Info Lengkap Tarif Tempat Wisata di Duri Bengkalis




Air Terjun Aek Martua - rokanhulukab.go.id
Air Terjun Aek Martua - rokanhulukab.go.id

Jika Anda tengah berwisata di wilayah Riau, tak ada salahnya mencoba sejumlah yang terdapat di Kota Duri. Jarak Kota Duri dengan ibukota provinsi Pekanbaru yakni sekitar 120 kilometer, sedangkan dengan ibukota kabupaten di Bengkalis sejauh 106 km. Di Kota Duri banyak terdapat tempat yang menawarkan fasilitas lengkap dengan tarif terjangkau.

Mengulas lebih dalam soal Kota Duri yang kini menjadi ibukota Kecamatan Mandau, bermula dari adanya kegiatan eksplorasi minyak yang berkembang pesat di Riau oleh Caltex di awal tahun 1970-an. Hal tersebut langsung berdampak pada perekonomian masyarakat di wilayah Daratan Riau. Wilayah Kecamatan Mandau terbagi menjadi dua bagian, yakni bagian wilayah perkotaan, Kota Duri, dan wilayah pedesaan yakni desa-desa sekitarnya.

Pusat pemerintahan Kecamatan Mandau terletak di Kota Duri. Kota Duri sebagai sebuah kota yang sangat ramai penduduknya. Letaknya begitu strategis karena berada di jalur jalan lintas Sumatera yang menghubungkan Provinsi Riau (Pekanbaru) dengan Provinsi Sumatera Utara ().[1]

Tak heran jika di sana banyak terdapat deretan objek wisata alam maupun buatan yang menarik perhatian para , termasuk tempat rekreasi waterpark yang menjadi berbagai kalangan. Berikut rekomendasi tempat wisata di Duri yang dapat dijadikan pilihan Anda di akhir pekan.

Ara Resort Waterpark Duri

Para pengunjung yang pernah datang ke Ara Resort Waterpark Duri mengaku terkesan dengan lokasinya yang begitu rapi dan bersih. Memiliki konsep kolam renang dengan tema berbeda tentu menjadi daya tarik tersendiri sehingga membuat pengunjung tak mudah bosan. Area hijau di kawasan waterpark juga begitu diperhatikan untuk menambah kesan teduh dan asri di waterpark yang berada di Air Jamban, Kecamatan Mandau, Kabupaten Bengkalis, Riau ini.

Selain kolam renang, Anda juga dapat menikmati sejumlah spot foto untuk mengabadikan momen liburan. Area bermain anak juga tersedia dengan musala untuk tempat beribadah. Bagi Anda yang datang dengan rombongan tak perlu cemas, sebab di Ara Resort Waterpark Duri memiliki area parkir yang begitu luas dan nyaman. Dengan fasilitas lengkap tersebut, Anda cukup membayar harga tiket masuk sebesar Rp25 ribu per orang. , bukan?

Lihat Juga:   Jam Buka, Spot Instagramable, dan Harga Tiket Masuk Museum Macan Jakarta
Ara Resort Waterpark Duri - @Ikbal abrar
Ara Resort Waterpark Duri – @Ikbal abrar

Harationica Waterpark

Berlokasi di Jl. Stadion No.Ujung, Air Jamban, Kecamatan Mandau, Kabupaten Bengkalis, Riau, Anda dapat menemukan waterpark lain yang juga tak kalah keren yakni Harationica Waterpark. Menawarkan tempat rekreasi yang luas dan sejuk, Harationica Waterpark memiliki beberapa wahana yang patut dicoba, seperti Big Jump, Vertical Slide, Boomerang Slide, dan Racing Slide. Bagi Anda yang ingin memacu adrenalin dapat mencoba kolam ombak di sana.

Salah satu keunggulan lain yang dimiliki Harationica Waterpark yakni penyelenggaraan event yang beragam pada momen tertentu. Biasanya dikemas dalam bentuk festival dan hiburan orkes, serta menawarkan tiket dengan diskon hingga 50%. HTM untuk weekday sekitar Rp60 ribu dan weekend sebesar Rp70 ribu per orang. Jika Anda berminat, dapat memesan tiket dengan menghubungi pihak pengelola di nomor 0858-5552-4449.

