Hotel Jaya Karta, Tarif Murah Lokasi Pinggir Danau Singkarak




Hotel Jaya Karta - @Djeke Abillah
Hotel Jaya Karta - @Djeke Abillah

Selain Danau Singkarak, ada banyak potensi wisata di Kabupaten Solok, Barat, antara lain Bukik Ampaneh, Taluak, Dermaga Singkarak, Puncak Aripan, dan Pancuran Duyung.[1] Bagi Anda yang ingin mengeksplorasi semua spot rekreasi ini, sebaiknya Anda mencari penginapan di dekat salah satu ini, seperti Hotel Jaya Karta yang tidak jauh dari Danau Singkarak dan menawarkan lengkap serta relatif terjangkau.

Lokasi dan Fasilitas Hotel Jaya Karta

Hotel Jaya Karta beralamat di Jl. Padang Panjang, Solok, Jorong Pasir Jaya, Sumatera Barat dan tidak jauh dari Danau Singkarak. Bisa dibilang, ini dibangun tepat di kawasan pinggir danau. Selain itu, ini dekat dengan tempat rekreasi bernama Aua Sarumpun Peak dengan waktu tempuh sekitar 16 menit menggunakan kendaraan bermotor.

Bagian depan hotel adalah area parkir yang luas dan berupa halaman dengan sekat-sekat berupa dinding batu dan kayu. Sementara itu, halaman belakangnya berupa beranda yang memiliki akses langsung menuju danau. Di halaman belakang ini, terdapat pondokan-pondokan kecil sebagai area untuk bersantai dan beristirahat dengan pemandangan Danau Singkarak yang masih asri.

Ada juga akses langsung menuju area perairan Danau Singkarak di sebelah kanan dan kiri akomodasi. Jalan ini tidak terlalu sempit, tetapi agak terjal dan berbatu. Setelah satu menit berjalan di pinggiran akomodasi, Anda akan sampai di area berpasir tepat di pinggir danau. Saking luas dan besarnya Danau Singkarak, spot pasir ini sekilas terlihat seperti pantai.

Lihat Juga:   Wukir Cottage, Villa Modern di Kota Batu

Sayangnya, area berpasir ini terbilang bebas pengunjung. Tidak hanya ramai dengan tamu hotel, banyak juga turis lokal yang bermain di tempat tersebut. Bagi Anda yang ingin menikmati keindahan Danau Singkarak tanpa diganggu pengunjung lain, mungkin Anda bisa melipir ke bagian kanan akomodasi yang dekat dengan area pepohonan.

Hotel Jaya Karta - @Hotel Jaya Karta
Hotel Jaya Karta – @Hotel Jaya Karta

Selain bisa melihat pemandangan danau dari dekat, pihak penginapan sudah menyediakan balkon khusus untuk melihat Danau Singkarak. Balkon ini berada di lantai dua hotel dan biasanya dijadikan sebagai area berfoto oleh para tamu. Hotel Jaya Karta juga memiliki area bermain anak yang terletak di taman hotel. Taman berada di bagian depan dan agak jauh dari area parkir. Suasana taman yang asri dengan aneka pohon hias, menjadikan spot ini sebagai tempat favorit para tamu untuk melepas penat. Ada juga bangku-bangku taman yang ada menghadap langsung ke arah danau.

Supaya pengunjung lebih betah menginap, ada beberapa fasilitas umum yang bisa Anda pakai, antara lain, kafe, restoran keluarga, area , dan area berenang di pinggir danau. Khusus untuk area berenang, dibagi menjadi dua bagian, yakni untuk anak dan orang dewasa yang dibatasi dengan tali khusus sebagai pengaman.

Memasuki area , Anda akan melihat bangunan seperti pondok kecil dengan bentuk rumah adat khas Sumatera Barat dengan teras kecil di depannya. Setiap kamar memiliki lorong sebagai akses menuju bangunan berbalkon. Kamar-kamar ini dibekali dengan AC/kipas angin, lemari pakaian, set meja rias, dan tempat tidur yang nyaman. Ada juga kamar mandi dalam di pojok kamar yang cukup luas. Setiap kamar mandi memiliki kloset duduk, bak air, shower, dan peralatan mandi lengkap.

Lihat Juga:   Daftar Terbaru Penginapan Murah di Tarakan, Alamat, dan Tarifnya

Beberapa kamar juga punya area khusus untuk menjemur pakaian yang difasilitasi dengan rak jemuran baju. Selain itu, ada juga hanger dan penjepit jemuran yang bisa Anda pakai untuk menggantung handuk atau baju. Tentunya, semua fasilitas ini bisa Anda dapatkan dengan membayar tarif sewa kamar di Hotel Jaya Karta.

Hotel Jaya Karta - @Oreza Eja
Hotel Jaya Karta – @Oreza Eja

Tarif Hotel Jaya Karta

Menurut review pelancong yang pernah menginap di akomodasi ini, untuk menginap di Hotel Jaya Karta, setidaknya wisatawan harus membayar tarif mulai Rp200 ribu hingga Rp250 ribuan per malam. Biaya ini sudah termasuk sarapan atau snack di dalam kamar. Tentunya, biaya sewa kamar di penginapan ini tidak terikat dan bisa berubah sesuai kebijakan pengelola. Anda bisa melakukan secara langsung di lokasi karena Hotel Jaya Karta belum bekerja sama dengan situs online.

[1] Arpan, Syukran Novri, Ahyuni, Triyatno. 2019. Potensi Wisata di Kecamatan X Koto Singkarak Kabupaten Solok. Jurnal Buana Universitas Negeri Padang, Vol. 3(1): 104-110.




Be the first to comment

Tinggalkan Balasan