Hotel Palapa Tulungagung, Lokasi Strategis Tarif Hemat




Hotel Palapa Tulungagung - @bambang eko prasetyo
Hotel Palapa Tulungagung - @bambang eko prasetyo

bisa Anda jadikan alternatif tempat liburan jika sedang berencana ke Jawa Timur dan mungkin bosan dengan , Batu, Jember, atau Banyuwangi. Pasalnya, kabupaten yang bertetangga dengan Trenggalek ini punya sederet spot wisata yang kece. Untuk urusan pun tidak perlu khawatir, karena sudah banyak penginapan yang bisa dijadikan , seperti Hotel Palapa, Front One Hotel, Hotel Narita, Hotel Panorama, dan lainnya.

Seperti diutarakan di atas, Tulungangung adalah salah satu kabupaten di Provinsi Jawa Timur, yang terkenal sebagai penghasil marmer terbesar di dunia. Berbatasan dengan Kabupaten Kediri dan Kabupaten Trenggalek, Tulungagung berjarak sekitar 158 km dari Kota Surabaya. Anda perlu menempuh perjalanan sekitar empat jam berkendara dari Kota Pahlawan untuk tiba di kawasan ini.

Secara topografi, Tulungagung terletak pada ketinggian 85 m di atas permukaan laut (dpl). Sebelah barat laut Kabupaten Tulungagung merupakan daerah pegunungan yang merupakan bagian dari pegunungan Wilis-Liman. Sementara, bagian tengah adalah dataran rendah, sedangkan bagian selatan adalah pegunungan yang merupakan rangkaian dari Pegunungan Kidul.

Di sebelah barat laut Tulungagung, tepatnya di Kecamatan Sendang, terdapat Gunung Wilis sebagai titik tertinggi di Kabupaten Tulungagung yang memiliki ketinggian 2.552 m. Di tengah kota, terdapat Kali Ngrowo yang merupakan anak Sungai Brantas dan seolah membagi Kota Tulungagung menjadi dua bagian, yakni utara dan selatan. Sementara, di sisi lain, Tulungagung berbatasan langsung dengan Samudera Hindia.

Karena berbatasan dengan laut, wisata pantai menjadi daya tarik utama kabupaten ini. Di antara pantai-pantai yang sudah tersohor dan wajib dikunjungi ketika berlibur ke Tulungagung adalah Pantai Popoh di Kecamatan Besuki, Pantai Coro, Pantai Molang di Kecamatan Pucanglaban, Pantai Sine di Desa Kalibatur, Pantai Pathok Gebang, Pantai Ngalur, Pantai Lumbung, dan Pantai Klatak di Desa Keboireng.

Hotel Palapa Tulungagung - @Hotel Palapa
Hotel Palapa Tulungagung – @Hotel Palapa

Tidak cuma pantai, Tulungagung juga memiliki segudang wisata alam lainnya yang tidak kalah eksotis. Jika Gunung Semeru punya Ranu Kumbolo, maka di Tulungagung terdapat Ranu Gumbolo. Selain itu, ada juga Kali Mas yang berlokasi tidak jauh dari Batu Gedong, Telaga Ngambal, Bukit Jomblo yang bukan hanya untuk kalangan jomlo, Air Terjun Jurang Senggani, Bukit Penampihan, Kedung Simin, Bukit Tumpak Celeng, Gardu Pandang Sedayugunung, Air Terjun Sarang Awan, Coban Ngoro, dan lain-lain.

Untuk mereka yang doyan berwisata sejarah, Tulungagung menghadirkan Candi Dadi yang berada di Dusun Mojo, Desa Wajak Kidul, Kecamatan Boyolangu. Di samping itu, ada juga Candi Sanggrahan, yang berlokasi di Dusun Sanggrahan, Desa Sanggrahan, yang memiliki satu buah bangunan induk dan dua buah bangunan kecil berbentuk bujur sangkar.

