Tarif Camping Ground Kawah Ratu, Spot Kemah Asyik View Gunung Salak




Camping Ground Kawah Ratu - @Mabdul Muhaimin
Camping Ground Kawah Ratu - @Mabdul Muhaimin

Kawah Ratu merupakan salah satu tempat di dataran tinggi Hutan Salak Nasional Gunung Halimun Salak yang dijadikan sebagai jalur pendakian dengan KM 50.[1] Di kawasan ini, juga ditemukan ground yang dapat dijadikan destinasi menginap para pendaki. Tarif berkemah di camping ground Kawah Ratu terbilang relatif terjangkau dengan cukup lengkap.

Fasilitas Camping Ground Kawah Ratu

Dilansir dari website resminya, Kawah Ratu merupakan bekas letusan Gunung Salak pada tahun 1938. Dari letusan ini terbentuklah Kawah Ratu dengan luas sekitar dua hektar dan hingga saat ini masih mengeluarkan uap dan air panas dengan kandungan gas belerang cukup tinggi. Memiliki pemandangan Gunung Salak dan hutan yang masih asri dan indah, Kawah Ratu sering dijadikan sebagai destinasi hiking, trekking, dan berkemah.

Untuk mencapai Kawah Ratu, Anda harus melalui jalur pendakian dengan waktu tempuh selama 1,5 jam. Sebagai tips, sebaiknya Anda tidak menggunakan sepatu bersol tebal dan dianjurkan menggunakan sepatu atau sandal gunung yang ringan supaya tidak mudah lelah. Di tengah jalur pendakian, terdapat hamparan hijau dengan luas 0,75 hektar sebagai area berkemah atau camping ground. Lokasi camping ground ini berada di atas kawah dan sedikit jauh, karena jika terlalu dekat dengan kawah bisa berbahaya untuk kesehatan.

Anda hanya bisa menikmati pemandangan Kawah Ratu dari jarak jauh dan boleh turun ke kawah jika diizinkan. Selain itu, boleh berfoto di pinggir atau sekitar kawah jika uap belerang berkapasitas rendah atau tidak sedang turun hujan dan kabut. Untuk melihat Kawah Ratu, Anda juga tidak bisa sembarangan dan harus melapor terlebih dahulu sebelum mendaki.

Lihat Juga:   Harga Sewa Villa Jaya Sakti Dekat Pantai Rancabuaya
Kawah Ratu - @Eko Ajiwibowo (Heraji)
Kawah Ratu – @Eko Ajiwibowo (Heraji)

Vegetasi tumbuhan yang ada di lokasi camping ground Kawah Ratu terbilang cukup unik dan ini menjadikannya cukup populer untuk spot foto. Di sebelah bawah Kawah Ratu, ada banyak pohon damar yang menjulang tinggi dengan batang lurus dan berdaun menyerupai jarum. Tanah di bagian bawah pohon relatif bersih dan tidak ditumbuhi banyak rumput atau pepohonan kecil, sehingga menjadi tempat yang tepat untuk berkemah.

Meskipun begitu, saat Anda berkemah di area ini, Anda harus berhati-hati dan waspada. Tak jauh dari bumi perkemahan, terdapat hutan dengan vegetasi homogen yang cukup lebat. Di hutan ini, konon masih dijumpai satwa liar seperti monyet ekor panjang, musang, dan aneka jenis burung.

Sementara itu, di bagian atas Kawah Ratu yang sering dijadikan sebagai jalur hiking tanpa tempat peristirahatan, memiliki suasana hutan belukar alami khas pegunungan tropis. Di daerah ini, Anda tidak dianjurkan berkemah, karena masih banyak satwa liar yang berkeliaran. Anda masih bisa bertemu monyet ekor panjang, owa jawa, lutung, dan macan tutul. Meskipun ada hewan buas di kawasan Kawah Ratu, diketahui hingga kini belum ada kecelakaan akibat hewan buas.

Lihat Juga:   Serunya Bermain Kayak di Pantai Gatra, Malang

Selain memiliki pemandangan indah, camping ground Kawah Ratu memiliki fasilitas lengkap. Anda tidak perlu membawa tali rafia serta alat penggali saluran air di sekitar tenda, ini karena bumi perkemahan tersebut sudah memiliki petak-petak dan saluran air sendiri. Petak-petak di camping ground terdiri dari dua bagian, yakni untuk tenda kecil khusus perorangan dan tenda besar khusus tamu rombongan. Selain itu, ada toilet umum dan sumber air bersih yang bisa Anda pakai secara gratis.

Di bagian depan tenda, juga sudah terdapat spot khusus untuk memasak sekaligus menyalakan api unggun. Sayangnya, untuk menyalakan api unggun dan memasak, Anda harus mencari kayu bakar sendiri di sekitar hutan dan membawa peralatan memasak sendiri dari rumah. Jika Anda merasa kesulitan mencari kayu bakar, Anda bisa membelinya di posko penjagaan, itu pun jika masih tersedia.

Camping Ground Kawah Ratu - travel.detik.com
Camping Ground Kawah Ratu – .detik.com

Tarif Camping Ground Kawah Ratu

Menurut review pendaki, untuk berkemah di camping ground Kawah Ratu, wisatawan perlu membayar Rp25.000 per orang. Ini belum termasuk harga tiket masuk Kawah Ratu, yakni sekitar Rp15.000 per orang. Biaya berkemah di camping ground Kawah Ratu tidak terikat dan bisa berubah sewaktu-waktu.

[1] Hasibuan, Ratna Sari. 2017. Perencanaan Jalur Interpretasi Pendakian Kawah Ratu Taman Nasional Gunung Halimun Salak (Interpretation Trail Planning for Kawah Ratu Gunung Halimun Salak National Park). Jurnal Nusa Sylva Universitas Nusa Bangsa, Vol. 17(1): 29-39.




Be the first to comment

Tinggalkan Balasan