Rekomendasi Tempat Wisata di Sipirok, Sumatera Utara




Sipirok, Kabupaten Tapanuli Selatan (sumber: sindonews.com)
Sipirok, Kabupaten Tapanuli Selatan (sumber: sindonews.com)

Tapanuli Selatan, , tidak hanya terkenal dengan wisata Aek Sabaon dan Puncak Tunggal Birong, tetapi masih ada banyak tempat rekreasi populer lainnya. Salah satu daerah yang terbilang cukup terkenal dengan spot wisata di kawasan tersebut adalah Sipirok. Berikut adalah referensi di Sipirok.

Pemandian Air Panas Padang Bujur

Sipirok memang terkenal dengan tempat pemandian air panasnya.[1] Anda bisa menemukan beberapa lokasi pemandian air panas kawasan tersebut, seperti Pemandian Air Panas Padang Bujur. Lokasinya berada di Padang Bujur, Sipirok, Tapanuli Selatan, Sumatera Utara. Tempat wisata ini memiliki konsep ramah keluarga dan nyaman.

Pemandian Air Panas Padang Bujur (sumber: traveldiva.id)
Pemandian Air Panas Padang Bujur (sumber: traveldiva.id)

Ada beberapa kolam air panas yang bisa Anda pakai untuk berendam dengan kedalaman berbeda-beda. Selain tersedia kolam air panas, ada juga kolam air hangat dan air dingin. Ada pula kolam kecil khusus anak-anak dan balita. Setiap kolam memiliki pembatas berupa tembok semen dan dilengkapi dengan tangga, sehingga aman bagi para pengunjung.

Di bagian pinggir kolam, terdapat tempat bersantai dan kursi payung. Biasanya, spot tersebut dimanfaatkan pengunjung untuk meletakkan perbekalan mereka. Sementara, untuk bilas, Anda bisa melakukannya di tempat yang sudah disediakan. Area bilas berada di pojok dan terpisah untuk pria dan wanita.

Aek Milas Sosopan

Selain Pemandian Air Panas Padang Bujur, ada juga Pemandian Air Panas Aek Milas Sosopan. Tempat rekreasi ini berada di Huta Baru, Sipirok, Tapanuli Selatan, Sumatera Utara. Lokasinya yang tak jauh dari area sawah dan , membuat pemandangan di pemandian tersebut cukup memukau.

Lihat Juga:   Rekomendasi Hotel Dekat Umbul Sidomukti Semarang
Aek Milas Sosopan (sumber: faseberita.id)
Aek Milas Sosopan (sumber: faseberita.id)

Sambil menikmati hangatnya air saat berendam, Anda bisa melihat hamparan sawah yang hijau dan yang biru. Di area sekitar pemandian, juga terdapat banyak tumbuhan pohon maupun berbunga. Ini membuat suasana di area kolam menjadi lebih asri dan sejuk.

Spot wisata ini menyediakan beragam kolam berendam untuk dewasa pria, wanita, dan anak-anak. Di pinggir kolam air panas, juga telah terdapat area bermain dan tempat bersantai. Untuk area bilasnya sendiri, berada di dekat kolam dan sudah dilengkapi dengan shower air hangat.

Puncak Bukit Sarogodung

Bagi Anda yang hobi mendaki santai, bisa mencoba berkunjung ke Puncak Bukit Sarogodung. Alamatnya berada di Garoga, Sipirok, Tapanuli Selatan, Sumatera Utara. Tempat rekreasi alam tersebut tidak hanya cocok untuk berfoto dengan latar belakang bukit dan gunung, tetapi juga outbound dan berkemah.

Puncak Bukit Sarogodung (sumber: sumutsatu.com)
Puncak Bukit Sarogodung (sumber: sumutsatu.com)

Lahan yang tak terlalu tandus dan cenderung gembur, membuat Anda mudah untuk mendirikan tenda. Selain itu, Anda juga bebas membuat api unggun di daerah tersebut. Beberapa orang juga suka menginap dengan alas tidur berupa tikar atau hammock.

Selain itu, di tempat tersebut juga ada beberapa wahana yang bisa Anda coba, yakni flying fox dan . Sayangnya, permainan tersebut hanya bisa Anda mainkan jika cuacanya bagus dan tidak mendung atau berangin.

Gunung Simago-mago

Gunung Simago-mago merupakan salah satu bukit yang ada di Sipirok, tepatnya terletak di Huta Raja, Sipirok, Tapanuli Selatan, Sumatera Utara. Tempat tersebut berupa tanah lapang yang sangat luas dan dilengkapi dengan aneka tumbuhan pohon serta rumput hijau. Meskipun berupa hamparan luas, melongok ke arah depan, Anda bisa melihat hamparan pegunungan berwarna hijau kebiruan.

Lihat Juga:   Update Info Tarif Penginapan Murah di Kawasan Cipanas, Garut
Gunung Simago-mago (sumber: wisato.id)
Gunung Simago-mago (sumber: wisato.id)

Tempat ini memang menjadi salah satu spot yang terbilang paling nyaman untuk menikmati pemandangan bukit dan gunung. Selain itu, dari ketinggian tertentu, Anda bisa melihat rumah-rumah penduduk yang ada di desa sekitar. Pemandangan akan lebih indah saat pagi dan menjelang sore sebelum ada kabut.

Di Gunung Simago-mago, kabarnya pengunjung juga diperbolehkan untuk berkemah atau mendirikan hammock. Anda bisa menikmati pemandangan alam dengan puas tanpa harus terganggu. Selain itu, Anda juga bisa membuat acara BBQ di tempat tersebut bersama keluarga atau teman.

Wisata Kebun Jeruk Aek Gambiri

Jika Anda ingin rekreasi sekaligus menikmati kelezatan buah jeruk, tak ada salahnya untuk singgah ke Wisata Kebun Jeruk Aek Gambiri. Kebun jeruk ini terletak di Sialagundi, Sipirok, Tapanuli Selatan, Sumatera Utara. Seperti wisata kebun lainnya, pengunjung diperbolehkan memetik buah jeruk sepuas hati, asalkan buah yang dipetik harus dimakan dan sudah matang.

Selain bisa dimakan langsung, Anda bisa membawa hasil panen sebagai oleh-oleh. Namun, Anda harus membayar yang sesuai dengan bobot panen Anda. Buah jeruk di lokasi tersebut diklaim segar-segar dan berkualitas baik, seperti buah yang dijual di pasaran.

[1] Kurniawan, Helmi & Muhammad Rusdi Tanjung. Sistem Informasi Geografis Alam di Provinsi Sumatera Utara Berbasis Mobile Android. Jurnal Ilmiah SISFOTENIKA FTIK Universitas Potensi Utama, Vol. 7(1): 13-24.




Be the first to comment

Tinggalkan Balasan