Harationica Waterpark - @Bang Saragih
Harationica Waterpark – @Bang Saragih

Air Terjun Aek Martua

Jika Anda ingin mengunjungi wisata alam, maka salah satu air terjun yang cukup populer dan wajib dikunjungi saat ke Duri yakni Air Terjun Aek Martua. Beralamat di Bangun Purba, Bangun Purba Timur Jaya, Rokan Hulu Regency, Riau, air terjun ini memiliki trek yang menantang dengan view bagus. Untuk menuju ke Air Terjun Aek Martua, Anda dapat menuju Desa Tangun, Pasir Pengaraian di mana air terjun berada.

Anda cukup membayar biaya retribusi sebesar Rp10 ribuan per orang. Jarak tempuh dari pintu masuk sampai ke air terjun kurang lebih 1,5 jam jika ditempuh dengan kendaraan roda dua. Berbeda saat Anda menggunakan mobil, maka harus melakukan treking dari pintu masuk sampai ke air terjun dengan estimasi 2,5 jam . Jembatan gantung menjadi akses satu-satunya saat menuju air terjun yang hanya dilalui pejalan kaki dan kendaraan roda dua. Di Aek Martua, ada beberapa air terjun yang tidak setinggi air terjun utama namun tidak kalah indahnya, kalian bisa beristirahat sejenak disini untuk memulihkan tenaga dan dapat menjalankan aktivitas camping.

Lihat Juga:   Home Stay Kurnia, Akomodasi Murah Dekat Rumah Sosis Bandung, Kota Batu
Air Terjun Aek Martua - rokanhulukab.go.id
Air Terjun Aek Martua – rokanhulukab.go.id

Danau Kualo Mudo

Salah satu wahana wisata keluarga yang cukup menarik untuk dikunjungi di daerah Kabupaten Bengkalis Kota Duri yakni objek wisata Danau Kualo Mudo. Di Danau Kualo Mudo, Anda akan menemukan berbagai  aneka wahana permainan dilengkapi danau kecil dengan air yang jernih. Danau Kualo Mudo terletak di Jalan Lintas Duri-Dumai, km 6, Desa Balai Makam, Kecamatan Mandau, Kabupaten Bengkalis-Riau. tak heran, jika danau ini menjadi salah satu tempat yang paling banyak dikunjungi wisatawan pada hari-hari libur.

Untuk menggunakan berbagai wahana yang tersedia, pengunjung harus membayar biaya kisaran Rp15 ribu – Rp20 ribu per orang, tergantung pada jenis wahana yang dipilih. Untuk flying fox misalnya, sekali meluncur bisa dikenakan tarif sebesar Rp20 ribu rupiah. Wahana kolam renang juga tersedia dekat danau dengan tarif berbeda-beda.

Untuk menuju ke lokasi Danau Kualo Mudo, Anda dapat menggunakan rute kendaraan darat. Dari pusat Kota Pekanbaru, dengan menggunakan kendaraan roda dua atau empat, Anda bisa menempuh perjalanan selama 3 hingga 4 jam atau sejauh 132 km. Aktifkan Google Maps Anda, lalu operator akan memandu Anda menemukan lokasi cantik di Duri tersebut.

Danau Kualo Mudo - www.riaumagz.com
Danau Kualo Mudo – www.riaumagz.com

Nah, itu tadi sejumlah tempat wisata populer di daerah Duri, Riau. Tarif di atas kami rangkum dari berbagai sumber di internet dan dapat berubah sewaktu-waktu tergantung kebijakan pihak pengelola. Dengan fasilitas standar yang ditawarkan, harga tiket masuknya tentu tidak menguras kantong Anda.

[1] Syahrial. Kearifan Lokal yang Terkandung Dalam Upacara Tradisional Kepercayaan Masyarakat Sakai-Riau(Tanjungpinang: Direktorat Jenderal Kebudayaan, 2010), hlm. 16




Be the first to comment

Tinggalkan Balasan