.Lokasinya berada di pinggiran Kota Medan, berjarak sekitar 14 km dari ibukota provinsi tersebut. Di kawasan ini, Anda akan menemukan halaman rumah penduduk yang ditumbuhi beraneka bunga cantik, sehingga akhirnya dijuluki kampung bunga.

Jika Anda bertolak dari Kota Medan, untuk masuk kawasan ini, bisa melalui dua gang, yaitu Gang Darmo dan Gang Madirsan.Biasanya pelancong lebih memilih masuk dari Gang Madirsan, jika ingin langsung terhubung dengan pusat kawasan bunga. Lewat gang ini, ada gapura dan barisan becak motor menunggu sewa. Hanya, di gapura itu, tidak ada tulisan yang menandakan kawasan ini adalah kampung bunga.

Memasuki Gang Madirsan, di sisi kanan kiri jalan, akan tampak sejumlah rumah penduduk yang halamannya penuh dengan pot-pot berisi tanaman bunga. Di antara rumah warga itu, ada satu komplek sekolah dasar di sebelah kiri, juga beberapa warung, dan setelahnya ada bangunan gereja di sisi kanan.Sekitar 200 meter berjalan dari gapura, Anda akan menemukan jembatan layang, dengan pot-pot yang ditanami bunga beraneka ragam di sisi kiri dan kanannya.

Sepanjang dusun di desa ini, hampir seluruh masyarakatnya memang membudidayakan bibit tanaman bunga untuk dijual kembali. Dusun 9, 10, 11, dan 12 bahkan merupakan dusun yang seluruh warganya menggantungkan hidup mereka dari budidaya bunga, setidaknya ada 500 kelapa keluarga yang menggantungkan ekonominya dari hasil menjual tanaman bunga. Tanaman yang dijual mulai mawar, asoka, ekorbia, cemara, cikloka, palem, tanjung, akasia, tripayung, bougainville, melati, dan lain-lain.

Wisata Bunga Madirsan - www.medanbisnisdaily.com
Wisata Bunga Madirsan – www.medanbisnisdaily.com




Be the first to comment

Tinggalkan Balasan