Lokasi, Fasilitas, dan Tarif ke Pantai Kalangan Sibolga




Pantai Kalangan Sibolga - www.pedomanwisata.com
Pantai Kalangan Sibolga - www.pedomanwisata.com

Berlibur ke Tapanuli Tengah, Utara, belum lengkap rasanya jika tidak mengeksplorasi daerah Sibolga. Di tersebut, Anda tidak hanya bisa menikmati beragam wisata , tetapi juga wisata alam yang melimpah, termasuk Pantai Kalangan yang sudah cukup populer di daerah tersebut.

Pantai Kalangan

Kota Sibolga memang terkenal dengan ekowisata baharinya, karena ada banyak pantai di daerah tersebut. Ekowisata bahari merupakan kegiatan wisata yang mengandalkan daya tarik alami lingkungan pesisir dan lautan, baik secara langsung maupun tidak langsung. Kegiatan wisata bahari pada dasarnya dilakukan berdasarkan keunikan alam sebagai karakteristik ekosistem sebagai kekuatan dasar yang dimiliki oleh masing-masing daerah.[1]

Sementara ada banyak pantai di Kota Sibolga, Pantai Kalangan, atau biasa disebut dengan Pantai Indah Kalangan, telah menjadi primadona bagi lokal maupun mancanegara. Letaknya sendiri berada di pesisir Kota Sibolga, Kabupaten Tapanuli Tengah, Sumatera Utara.

Jika Anda baru saja sampai di Pelabuhan Sibolga, Anda bisa langsung menuju Pantai Kalangan menggunakan kendaraan pribadi dalam waktu sekitar 28 menit. Sementara itu, jika Anda memilih menggunakan transportasi umum, seperti angkot dan ojek, mungkin Anda akan memerlukan waktu sekitar 40 menit hingga 1 jam .

Pantai Kalangan Sibolga - npm132040006.blogspot.com
Pantai Kalangan Sibolga – npm132040006.blogspot.com

Meskipun Sibolga termasuk kota, namun sepanjang perjalanan menuju pantai, Anda akan disuguhkan pemandangan alam yang indah. Daerah Sibolga memang terkenal masih asri, bahkan Anda dapat melihat daerah dengan banyak tumbuhan yang menyerupai hutan kecil. Selain melewati kawasan dengan banyak pepohonan, Anda juga akan melewati sungai yang terbilang cukup bersih di daerah perkotaan.

Lihat Juga:   Wahana Seru di Dufan yang Wajib Dicoba Anak-anak

Sungai yang cukup besar dan bisa dibilang sebagai muara tersebut berada di Jl. Sibolga-Padang Sidempuan. Selain pemandangan berupa air sungai yang cukup jernih, Anda juga bisa melihat beberapa perahu nelayan yang berlabuh di sekitar sungai. Menurut wisatawan yang pernah ke Pantai Kalangan memakai kendaraan umum, setiap transportasi bervariasi, mulai dari Rp10 ribuan hingga Rp50 ribuan.

Pantai Kalangan

Setelah menempuh perjalanan cukup lama, akhirnya Anda bisa menikmati keindahan Pantai Kalangan. Pantai Indah Kalangan tersebut merupakan pantai pasir putih yang dikelilingi oleh bukit hijau. Selain bukit, ada banyak tumbuhan berupa pohon dan tanaman perdu di pinggir pantai, sehingga suasananya terbilang sejuk dan panasnya tidak menyengat. Cocok bagi Anda yang suka bermain di pantai tetapi enggan berpanas-panasan.

Selain menyuguhkan kesejukan udara pantai, Pantai Kalangan memiliki air yang jernih dengan ombak laut yang tenang. Sehingga, pantai tersebut relatif aman untuk Anda yang kurang pandai berenang. Bahkan, tak jarang ada segerombolan anak-anak yang bermain air dan berenang di pantai tersebut.

Untuk fasilitas umum, Pantai Kalangan dilengkapi dengan beberapa bangunan gazebo kecil di pinggirnya. Anda bisa memanfaatkan gazebo tersebut sebagai tempat bersantai sekaligus piknik. Pada saat tiba, Pantai Kalangan akan ramai, sehingga Anda harus berebut gazebo. Sebagai alternatif, Anda disarankan untuk membawa tikar atau alas duduk untuk berjaga-jaga jika tidak mendapatkan gazebo yang kosong.

Lihat Juga:   Regent’s Park Hotel, Akomodasi Mewah Tematik di Tengah Kota Malang
Pantai Kalangan Sibolga - (YouTube: ECPS)
Pantai Kalangan Sibolga – (YouTube: ECPS)

Di bagian pinggir Pantai Kalangan, juga terdapat perahu-perahu kecil yang bisa Anda sewa untuk menjelajahi laut sekitar dan pulau-pulau terdekat. Biasanya, kapal tersebut dipakai oleh nelayan untuk mencari ikan di pagi dan sore hari. Jika Anda beruntung, Anda bahkan bisa ikut para nelayan tersebut menangkap ikan.

Bagi Anda yang tidak terlalu tertarik berlayar menggunakan perahu nelayan, Anda bisa menyewa banana boat di pinggir pantai dan menikmati keseruan wahananya. Selain itu, pada hari-hari tertentu, Pantai Kalangan sering dijadikan sebagai tempat untuk mengadakan acara konser musik dan lomba motocross yang bisa Anda nikmati secara gratis.

Fasilitas lain yang bisa Anda nikmati adalah warung-warung seafood yang berjajar rapi di pinggir pantai. Cocok bagi Anda yang tidak membawa bekal dan ingin makan seafood dengan pemandangan pantai. Menu seafood yang dijual di setiap warung berbahan dasar hasil laut segar yang langsung didapatkan dari para nelayan.

Bahan-bahan seafood yang ditawarkan tidak hanya segar. Anda bisa memilih sendiri seafood yang akan dimasak, mulai dari kepiting, kerang, gurita, ikan, hingga cumi. Setelah puas makan seafood, Anda bisa kembali ke gazebo untuk beristirahat sambil menikmati pemandangan senja yang cantik di Pantai Kalangan. Momen tersebut sangat layak Anda abadikan dalam jepretan kamera.

[1] Koroy, Kismanto, dkk. 2019. Analisis Ekosistem Pantai sebagai Ekowisata Bahari di Pulau Kokoya Kabupaten Pulau Morotai. Musamus Fisheries and Marine Journal, Vol. 2(1): 63-76.




Be the first to comment

Tinggalkan Balasan