Rekomendasi Bus Double Decker dari Jakarta ke Surabaya




Ilustrasi: interior bus double decker (twitter: @equalaccessny)
Ilustrasi: interior bus double decker (twitter: @equalaccessny)

Double decker atau biasa disebut bus tingkat wisata merupakan bus mewah yang menjadi salah satu media untuk meningkatkan daya tarik wisatawan berkunjung ke kota-kota besar di Indonesia.[1] Selain melayani wisata, ada beberapa PO bus yang menawarkan rute antar kota seperti dari Jakarta ke . Meskipun tarif bus double decker seperti ini tidak bisa dibilang murah, beberapa turis tertarik untuk menumpang, karena unik dan tentunya berfasilitas lengkap.

Meskipun tidak semua PO bus rute Jakarta-Surabaya menyediakan kendaraan bertingkat, ada beberapa yang mengusung double decker pada kendaraannya, seperti PO Sinar Jaya, Harapan Jaya, dan Rosalia Indah. Untuk lebih jelas mengenai bus double decker tiap PO bus, Anda bisa melihat ulasan berikut.

PO Sinar Jaya

Dilansir dari website resminya, PO Sinar Jaya menyediakan bus double decker untuk rute dari Jakarta ke Surabaya dengan fasilitas yang terbilang mewah. Satu kendaraan bus bertingkat ini memiliki kapasitas tempat duduk untuk 50 orang dengan model 2-2 yang terdiri dari 38 kursi di bagian atas dan 12 kursi di bagian bawah.

Setiap kursi dilengkapi armrest dan leg rest untuk menunjang kenyamanan wisatawan. Dengan adanya fitur ini, Anda tidak akan merasa lelah atau kram saat menempuh perjalanan yang jauh dan lama. Selain itu, punggung Anda juga tidak akan merasa nyeri ketika harus berada dalam posisi duduk terlalu lama, karena bagian punggung kursi terbuat dari busa empuk.

PO Sinar Jaya double decker (sumber: bus-truck.id)
PO Sinar Jaya double decker (sumber: bus-truck.id)

Seat cover pada bus double decker PO Sinar Jaya terbuat dari bahan fabric yang dikombinasikan dengan vinyl, sehingga aman dan tidak mudah rusak. Di setiap seat juga dilengkapi dengan audio video on demand sebagai sarana hiburan supaya tidak bosan.

Lihat Juga:   Fasilitas Maskapai Berbiaya Rendah AirAsia

Fasilitas lain yang bisa Anda pakai selama menumpang bus ini adalah toilet di ruang bawah, luggage rack di ruang atas dan bawah untuk menyimpan hand carry atau barang bawaan, serta luggage compartment dengan model buka tutup memakai pneumatic system dan manual sistem untuk menyimpan bag. Selain itu, bus ini memiliki CCTV di bagian depan dan belakang ruang penumpang.

Akses keluar masuk penumpang melalui pintu tengah model swing dengan pneumatic system. Ini terbilang praktis dan nyaman untuk menghindari barisan di tengah jalan antar kursi.

PO Harapan Jaya

PO Harapan Jaya memiliki bus pariwisata tingkat atau biasa dikenal dengan bus double decker yang nyaman dengan kelas bus sleeper seat. Bus ini memiliki dua lantai, dengan kapasitas mulai 40 hingga 50 orang.

PO Harapan Jaya double decker (sumber: poharapanjaya.com)
PO Harapan Jaya double decker (sumber: poharapanjaya.com)

Bus sleeper seat memiliki full AC, bantal, selimut, smoking area, toilet, sandaran kaki, recleaning seat, lampu kerja, USB, colokan listrik, wifi gratis, telepon gratis, kursi pijat di lantai dua, free , free tisu basah, dan free tisu kering. Selain itu, setiap penumpang akan mendapatkan sandal santai, snack, dan makanan selama perjalanan.

Untuk snack yang disediakan, Anda bisa memilih jajanan ringan atau mie instan. Sementara itu, untuk minumannya, Anda bisa memilih air mineral botolan, air minum kemasan gelas, kopi, atau teh.

PO Rosalia Indah

Dikutip dari website resminya, PO Rosalia Indah menyediakan bus double decker untuk kelas wisata dengan kapasitas 42 orang atau seats. Terdiri dari sebelas kelas bus double decker, setiap bus tentunya memiliki fasilitas yang berbeda. Sebagai contoh, untuk first class double decker, memiliki reclining seat model 1-1, full AC, ada toilet, ada LCD TV, dilengkapi musik, ada bantal, selimut, dan guli. Selain itu, ada makan take order, snack, full Wifi, free air mineral, dan pelayanan pramusaji.

Lihat Juga:   Fasilitas dan Harga Rumah Pohon Taman Dayu, Pasuruan

Lalu, untuk super top double decker class, busnya dilengkapi reclining seat model 1-2, full ac, ada toilet, ada LCD TV, dilengkapi musik, bantal, selimut, footrest, dan leg rest. Ada juga layanan malan, snack, free air mineral, free wifi, dan layanan pramusaji. Sementara itu, untuk layanan dan fasilitas bus double decker Rosalia Indah kelas lainnya, Anda bisa melihat langsung di website resminya.

PO Rosalia Indah double decker (sumber: kompas)
PO Rosalia Indah double decker (sumber: kompas)

Untuk lebih jelas mengenai tarif masing-masing PO bus yang menyediakan bus double decker, Anda bisa melihat tabel berikut.

Tarif Bus Double Decker Jakarta-Surabaya

PO BusKelas BusTarif
PO Sinar JayaDouble DeckerRp280.000
PO Harapan JayaDouble Decker Sleeper SeatRp280.000
PO Rosalia IndahFirst Class Double DeckerRp435.000
Super Top Double DeckerRp365.000
Executive Plus Double DeckerRp320.000

Tarif bus double decker rute Jakarta ke Surabaya di atas telah kami rangkum dari berbagai macam sumber. Harga tiket bus double decker ini tidak terikat dan bisa berubah sewaktu-waktu.

[1] Bakhtiar, Rifki M. & Puji Setya Sunarka. 2020. The Factors of Tourist Satisfaction Enhancement in Double-Decker Tour Bus. Jurnal Konsep Bisnis dan Manajemen AKI, Vol. 7(1): 82-93.




Be the first to comment

Tinggalkan Balasan