Lokasi dan Fasilitas Hotel Palapa Tulungagung

Seperti disampaikan di atas, untuk masalah penginapan, Tulungagung sudah memiliki segudang tempat bermalam yang bisa dipilih sesuai kebutuhan dan anggaran. Nah, apabila anggaran Anda untuk jalan-jalan cukup pas-pasan, namun tetap ingin menginap di lokasi yang strategis sekaligus nyaman, salah satu pilihan yang sering direkomendasikan adalah Hotel Palapa.

Anda bisa menemukan penginapan ini di Jalan Teuku Umar No. 81-83, Kutoanyar, Kecamatan Tulungagung, Kabupaten Tulungagung. Menurut penuturan banyak tamu yang sempat menginap, salah satu keunggulan penginapan ini adalah punya lokasi yang strategis karena berada di pusat kota. Jadi, akses ke seluruh destinasi wisata populer Tulungagung menjadi lebih mudah.

Meski begitu, tidak banyak warung makanan yang dapat ditemukan di sekitar kawasan hotel. Jika Anda hendak mencari makanan, perlu berkendara untuk bisa menemukan warung nasi goreng, Krengsengan Dirar, atau Bu Mul catering. Namun, Anda tidak perlu khawatir, karena pengelola baru-baru telah menyediakan restoran yang masih berada di kawasan hotel.

Secara tampilan, sebagai penginapan yang tergolong lawas, Hotel Palapa punya bangunan yang cukup terawat, rapi, dan bersih. Ketika sampai di tempat ini, wisatawan akan menemukan pintu masuk yang cukup lapang dan area parkir kendaraan yang luas (bisa menampung banyak kendaraan roda empat). Pohon dan tumbuhan hijau sengaja ditanam di area luar bangunan untuk menghadirkan suasana yang lebih asri mengingat cuaca di Tulungagung cenderung panas.

Hotel Palapa Tulungagung - @Kimimaru Chiby
Hotel Palapa Tulungagung – @Kimimaru Chiby

Berbeda dengan hotel pada umumnya, desain bangunan Hotel Palapa tidak meninggi, melainkan meluas. Hanya terdiri dari satu lantai, tempat inap ini punya -kamar yang didesain melingkari area parkir dan taman di bagian dalam. Dengan penataan seperti itu, Hotel Palapa memang terkesan lapang sehingga yang dikatakan mampu menghadirkan suasana berbeda untuk para tamu.

Didominasi warna putih, baik di dinding bangunan maupun lantai, ketika masuk ke area dalam, Anda akan menemukan ruangan lobi yang siap melayani keperluan tamu selama 24 jam. Ada fasilitas kursi dan meja yang dapat digunakan untuk bersantai sambil menunggu jadwal check-in. Selain itu, tersedia juga restoran mini sekaligus bisa dijadikan ruang bersantai.

Beralih ke bagian kamar, seperti diutarakan di atas, kamar-kamar di Hotel Palapa disusun berderet dan melingkari area parkir dan taman. Masing-masing kamar sudah dilengkapi dengan fasilitas seperti AC atau kipas angin, televisi, kamar mandi pribadi plus toilet duduk, meja dan cermin rias, dan tentu saja ranjang yang nyaman. Tersedia juga teras plus kursi yang bisa dijadikan ruang santai para tamu.

Tarif Hotel Palapa Tulungagung

KamarTarif per Malam
Kamar Non-ACRp150.000
Kamar ACRp295.000

tarif kamar Hotel Palapa di atas kami rangkum langsung dari salah satu pengunjung. Namun, ada juga tamu yang memberikan bocoran bahwa harga sewa kamar Hotel Palapa berkisar Rp90 ribuan per malam untuk Non-AC dan Rp160 ribuan untuk tipe AC. Jika Anda membutuhkan informasi lebih detail atau melakukan , bisa langsung menghubungi nomor (0355) 321854 atau 322868.

Lihat Juga:   Daftar Penginapan di Sorek Pelalawan, Tarif dan Fasilitasnya




Be the first to comment

Tinggalkan Balasan