Omah Selo Boyolali, Harga Murah Dekat Desa Wisata Samiran (Dewi Sambi)




Omah Selo Boyolali (sumber: traveloka)
Omah Selo Boyolali (sumber: traveloka)

Selo merupakan sebuah kecamatan di yang terkenal dengan Dewi Sambi di Desa Samiran dengan pemandangan Gunung Merapi dan Gunung Merbabu.[1] Bagi Anda yang tertarik untuk mengeksplorasi keindahan alam desa ini dan datang dari luar kota, Anda bisa bermalam Omah Selo, karena menawarkan fasilitas yang lengkap dengan relatif terjangkau.

Lokasi Omah Selo

Omah Selo atau yang lebih dikenal dengan nama Oemah Selo berlokasi di Jl. Magelang-Boyolali, Dusun IV, Samiran, Selo, Kabupaten Boyolali, dan dekat Embung Manajar. Dilansir dari Google Maps, dari menuju spot rekreasi itu, Anda membutuhkan waktu tempuh cuma enam menit menggunakan kendaraan bermotor.

Akomodasi ini juga tak jauh dari Desa Wisata Samiran, hanya dua menit menggunakan kendaraan bermotor atau lima menit berjalan kaki. Tak hanya itu, Oemah Selo Homestay juga dekat Pasar Selo, yakni pusat berbelanja oleh-oleh, makanan harian, hingga pernak-pernik, berselang tujuh menit berjalan kaki atau satu menit berkendara.

Omah Selo Boyolali (sumber: traveloka)
Omah Selo Boyolali (sumber: traveloka)

Fasilitas Omah Selo

Bagian depan penginapan adalah halaman atau latar yang luas dan dimanfaatkan sebagai area parkir. Anda bisa langsung memarkirkan kendaraan di area ini dan tidak perlu khawatir karena tempat parkir dijaga security selama 24 jam. Sehingga, meskipun tidak ada pagar di tempat ini, kendaraan Anda akan tetap aman.

Di pinggir halaman depan bangunan, terdapat taman mini dengan tumbuhan rumput dan tanaman berbunga. Taman ini terhubung dengan teras depan akomodasi yang dilengkapi dengan kursi serta meja. Area ini biasa dijadikan sebagai tempat nongkrong sekaligus merokok oleh para tamu.

Lihat Juga:   Update Tarif Papilio Kost Harian, Murah & Dekat Sutos Surabaya

Teras ini juga menjadi salah satu spot favorit para tamu yang ingin bersantai, karena punya hawa yang sejuk dengan angin sepoi-sepoi. Pemandangan di tempat ini juga menarik, karena Anda bisa melihat Gunung Merapi dan Gunung Merbabu yang berwarna hijau kebiruan di pagi hari dan berwarna hijau tua di siang hari.

Pemandangan sunrise tampak dari Omah Selo Boyolali (sumber: homestaymerapi.com)
Pemandangan sunrise tampak dari Omah Selo Boyolali (sumber: homestaymerapi.com)

Jika Anda beruntung, Anda bisa menyaksikan sunrise dengan jelas. Biasanya, matahari terbit akan terlihat saat cuacanya sedang bagus dan tidak terlalu berkabut. Pastikan Anda membawa kamera untuk berfoto dengan latar belakang gunung dan sunrise jika menginap di Omah Selo.

Seperti homestay kawasan pegunungan pada umumnya, sumber air di akomodasi ini berasal dari area pegunungan sekitar, sehingga airnya terasa lebih segar dan dingin saat diminum. Tidak hanya dimanfaatkan sebagai sumber air minum, air pegunungan ini juga digunakan untuk keperluan lain seperti mandi dan cuci tangan.

Memasuki bagian dalam homestay, Anda akan menemukan ruang tamu, ruang keluarga, kamar mandi, dapur, dan kamar tidur. Ruang tamunya memiliki jendela besar yang menghadap ke arah pegunungan. Selain itu, area ini dibekali dengan set sofa yang empuk dan meja. Ruangan ini terhubung dengan ruang keluarga yang luas dengan kursi-kursi kayu di bagian pinggirnya.

Kamar mandi di Omah Selo memang ada di luar kamar dan tersedia sebagai fasilitas publik. Bagian dalam kamar mandi dilengkapi dengan wastafel, shower, bak air, kloset, duduk, dan tempat menggantung baju. Sementara itu, bagian luarnya dipasang cermin berukuran besar dan tempat menggantung handuk.

Lihat Juga:   Swiss-Belinn Hotel Malang, Akomodasi Bintang 3 Dekat Kampus dan Mall
Salah satu kamar di Omah Selo Boyolali (sumber: homestaymerapi.com)
Salah satu kamar di Omah Selo Boyolali (sumber: homestaymerapi.com)

Tak jauh dari kamar mandi, Anda akan menemukan dapur sekaligus ruang makan. Tempat ini dilengkapi dengan peralatan masak lengkap, lemari makanan, meja dan kursi makan, serta peralatan makan. Meskipun para tamu bisa memasak dengan bebas di dapur ini, beberapa orang lebih memilih untuk membayar jasa katering sebesar Rp15 ribu per orang, karena terbilang praktis dan terjangkau.

Ada dua kamar di Omah Selo, yakni kamar lesehan dengan kapasitas 15 orang dan kamar lesehan kapasitas dua orang. Anda bisa memilih kamar sesuai kebutuhan. Setiap kamar di akomodasi ini sudah difasilitasi dengan matras, karpet, lemari pakaian, dan set meja rias.

Tarif Omah Selo

Menurut review pelancong yang pernah menginap di Omah Selo, turis harus perlu membayar sewa kamar Rp150 ribu per malam. Namun, ini belum termasuk jasa katering dan keperluan lainnya. sewa kamar tersebut tidak terikat dan bisa berubah sesuai kebijakan pengelola. Anda bisa melakukan reservasi secara langsung atau melalui situs sewa online.

[1] Andriani, Risky Ayu, Agung Wibowo, Joko Winarno. 2020. Analisis Kebutuhan Masyarakat dalam Pengembangan Dewi Sambi (Desa Wisata Samiran Boyolali) di Desa Samiran, Kecamatan Selo, Kabupaten Boyolali. Jurnal Nasional Pariwisata, Vol. 12(2): 82-88.




Be the first to comment

Tinggalkan Balasan