Referensi Wisata Alahan Panjang, Surga Bagi Pencinta Alam dan Ketinggian




Bukit Cambai - www.cendananews.com
Bukit Cambai - www.cendananews.com

Alahan Panjang, mungkin sebagian besar dari Anda masih asing dengan kawasan ini. Namun, jika Anda mengaku pencinta dan gemar berwisata di ketinggian, Alahan Panjang wajib Anda datangi. Pasalnya, wilayah yang masih termasuk dalam cakupan Kecamatan Lembah Gumanti, Kabupaten Solok, Barat ini punya sejumlah objek wisata yang oke yang menanti Anda jamah.

Sebagai perkenalan, Anda perlu mengetahui terlebih dahulu di mana dan bagaimana kondisi Alahan Panjang. Kawasan ini, seperti disampaikan di atas, berlokasi di Kecamatan Lembah Gumanti, Kabupaten Solok, Sumatera Barat. Berjarak sekitar 65 km dari Kota Padang, nagari ini terletak di atas Bukit Barisan di lereng timur kawasan Taman Nasional Kerinci Seblat pada ketinggian 1.400 hingga 1.600 meter di atas permukaan laut. Dengan kondisi ini, Alahan Panjang diklaim sebagai daerah terdingin di Sumatera Barat.

Seperti daerah di Sumatera dan lainnya, dan juga sebagian besar wilayah Indonesia, Alahan Panjang juga kaya akan cerita rakyat. Salah satu yang terkenal adalah cerita Batu Bujang Lengong, seorang anak laki-laki yang durhaka kepada ibunya. Ia juga lebih memilih bermain daripada membantu ibunya. Akhirnya, sang ibu mengutuk si anak menjadi sebuah batu.[1]

Tidak hanya terkenal dengan cerita rakyatnya, Alahan Panjang pun memiliki sejumlah wisata yang menarik. Karena terletak di ketinggian, spot di kawasan ini memang tidak jauh-jauh dari pegunungan dan kebun. Selain itu, Anda pun bisa menemukan danau-danau indah di daerah tersebut. Penasaran apa saja tempat wisata asyik di Alahan Panjang?

Danau Kembar

Kenapa dinamakan Danau Kembar, karena objek wisata ini terdiri atas dua danau, yakni Danau Di Atas dan Danau Di Bawah. Keduanya memiliki luas yang hampir sama dan terletak berdekatan. Berada di ketinggian, udara di sekitar danau memang cenderung dingin. Namun, saat mampir ke kawasan ini, Anda dijamin akan terpukau dengan keindahan alam yang disuguhkan.

Lihat Juga:   Rekomendasi Terkini Hotel di Malang dengan Fasilitas Bathtub
Danau Kembar - ksmtour.com
Danau Kembar – ksmtour.com

Sayangnya, belum dapat memutari danau dengan kapal karena dikelilingi bukit-bukit besar. Namun, Anda tidak perlu khawatir karena bisa melakukan lain, seperti memancing. Sementara, untuk mereka yang hendak menginap, di sekitar Dana Kembar, sudah didirikan setidaknya 14 dengan kapasitas 36 unit dan seperti ranjang, lemari, meja, kursi, serta mandi dan toilet. [2]

Perkebunan Teh Alahan Panjang

Sebelum masuk ke kawasan Danau Kembar, Anda akan dimanjakan oleh hamparan perkebunan teh yang sangat luas. Kabarnya, perkebunan teh ini adalah warisan kolonial Belanda. Kala itu, kebun teh ini diperebutkan oleh orang Belanda dan Jerman. Pada akhirnya, daerah yang merupakan onderaafdeling (setingkat kecamatan) dari Kerinci ini sebagian besar dikelola oleh Belanda.

Perkebunan Teh Alahan Panjang - rentalmobilpadang.co.id
Perkebunan Teh Alahan Panjang – rentalmobilpadang.co.id

Saat ini, kebun teh dikelola oleh PT Perkebunan Nusantara. Di sini, Anda bisa melihat aktivitas petani memetik pucuk daun teh berkualitas sambil menikmati udara yang sangat sejuk. Tidak bisa dipungkiri, waktu akan berjalan lebih lambat saat rekreasi ke tempat ini. Dihiasi bukit-bukit bergelombang, hamparan kebun teh ini mirip tikar beludru hijau jika dipandang dari kejauhan.

