Tempat Wisata Dekat Stasiun Kiaracondong Bandung

Wisata, bandung, dekat, stasiun, Kiaracondong, Bala Yasa, Trans, Studio, Mall, saung, angklung, mang, udjo, common, room, networking, foundation, seni, pertunjukan, kuliner, liburan, pengunjung, alam,

Stasiun Kiaracondong (KAC) atau disebut dengan Stasiun Kircon adalah stasiun kereta api kelas besar tipe C di Bandung. Tepatnya terletak di perbatasan antara Kelurahan Babakansari dan Kelurahan Kebunjayanti. Meningkatnya jadwal pemberangkatan di Stasiun Bandung menjadi alasan semua keberangkatan kereta api kelas ekonomi jarak jauh dan menengah dipindahkan ke Stasiun Kiaracondong.

Stasiun Kiaracondong saat ini menjadi titik ujung timur jalur rel ganda kawasan Bandung Raya (Padalarang-Cicalengka). Stasiun ini memiliki tujuh jalur dengan jalur 3 sebagai sepur lurus untuk jalur tunggal, dan juga jalur ganda arah hulu (ke arah Bandung/Padalarang), serta jalur 2 sebagai sepur lurus untuk jalur ganda arah hilir (dari arah Bandung/Padalarang).

Saat ini, kereta kelas campuran juga singgah di stasiun ini untuk menaik-turunkan penumpang, baik dalam perjalanan dari maupun ke Bandung. Kebijakan ini menjadikan Stasiun Kiaracondong sebagai titik keberangkatan dan kedatangan penumpang kedua di Kota Bandung. Kereta api yang hanya melintas tanpa berhenti di stasiun ini adalah KA Argo Wilis, Turangga, dan angkutan barang.

Di dekat stasiun ini terdapat Balai Yasa Kiaracondong. Balai Yasa khusus digunakan untuk perawatan dan perbaikan jembatan, meliputi pengadaan suku cadang untuk jembatan-jembatan kereta api yang masih aktif, perbaikan rangka jembatan, pembuatan jembatan baru, dan pemeliharaan rutin.

Selain Bala Yasa Kiaracondong, di dekat stasiun ini juga terdapat asyik yang bisa Anda kunjungi saat melancong ke Kota Kembang, Bandung. Sebut saja Trans Studio, Trans Studio Mall TSM, Metro Trans Studio Mall, Galenia Mom & Child Centre, Saung Angklung Mang Udjo, Common Room Networks Foundation, Ding Dong Games, hingga sejumlah kuliner seperti Sushi Tei, Yoshinoya, Kartika Sari Bakery, Pepper Lunch, The Duck King, Starbucks, TSM XXI, JCo Donuts & Coffee, Marugame Udon, Cafe Bali, Domino’s Pizza, Prima Rasa Bakery, dan lainnya.

Trans Studio Bandung

Wisata, bandung, dekat, stasiun, Kiaracondong, Bala Yasa, Trans, Studio, Mall, saung, angklung, mang, udjo, common, room, networking, foundation, seni, pertunjukan, kuliner, liburan, pengunjung, alam,

Trans Studio Bandung (sumber: blog.airyrooms.com)

Trans Studio Bandung atau TSB merupakan taman bermain indoor yang ada di Bandung. Anda bisa mengajak Anda berkunjung di sini tanpa harus khawatir sengatan panas sinar matahari atau guyuran hujan. Layaknya taman bermain, Trans Studio Bandung menyuguhkan berbagai wahana dari yang menghibur sampai yang memacu adrenalin.

Lihat Juga:   My Family Guest House, Penginapan Modern Senyaman Rumah Sendiri di Kota Bandung

Wahana-wahana permainan yang ada di Trans Studio Bandung antara lain bianglala, roller coaster, balap mobil, giant swing dan masih banyak lagi. Hal yang membedakan Trans Studio Bandung dengan taman bermain yang lain adalah adanya science center dan Trans Broadcast Museum yang menjadi sarana untuk menambah pengetahuan dan tidak akan Anda temukan di taman bermain mana pun. Anda bisa mengakses Trans Studio Bandung dari Stasiun Kiaracondong dengan angkutan kota atau taksi sejauh satu kilometer.

Saung Angklung Mang Udjo

Wisata, bandung, dekat, stasiun, Kiaracondong, Bala Yasa, Trans, Studio, Mall, saung, angklung, mang, udjo, common, room, networking, foundation, seni, pertunjukan, kuliner, liburan, pengunjung, alam,

Aktivitas di Saung Angklung Mang Udjo (sumber: sgtranstour.com)

Saung Angklung Udjo (SAU) merupakan suatu tempat yang merupakan tempat pertunjukan, pusat kerajinan tangan dari bambu, dan workshop instrumen musik dari bambu. Selain itu, SAU mempunyai tujuan sebagai laboratorium kependidikan dan pusat belajar untuk memelihara kebudayaan Sunda dan khususnya angklung.

