Rekomendasi Penginapan Ramah Keluarga di Halimun Salak




De Salak Homestay - www.booking.com
De Salak Homestay - www.booking.com

Singgah ke Jawa Barat, belum lengkap rasanya jika tidak menikmati keindahan Halimun Salak. Untuk masalah akomodasi, Anda tidak perlu khawatir. Meskipun tidak banyak penginapan di sekitar Gunung Halimun, Anda bisa bermalam di daerah yang dekat dengan tempat wisata tersebut.

Gunung Halimun Salak merupakan tempat wisata yang berada di kawasan nasional yang biasa dikenal dengan nama TNGHS ( Nasional Gunung Halimun Salak). TNGHS juga adalah salah satu kawasan konservasi yang telah tertera pada Surat Keputusan Menteri Kehutanan No. 282/Kpts-II/1992 pada 28 Februari 1992 dengan luas 40.000 Ha. Namun, karena adanya nilai kerusakan hutan yang berisiko tinggi, melalui SK Menteri Kehutanan No. 175/Kpts-II/2003, kawasan TNGH mengalami perluasan menjadi 113.357 Ha, termasuk Hutan Salak.

Perluasan kawasan yang berupa gabungan antara area Gunung Halimun dan Hutan Salak, menjadikan tempat tersebut bernama wisata Gunung Halimun Salak. Keindahan alam Gunung Halimun sekaligus Hutan Salak, membuat tempat tersebut ramai pengunjung, khususnya para pendaki.[1] Biasanya, mereka akan menikmati udara sejuk di TNGHS saat pagi hari hingga menjelang sore sebelum ada kabut.

Bagi Anda yang ingin menikmati keindahan Gunung Halimun Salak, sebagai tips agar tidak terlalu lelah saat melakukan pendakian, bisa mencari penginapan terlebih dahulu. Nah, bagi Anda yang belum menemukan akomodasi yang tepat, Anda bisa melihat referensi berikut.

Vila Jambrong

Bagi Anda yang ingin mencari penginapan ramah di dekat Gunung Halimun Salak, bisa mencoba pergi ke Vila Jambrong. Akomodasi ini berlokasi di Jl. Raya Gunung Salak Endah. Ini merupakan akomodasi terdekat untuk mengakses TNGHS. Dari penginapan menuju Gunung Halimun Salak, bisa menghabiskan waktu perjalanan sekitar 2 jam 17 menit menggunakan kendaraan bermotor.

Lihat Juga:   Sigura-gura Homestay Syariah, Akomodasi Murah Rp135 Ribuan di Malang

Vila Jambrong memiliki konsep hunian sederhana dengan nuansa semi tradisional Jawa Barat. Setiap bangunan di penginapan pasti dilengkapi dengan ornamen tradisional khas Jawa Barat, mulai dari ukiran hingga lukisan. Untuk membuat pengunjungnya nyaman, vila tersebut menawarkan taman, teras, dan area parkir pribadi. Anda bisa memarkir kendaraan di depan bangunan kamar yang Anda pesan atau di area parkir yang sudah disediakan.

Untuk kamar di setiap vila, sudah dilengkapi dengan tempat tidur yang rapi dan bersih. Selain itu, kamar-kamar di vila juga dibekali dengan perabotan lengkap termasuk TV, set meja rias, dan lemari pakaian. Kamar mandinya sendiri berada di pojok kamar dan difasilitasi dengan air hangat serta peralatan mandi lengkap.

Bagi Anda yang ingin menginap di Vila Jambrong, Anda bisa membayar tarif mulai Rp1.636.364 per malam. Untuk reservasi, Anda bisa datang langsung ke lokasi atau melalui situs online.

Vila Jambrong - www.booking.com
Vila Jambrong – www.booking.com

De Salak

Jika tarif penginapan di atas terlalu mahal, Anda bisa mencoba singgah ke De Salak Homestay di Gn. Sari Pamijahan, , Jawa Barat. Penginapan ini memang tidak terlalu dekat dengan wisata Gunung Halimun Salak, namun cukup nyaman untuk menginap. Dari akomodasi menuju Halimun Salak, dapat ditempuh dalam waktu sekitar 2 jam 19 menit menggunakan kendaraan bermotor.

Lihat Juga:   5 Objek Wisata Religi Populer di Malang

De Salak Homestay merupakan salah satu penginapan dengan konsep hunian sederhana yang nyaman. Meskipun terbilang sederhana, namun akomodasi tersebut menawarkan fasilitas yang menarik, seperti kolam renang dan ruang keluarga. Tak heran jika tempat bermalam ini kerap menjadi incaran para .

Setiap kamar di De Salak Homestay sudah dilengkapi dengan perabotan kamar lengkap, termasuk tempat tidur dan TV. Selain itu, ada juga kamar mandi pribadi yang terletak di pojok kamar dengan fasilitas air hangat dan shower. Ada dua kamar yang disewakan oleh De Salak Homestay kepada para tamunya, yaitu Deluxe Room dengan sewa Rp350.000 per malam dan Bungalow 3 Bedroom dengan tarif sewa Rp1 juta per malam.

De Salak Homestay - www.booking.com
De Salak Homestay – www.booking.com

Itulah rekomendasi penginapan yang berlokasi dekat Halimun Salak. Pastikan Anda selalu mengecek sewa kamar di masing-masing penginapan sebelum melakukan reservasi. Sehingga, Anda bisa memperkirakan akomodasi selama berlibur di Jawa Barat.

[1] Ekayani, Meti, dkk. 2014. Wisata Alam Taman Nasional Gunung Halimun Salak: Solusi Kepentingan Ekologi dan Ekonomi. Jurnal Ilmu Pertanian Indonesia (JIPI), Vol. 19(1): 29-37.




Be the first to comment

Tinggalkan Balasan