Embung Sungai Nanam

Masih berada di sekitar Danau Kembar, destinasi wisata lainnya yang juga wajib Anda datangi adalah Embung Sungai Nanam. Ini adalah proyek dari Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat, Direktorat Jenderal Sumber Daya Air, dan Balai Wilayah Sungai Sumatera V Provinsi Sumatera Barat, yang bertujuan memanfaatkan lahan untuk konservasi, pariwisata, irigasi, perikanan lepas, dan air bakau.

Embung Sungai Nanam - www.suhanews.com
Embung Sungai Nanam – www.suhanews.com

Terletak di Nagari Sungai Nanam, tempat ini awalnya hanya sebuah rawa-rawa. Kemudian, disulap menjadi arena bermain dan bersantai, yang akhirnya populer sebagai spot liburan. Pada sore hari dan hari libur, banyak yang menghabiskan waktu di sini menikmati keindahan baru yang dihadirkan. Selain itu, lokasinya juga mudah dijangkau, terletak di jalan lintas Lubuk Selasih-Solok Selatan.

Lihat Juga:   Lima Penginapan Murah di Kawasan Cengkareng

Bukit Cambai

Apakah Anda pernah membayangkan melihat pesona empat danau sekaligus dari satu bukit? Jika Anda ingin merasakan sensasi tersebut, Anda bisa langsung meluncur ke Bukit Cambai. Pasalnya, kawasan yang berada di Kabupaten Solok ini menawarkan panorama empat danau sekaligus dari ketinggian, yakni Danau Singkarak, Danau Talang, Danau Diateh (Di Atas), dan Danau Di Bawah.

Bukit Cambai - www.cendananews.com
Bukit Cambai – www.cendananews.com

Tidak cuma danau, dari spot yang sama, Anda pun bisa menyaksikan keindahan empat gunung sekaligus, yaitu Gunung Talang, Gunung Marapi, Gunung Singgalang, dan Gunung Kerinci. Selain memanjakan mata, Bukit Cambai juga memanjakan kulit dengan suhu udaranya yang dingin. Jadi, ketika hendak ke tempat ini, Anda jangan lupa membawa jaket atau pakaian yang tebal.

Pimpiang Alahan Panjang

Ketika berkunjung ke tempat ini, Anda akan merasakan sensasi seperti berada di . Bagaimana tidak? Pinggiran Danau Di Atas ini memang memiliki kontur tanah mirip , semakin ke ujung, air danau tersebut semakin dangkal, demikian pula sebaliknya. Jadi, apabila Anda ingin merasakan suasana di ketinggian dan berhawa sejuk, Anda wajib sambangi tempat yang satu ini.

Pimpiang Alahan Panjang - rentalmobilpadang.co.id
Pimpiang Alahan Panjang – rentalmobilpadang.co.id

Pimpiang sendiri dibuat menyerupai taman yang dihiasi bunga-bunga cantik. Angin yang bertiup sejuk membuat suasana di sekeliling danau menjadi lebih tenang dan damai. Tidak hanya untuk menyegarkan pikiran atau relaksasi, dengan panorama yang keren, Pimpiang pun sangat pas dijadikan latar belakang foto maupun video dan diunggah ke media sosial Anda.

[1]Efanita, Nofel, Bakhtaruddin Nasution, Hamidin Hamidin. 2013. Fungsi Sosial Cerita Rakyat Batu Bujang Lengong di Nagari Alahan Panjang Kecamatan Lembah Gumanti Kabupaten Solok. Jurnal Bahasa dan Sastra UNP, Vol. 1(2).

[2]Usman, Ali, dkk. 2016. Pengelolaan Fasilitas Objek Wisata Villa Danau Kembar. E-Journal Home Economic and Tourism Jurusan Kesejahteraan Universitas Negeri Padang, Vol. 12(2)




Be the first to comment

Tinggalkan Balasan