Didirikan pada tahun 1966 oleh Udjo Ngalagena dan istrinya Uum Sumiati, dengan maksud untuk melestarikan dan memelihara seni dan kebudayaan tradisional Sunda. Berlokasi di Jalan Padasuka 118, Bandung Timur Jawa Barat Indonesia. Dengan suasana tempat yang segar udaranya dan dikelilingi oleh pohon-pohon bambu, dari kerajinan bambu dan interior bambu sampai alat musik bambu.

Di samping pertunjukan rutin setiap sore, Saung Angklung Udjo telah berkali-kali mengadakan pertunjukan khusus yang dilakukan pada pagi atau siang hari. Pertunjukan tersebut tidak terbatas diadakan di Saung Angklung Udjo saja, tetapi berbagai undangan tampil di berbagai tempat baik di dalam maupun di luar negeri. Saung Angklung Udjo juga tidak terbatas pada hanya menjual seni pertunjukan saja, berbagai produk alat musik bambu tradisional (angklung, arumba, calung dan lainnya) dibuat dan dijual kepada para pembeli.

Untuk mencapai tempat ini, jika naik kendaraan pribadi Dari Arah , pilih arah Cipularang. Naik ke jembatan layang Pasopati, ikuti papan petunjuk ke Arah Cicaheum. Sekitar 100 meter sebelum Terminal Cicaheum, ikuti papan petunjuk menuju Jalan Padasuka. Anda akan menemui petunjuk ke lokasi. Anda juga dapat menggunakan angkutan umum sebagai pilihan. Dari Surapati, pilih angkutan umum 06 jurusan Cicaheum-Ciroyom (arah Cicaheum). Turun di perempatan Padasuka (100 meter sebelum Cicaheum), lanjutkan dengan berjalan kaki atau naik ojek menuju Saung Udjo (500 meter).

Lihat Juga:   Losmen LeuwiPanjang, Penginapan Murah Meriah dan Strategis di Bandung

Common Room Networks Foundation

Wisata, bandung, dekat, stasiun, Kiaracondong, Bala Yasa, Trans, Studio, Mall, saung, angklung, mang, udjo, common, room, networking, foundation, seni, pertunjukan, kuliner, liburan, pengunjung, alam,

Agenda diskusi diselenggarakan di Commonroom (sumber: 98-b.org)

Dengan pandangan bahwa setiap orang memiliki hak yang sama untuk terlibat dalam berbagai kegiatan kebudayaan sekaligus mengecap kemajuan dan manfaat ilmu pengetahuan, Common Room mengembangkan landasan yang terbuka untuk kegiatan seni, dan pengetahuan media digital, baik dalam konteks lokal dan internasional.

Didirikan oleh Gustaff H. Iskandar di bandung pada 2003, Common Room menyediakan ruang galeri, ruang bersama, perpustakaan, laboratorium media dan internet dalam menjalankan programnya. Common Room juga memberikan dukungan teknis dengan sumberdaya finansial, fasilitator untuk kegiatan, jaringan kerja, dan penyebaran informasi program. Selain itu Common Room berhasil memetakan kemunculan berbagai praksis artistik dan budaya yang baru di Bandung.

Kerjasama Common Room yang terjalin dengan organisasi lain berasal dari berbagai kota di Indonesia seperti Ruangrupa (Jakarta), Mes56 dan HONF (Yogyakarta), Ruang Akal (Makassar), Komunitas Hysteria (Semarang). Selain itu juga dengan HIVOS (Belanda), Sarai Media Initiative (India), Transmediale (Jerman), Bricolab dan ANA (Singapura). Di Bandung sendiri Common Room melaksanakan programnya bersama Jendela Ide, Rumah Cemara, Ujungberung Rebels/Homeless Crew, Komunitas Warga Babakan Asih, dan Forum Studi Kebudayaan ITB.

Bandung selain merupakan ibu kota dari Provinsi Jawa Barat juga menjadi salah satu tempat berlibur yang menyenangkan. Begitu banyak ragam tempat berlibur terdapat di kota ini. Mau berlibur di wisata alam, pergi berbelanja di mall, berburu kuliner khas Bandung bisa kita lakukan di sini. Semuanya tergantung pada pilihan Anda.

Bagi yang pertama kali menginjakkan kaki di Kota Kembang ini tidak ada salahnya untuk membaca panduan wisata Kota Bandung, Jawa Barat melalui internet atau brosur. Berlibur ke Kota Bandung juga sebaiknya tidak dilakukan pada musim atau akhir pekan karena jalanan Kota Bandung akan penuh dan ramai oleh para pengunjung yang ingin berlibur di kota ini.

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Anda dapat menggunakan tag dan atribut HTML: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>