Rekomendasi Tempat Wisata di Pagaralam, Tiket Mulai Rp5 ribuan




Ilustrasi: berwisata ke Pagaralam (sumber: travel.detik.com)
Ilustrasi: berwisata ke Pagaralam (sumber: travel.detik.com)

Berwisata ke Selatan, Anda mungkin bisa singgah sejenak di . Memang kota tersebut menjadi salah satu wisatawan, karena banyaknya yang ada. Dari sekian banyaknya di , setidaknya ada empat spot wisata yang paling populer, yaitu Gunung Dempo, Dempo Park, Danau Merah, dan Green Paradise. Anda bisa menikmati berbagai macam wisata hingga budaya dengan tarif yang terjangkau.

Gunung Dempo

Kota Pagaralam sendiri merupakan salah satu daerah tujuan wisata di Sumatera Selatan yang kaya akan keindahan alam dan seni budaya. Dari kaki Gunung Dempo, Anda bahkan bisa melihat hamparan perkebunan teh yang menghijau dan bangunan rumah adat tradisional besemah yang menjadi daya tarik tersendiri bagi turis.

Kawasan wisata Gunung Dempo di Pagaralam (sumber: 99.co)
Kawasan wisata Gunung Dempo di Pagaralam (sumber: 99.co)

Di kaki Gunung Dempo, Anda bisa melihat panorama Kota Pagaralam dengan lebih lega. Karena itu, tidak mengherankan jika kemudian kawasan ini menjadi salah satu andalan wisata setempat. Tak cuma itu, untuk Anda yang doyan menjelajah alam, Anda pun bisa menyalurkan hobi Anda dengan mendaki gunungan tersebut.

Tak jarang, banyak backpacker yang datang jauh dari luar daerah untuk mencoba menaklukkan gunung tersebut, apalagi saat musim liburan tiba, bisa dibilang jalanan menuju Gunung Dempo akan sesak dan ramai.[1] Sambil mendaki dan melihat keindahan lereng gunung, Anda juga bisa berfoto bersama dengan latar belakang pemandangan alam yang indah.

Dempo Park

Tak jauh dari lereng Gunung Dempo, Anda juga akan menemukan tempat wisata bernama Dempo Park. Spot wisata tersebut terkenal dengan yang ramah keluarga serta foto booth yang Instagramable. Selain dari kalangan masyarakat yang sudah berkeluarga, tak jarang pula ditemui wisatawan dari kalangan remaja.

Lihat Juga:   Fasilitas dan Tarif Hotel Vila Ombak Gili Trawangan
Dempo Park (sumber: tribunnews.com)
Dempo Park (sumber: tribunnews.com)

Tempat ini memang sangat cocok bagi Anda yang mengajak anak-anak untuk liburan. Anda bisa mengajak anak-anak menikmati wahana permainan anak yang telah disediakan oleh Dempo Park. Selain itu, di setiap sudut destinasi, terdapat berbagai macam ornamen yang lucu dan disukai anak-anak.

Bagi Anda yang suka berfoto, ada beberapa spot menarik yang bisa Anda jajal untuk selfie. Ada taman bunga yang dipenuhi dengan aneka ragam tanaman hias dengan warna-warni yang indah. Para pengunjung bisa berfoto selfie atau foto bersama di bagian tengah taman bunga. Selain itu, ada juga area foto berbentuk lingkaran menyerupai sangkar dan tempat duduk dengan pemandangan awan dan bukit.

Bagi Anda yang tertarik untuk berkunjung ke Dempo Park, tidak perlu mengkhawatirkan harga tiketnya. Harga tiket masuk ke Dempo Park termasuk murah dan ramah di kantong, yaitu cuma Rp5.000 per orang. Tentunya masuk Dempo Park tidak terikat dan dapat berubah sesuai kebijakan pengelola.

Green Paradise Pagaralam

Kota Pagaralam ternyata memiliki satu area wisata yang menyuguhkan pemandangan alam yang indah dengan menarik, yaitu Green Paradise Pagaralam. Di tersebut, Anda bahkan bisa melihat miniatur air terjun yang dibuat sealami mungkin dengan sumber air terjun dan sungai di wilayah sekitar.

Green Paradise Pagaralam (sumber: wisato.id)
Green Paradise Pagaralam (sumber: wisato.id)

Memasuki bagian dalam Green Paradise Pagaralam, Anda akan disambut dengan sumber air menyerupai telaga kecil dengan ikan koi beraneka warna. Biasanya, para pengunjung akan berfoto atau memberi makan ikan di tempat itu. Kolam tersebut juga biasa digunakan sebagai area bermain oleh anak-anak yang berkunjung.

Lihat Juga:   Villa Vander, Akomodasi Kamaran Murah dan Populer di Tretes

Fasilitas lain yang ditawarkan oleh tempat ini, yaitu wahana permainan flying fox. Dari ketinggian lebih dari 2 meter, Anda bisa melihat Green Paradise yang sangat memukau. Bahkan, Anda bisa melihat taman bunga yang asri dengan beraneka macam warna bunga saat meluncur dari ketinggian.

Meski memiliki fasilitas dan wahana yang menarik, ternyata Green Paradise Pagaralam mematok harga tiket masuk yang murah meriah. Bagi Anda yang ingin berkunjung ke Green Paradise Pagaralam, Anda cukup mengeluarkan kocek mulai Rp2.500 untuk anak-anak hingga Rp5.000 untuk dewasa.

Danau Merah

Sudah melihat air terjun dan gunung, belum lengkap rasanya jika ke Pagaralam tetapi tidak melihat danaunya. Nah, salah satu danau paling unik yang ada di Kota Seribu Air Terjun tersebut adalah Danau Merah. Dinamakan demikian karena jika dilihat dari atas, memang danau ini tampak berwarna merah seperti darah.

Danau Merah Pagaralam (sumber: correcto.id)
Danau Merah Pagaralam (sumber: correcto.id)

Keunikan lainnya yang bisa Anda temukan di Danau Merah, Anda bisa melihat berbagai satwa khas. Bahkan, tak jarang para wisatawan menemui burung dengan ukuran sangat besar dan kerbau yang jinak. Meskipun hewan-hewan tersebut, Anda tidak dianjurkan bersuara keras ketika berhadapan dengan mereka. Suara yang keras akan membuat mereka kaget dan berlari menjauh, sehingga Anda akan kehilangan momen unik bersama mereka.

Itulah beberapa tempat wisata di Pagaralam yang terbilang unik dengan harga tiket murah meriah. Nah, apabila Anda bersama keluarga kebetulan sedang liburan ke Pagaralam, jangan lupa mampir ke tempat-tempat tersebut.

[1] Warlan, Warlan, dkk. 2015. Persepsi Wisatawan yang Berkunjung ke Objek Wisata Gunung Dempo Pagar Alam Selatan. Jurnal Penelitian Geografi, Vol. 3(3): 1-16.




Be the first to comment

Tinggalkan Balasan