Tempat Wisata Asyik di Pelabuhan Cirebon dan Sekitarnya

wisata, pelabuhan, cirebon, kuliner, malam, tempat, dan, kuningan, di, siwalk, jawa barat, pantai kejawanan, makanan, jabar, bandung, laut, objek, liburan, rekreasi, kegiatan, kapal, nelayan, tpi

Apabila Anda berkunjung ke Jawa Barat, jangan hanya memusatkan perhatian ke Kota Bandung saja, tetapi cobalah untuk mampir mengunjungi Kota . memunyai banyak potensi wisata yang juga tak kalah menarik, misalnya saja Pelabuhan .

Pelabuhan Cirebon merupakan salah satu cabang dari PT Pelabuhan Indonesia (Pelindo) II yang berada di wilayah Cirebon, Jawa Barat, Indonesia, tepatnya di Kota Cirebon, lintas utama utara Jawa Barat. Lokasinya berjarak sekitar 250 km dari Jakarta atau 130 km dari Bandung. Pelabuhan Cirebon adalah pintu gerbang perekonomian Jawa Barat sekaligus pelabuhan alternatif bagi Pelabuhan Tanjung Priok, khususnya untuk melayani kegiatan perdagangan antar .

Untuk menuju Pelabuhan Cirebon pun cukup mudah, karena bisa ditempuh lewat jalur darat, baik dari arah Jakarta, Provinsi , maupun dari Kota Bandung. Selain untuk aktivitas perdagangan, banyak orang yang juga berkunjung ke Pelabuhan Cirebon untuk urusan wisata. Pasalnya keberadaan Pelabuhan Cirebon berkaitan erat dengan berdirinya Kota Cirebon.

Suasana di Pelabuhan Cirebon dalam suatu waktu memang cukup sepi. Biasanya terdapat sebuah kapal tunda yang bersandar di salah satu dermaga. Kabarnya aktivitas bongkar muat barang di Pelabuhan Cirebon relatif sepi, lantaran para pedagang lebih memilih Pelabuhan Tanjung Priok di Jakarta, atau Pelabuhan Tanjung Mas di Semarang untuk melakukan aktivitas tersebut.

wisata, pelabuhan, cirebon, kuliner, malam, tempat, dan, kuningan, di, siwalk, jawa barat, pantai kejawanan, makanan, jabar, bandung, laut, objek, liburan, rekreasi, kegiatan, kapal, nelayan, tpi

Aktivitas di Pelabuhan Cirebon (instagram: @irwanwijaya)

Meski demikian, jika beruntung Anda bisa melihat beberapa kapal yang kebetulan sedang parkir di dermaga. Hamparan laut yang luas dan kapal-kapal besar tentunya bisa menjadi spot foto selfie yang cukup keren, untuk diunggah ke media sosial atau sekadar memuaskan hobi fotografi Anda. Spot menarik lain di Pelabuhan Cirebon terletak di dermaga Jalan Perniagaan Pelabuhan Cirebon. Di sana terdapat sebuah kapal kecil yang hampir seluruh badannya terendam dalam air. Bagian atap pun telah dibongkar sehingga terkesan seperti sebuah kapal tua yang tak lagi beroperasi.

Lihat Juga:   6 Tempat Wisata yang Wajib dikunjungi di Jawa Tengah - Wisata Jateng

Tak jauh dari Pelabuhan Cirebon juga terdapat objek wisata lain yang tak kalah menarik untuk Anda kunjungi, yaitu Pantai Kejawanan. Pantai Kejawanan sendiri merupakan tempat pengelolaan ikan (TPI) sekaligus wisata terapi yang bertempatkan di Jalan Yos Sudarso, Kota Cirebon.

Wisata ke Pantai Kejawanan bisa menjadi pilihan yang cukup hemat karena harga atau tarif masuk ke pantai ini kabarnya hanya dipatok sekitar Rp 1.000 saja untuk para pengguna kendaraan, baik sepeda motor dan mobil pribadi. Sedangkan bagi Anda yang datang berjalan kaki tak dikenai masuk, alias gratis.

