Rekomendasi Tempat Wisata Hits dan Instagramable di Sungailiat, Bangka




De Locomotief Bangka - www.adira.co.id
De Locomotief Bangka - www.adira.co.id

Pulau Bangka menjadi salah satu destinasi wisata yang direkomendasikan untuk para pelancong lokal maupun mancanegara. Di pulau tersebut, Anda bisa menemukan banyak tempat piknik bernuansa , termasuk ika Anda pergi ke Sungailiat. Di daerah tersebut, terdapat banyak dengan pemandangan yang elok.[1]

Sungailiat sendiri merupakan ibukota Kabupaten yang memiliki enam kelurahan dan satu desa. Karena menjadi ibukota, tak heran jika Sungailiat menjadi salah satu destinasi para setibanya di Bangka. Bagi Anda yang masih bingung memilih area piknik dengan nuansa alam di Sungailiat, Anda bisa melihat referensi berikut.

Pantai Tongaci

Sesampainya di Sungailiat, Anda bisa langsung pergi menuju Pantai Tongaci. Ini merupakan salah satu pantai yang terkenal dengan panorama dan wahananya. Terletak di Kampung Pasir, Jl. Laut, Sinar Baru, Sungailiat, Bangka, pantai tersebut adalah salah satu pantai di Pulau Bangka. Letaknya sekitar 5 km dari pusat Sungailiat, dan Anda bisa menggunakan kendaraan bermotor dalam waktu sekitar 1 jam.

Pantai Tongaci merupakan pantai berpasir putih dengan ombak yang tidak begitu besar. Cocok bagi Anda yang ingin berenang di pantai atau melakukan diving. Selain dapat digunakan untuk piknik bersama keluarga, pantai tersebut juga memiliki tempat penangkaran penyu. Jika musim penetasan telur penyu tiba, Anda bisa mencoba melepaskan tukik ke laut bersama para pengunjung lainnya.

Selain penangkaran penyu, di setiap sudut pantai sudah terdapat bangku yang bisa Anda gunakan untuk bersantai sambil melihat eloknya pemandangan Pantai Tongaci. Di sekitar bibir pantai, juga telah dibangun banyak kafe atau yang menyajikan aneka ragam menu khas Bangka. Menu makanan yang disediakan didominasi oleh bahan laut, seperti ikan, cumi, kerang, gurita, rumput laut, dan aneka jenis seafood lainnya.

Lihat Juga:   Shanaya Resort, Akomodasi Kelas Atas di Karangploso Malang
Pantai Tongaci - bangkabelitung.travel
Pantai Tongaci – bangkabelitung.

De Locomotief Bangka

Tak jauh dari Pantai Tongaci, Anda bisa mampir ke De Locomotief Bangka. Terletak di Jalan Laut, Kampung Pasir, Sinar Baru, Sungailiat, Bangka, jaraknya dari Pantai Tongaci hanya sekitar 300 meter. Anda bahkan bisa berjalan kaki selama 3 hingga 5 menit dari pantai menuju De Locomotief Bangka.

Tempat tersebut merupakan salah satu wisata yang letaknya di dekat pantai. Ada banyak lapak jajanan serta area bermain yang bisa Anda singgahi di De Locomotief Bangka. Selain itu, destinas ini merupakan salah satu tempat populer di kalangan remaja karena punya spot yang Instagramable.

Anda bisa berfoto dengan latar belakang yang unik dan menarik sepuasnya. Beberapa spot foto yang sering disinggahi pengunjung di antaranya, pondokan bambu di sepanjang area De Locomotief Bangka, spot dengan ornamen payung warna-warni di udara, dan spot foto dengan latar belakang meriam zaman Belanda.

De Locomotief Bangka - www.adira.co.id
De Locomotief Bangka – www.adira.co.id

Pantai Parai Tenggiri

Pantai Parai Tenggiri yang terletak di Sinar Baru, Sungailiat, Bangka, juga tidak pernah sepi pengunjung. Kebanyakan turis adalah wisatawan lokal dari berbagai daerah, meskipun ada juga beberapa wisatawan asing yang bisa Anda temui saat singgah di pantai tersebut. Untuk menuju Pantai Parai Tenggiri, Anda bisa menggunakan kendaraan bermotor dengan waktu tempuh sekitar 20 menit dari pusat Sungailiat.

Sesampainya di lokasi, Anda bisa melihat betapa indahnya Pantai Parai Tenggiri yang dilengkapi dengan pasir putih yang lembut dan ombak yang tidak begitu sedang. Kebanyakan pengunjung menikmati keindahan pantai dengan cara berpiknik atau jalan-jalan santai di bibir pantai.

Lihat Juga:   Pantai Firdaus, Surga Tersembunyi dengan Fasilitas Olahraga Air Lengkap di Minahasa Utara

Karena tempat ini termasuk jenis pantai berbatu, jarang ada wisatawan yang berenang di dekat bibir pantai. Sebagai gantinya, Anda bisa berfoto bersama keluarga atau selfie di atas batuan pantai dengan pose yang unik berlatar belakang lautan yang biru.

Pantai Parai Tenggiri - www.jejakpiknik.com
Pantai Parai Tenggiri – www.jejakpiknik.com

Pantai Tikus Emas

Tak kalah unik dengan pantai-pantai di Sungailiat lainnya, Pantai Tikus Emas memiliki banyak hal menarik yang bisa Anda nikmati. Pantai Tikus Emas ini terletak di Parit Padang, Sungailiat, Bangka. Anda bisa mengunjungi pantai tersebut menggunakan kendaraan bermotor dalam waktu sekitar 16 menit saja dari pusat Sungailiat.

Sesampainya di lokasi, Anda akan disambut dengan pemandangan pantai berpasir putih sekaligus beberapa ornamen menarik. Anda bisa berfoto dengan berbagai macam patung, mulai dari patung kura-kura hingga patung tikus berukuran raksasa berwarna emas. Di setiap sudut pantai, juga terdapat bangku-bangku kayu yang bisa Anda manfaatkan sebagai tempat untuk duduk maupun mengobrol dengan keluarga dan teman.

Pantai Tikus Emas - www.rmolbabel.com
Pantai Tikus Emas – www.rmolbabel.com

Itulah beberapa tempat wisata hits di Sungailiat yang bisa Anda jadikan sebagai referensi saat Anda berlibur ke kota tersebut bersama keluarga atau teman. Pastikan Anda membawa perbekalan yang cukup dan selalu menjaga kondisi tubuh agar bisa menikmati momen dengan menyenangkan.

[1] Habibi, Ahmad dkk. 2017. Kesesuaian Wisata Pantai untuk Rekreasi di Pulau Bangka. Akuatik Jurnal Sumberdaya Perairan FPPB Universitas Bangka Belitung, Vol. 1(1): 54-59.




Be the first to comment

Tinggalkan Balasan