Surabaya Heritage Track, Tur ke Bangunan Bersejarah di Surabaya




surabaya heritage track - surabaya.panduanwisata.id

Sebelum menjadi salah satu kota metropolis terbesar di Indonesia, di zaman kolonial merupakan kota pelabuhan terpenting Tanah Air, selain Jakarta dan Semarang. Karena itu, tak heran jika di kota ini masih banyak peninggalan sejarah zaman dulu, mulai gedung-gedung tua, masjid tua, hingga Jembatan Merah yang tersohor itu.

surabaya heritage track - surabaya.panduanwisata.id
surabaya heritage track – surabaya.panduanwisata.id

 

Karena memiliki banyak peninggalan bersejarah yang berharga, Surabaya sering dijadikan tujuan sejarah bagi banyak orang. Bahkan, di kota ini sering dijumpai sejumlah turis asing yang ingin melihat hasil peninggalan nenek moyang mereka.

Untuk memfasilitasi wisata sejarah dan budaya di Surabaya, House of Sampoerna, yang juga merupakan bangunan klasik zaman dulu, menyediakan sebuah tur gratis yang populer dengan nama Surabaya Heritage Track. Bus wisata ini diluncurkan pertama kali pada 9 Juni 2009 silam agar dapat digunakan warga Surabaya dan para turis untuk berkeliling melihat bangunan-bangunan bersejarah di Surabaya.

Surabaya Heritage Track sendiri berwujud sebuah bus model trem (city sightseeing bus) agar bisa melihat secara jelas bangunan yang dikunjungi. Tak cuma melihat-lihat, yang menumpang bus ini juga mendapatkan penjelasan singkat sejarah bangunan atau cagar budaya yang dilewati dari pemandu wisata. Tujuannya, agar memiliki pengetahuan dan pemahaman yang sama mengenai cagar budaya yang bersangkutan.

Ada dua tur yang ditawarkan Surabaya Heritage Track, yaitu tur pendek dan tur panjang. Tur pendek dalam waktu 1 hingga 1,5 jam dijadwalkan setiap hari Selasa, Rabu, dan Kamis dengan rute House of Sampoerna, Tugu Pahlawan, PT Perkebunan XI, kembali lagi ke House of Sampoerna. Sementara, tur panjang diadakan setiap Jumat, Sabtu, dan Minggu dengan rute House of Sampoerna, Tunjungan, Balai Kota atau Surya, Gedung Kesenian , kembali lagi ke House of Sampoerna.

Berikut lengkap tur Heritage Track Surabaya.

WaktuRuteKloter
Weekday (Selasa – Kamis)HoS – Tugu Pahlawan – PTPN XI 09.00 – 10.00
HoK Ang Kiong Temple – Escompto Bank13.00 – 14.00
Kebonrojo Post Office – Kepanjen Curch – Ex. De Javasche Bank15.00 – 16.30
Weekend (Jumat – Minggu)Balai Pemuda – City Hall – Ex. De Javasche Bank09.00 – 10.30
Tugu Pahlawan – GNI – PTPN XI13.00 – 14.30
Kampung Kraton – City Hall – Cak Durasim15.00 – 16.30

Jika ingin mengikuti tur Surabaya Heritage Track, Anda sebaiknya memesan satu hari sebelumnya. Untuk dan jadwal lebih lengkap, bisa menghubungi House of Sampoerna di nomor telepon (031) 3539000.

Lihat Juga:   Melancong ke New Zealand, Jangan Lewatkan Mengunjungi Tempat Wisata Alam Populernya




Be the first to comment

Tinggalkan Balasan