Salah satu daya tarik dari Pantai Kejawanan tentu saja pemandangan matahari terbenamnya atau sunset. Di Pantai Kejawanan Anda dapat menikmati suasana temaram matahari terbenam atau indahnya matahari terbit (sunrise) tepat di bagian tengah-tengah pantai. Pemandangan tersebut benar-benar indah dan terlihat seperti sebuah lukisan.

wisata, pelabuhan, cirebon, kuliner, malam, tempat, dan, kuningan, di, siwalk, jawa barat, pantai kejawanan, makanan, jabar, bandung, laut, objek, liburan, rekreasi, kegiatan, kapal, nelayan, tpi

Sunset di Pantai Kejawanan Cirebon (sumber: hiveminer.com)

Saat berada di Pantai Kejawanan, ada beragam aktivitas seru dan menarik yang bisa dilakukan, misalnya saja berkeliling pantai dengan kapal. Tak perlu khawatir, sebab di Pantai Kejawanan terdapat beberapa kapal nelayan yang bersandar di pinggir pantai dan setiap hari bersedia mengangkut para wisatawan untuk berkeliling menikmati pemandangan di sekitar area pantai utara Jawa tersebut.

Para nelayan di Pantai Kejawanan akan mengajak Anda berkeliling naik kapal hingga 1 km dari tempat kapalnya bersandar. Harga untuk berkeliling Pantai Kejawanan dengan naik kapal nelayan tersebut relatif terjangkau berkisar antara Rp 5 ribuan hingga Rp 10 ribuan per orang. Mengajak pasangan atau keluarga untuk naik kapal bersama tentunya bisa menjadi hal yang sangat menyenangkan.

Tak kalah menarik dengan Pelabuhan Cirebon, di Pantai Kejawanan Anda juga bisa menemukan banyak spot foto yang sangat instagrammable. Pasalnya laut sendiri merupakan objek fotografi yang tidak pernah usang untuk didokumentasikan.

Lihat Juga:   Daftar Hotel Bertarif Murah di Bawah Rp500 Ribuan di Pulau Lombok

Kemudian Anda dapat mendokumentasikan seperti apa aktivitas para nelayan yang berada di sana, deretan kapal-kapal nelayan, dan pemandangan Gunung Ceremai yang bisa terlihat dengan jelas di sebelah selatan Pantai Kejawanan apabila cuaca sedang cerah dan tidak berawan. Apabila Anda ingin berfoto-foto ria di Pantai Kejawanan, sebaiknya datanglah ke sana ketika pagi hari menjelang matahari terbit atau sore hari menjelang matahari terbenam.

 

wisata, pelabuhan, cirebon, kuliner, malam, tempat, dan, kuningan, di, siwalk, jawa barat, pantai kejawanan, makanan, jabar, bandung, laut, objek, liburan, rekreasi, kegiatan, kapal, nelayan, tpi

Medan berbatu membentuk lintasan sepanjang 1 km di Pantai Kejawanan

Hal lain yang tak kalah unik dari Pantai Kejawanan tentu saja sebuah medan berbatu yang jaraknya hampir 1 km membelah laut. Pemandangan medan bebatuan ini tergolong unik karena tidak semua pantai memiliki medan semacam ini. Biasanya para wisatawan yang berkunjung ke Pantai Kejawanan akan menggelar tikar dan duduk bersantai menikmati suasana Pantai Kejawanan di medan bebatuan tersebut.

Akan tetapi ada hal yang perlu diperhatikan, yakni di medan bebatuan tersebut terdapat pagar pembatas yang berfungsi untuk melindungi Anda dan wisatawan lainnya supaya tidak terlalu jauh ke arah tengah laut. Seperti halnya pantai pada umumnya, Anda patut waspada apabila kondisi air laut sedang pasang. Sebab ombaknya dikhawatirkan cukup besar dan mencapai posisi Anda berdiri.

Agar aktivitas rekreasi Anda bersama keluarga tidak terlalu sepi dan membosankan, sebaiknya bawalah bekal berupa snack atau makanan ringan dari rumah untuk disantap ketika berada di Pantai Kejawanan. Sebenarnya di tepi Pantai Kejawanan sendiri sudah ada sebuah warung yang menyediakan makanan dan minuman ringan untuk para pengunjung. Di warung tersebut Anda bisa membeli kopi, teh manis, air minum, nasi rames, mi instan, dan sejumlah menu makanan dan minuman lainnya. Karena sebuah warung sederhana, di warung tersebut hanya tersedia tempat duduk lesehan untuk bersantap.

Wisma Bahtera Wisma Bahtera Rp 235.950 grade 0
Horton Hotel Horton Hotel Rp 363.000 grade 0
Hotel Lotus Cirebon Hotel Lotus Cirebon Rp 400.001 grade 1

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Anda dapat menggunakan tag dan atribut HTML: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>