Perpaduan Karang dan Sunset yang Elok di Pantai Batu Bengkung

Pantai, batu bengkung, wisata, kabupaten malang, jawa timur, sunset, harga, tiket, rute, penginapan, tarif, fasilitas, Balekambang, Ngudel, JLS, Arjosari

Kabupaten memang sedang getol mempromosikan wisata pantainya. Bahkan pada tahun 2014, pemerintah setempat melakukan promosi hingga ke Jerman dengan branding ‘ Seribu ’. Dan salah satu yang dijadikan andalan adalah Batu Bengkung. ini terletak di Desa Tumpakrejo, Kec. Gedangan, Kab. Malang, .

Pesona pantai ini sudah bisa dibayangkan kala Anda sampai di pelataran gerbang masuknya. Suara debur ombak dari kejauhan seolah sudah sanggup mengguyur sekujur tubuh. Sepoinya angin yang berembus pun seperti menarik-narik tubuh untuk semakin dekat ke bibir pantai. Atmosfer keindahan itu bukan lagi khayalan tingkat dewa, saat kaki benar-benar berpijak di atas pasir putihnya. Pepohonan rindang di sekitar pantai pun layak dijadikan favorit untuk menggelar tikar. Anda bisa siang di bawahnya atau sekadar tiduran.

Berbeda dari pantai-pantai lainnya di Malang yang biasanya berpasir, pantai ini justru menawarkan keindahan tebing karangnya. Pantai ini memunyai tipikal pantai yang berkarang dengan arus bawah yang kuat. Walaupun memiliki ombak yang besar, pantai ini tidak cocok dijadikan tempat berselancar.

Bagi Anda yang ingin sekadar berenang, Pantai Batu Bengkung juga menawarkan tempat yang nyaman. Meski ombaknya besar, terdapat sebuah cekungan kolam yang dapat dimanfaatkan untuk berenang. Cekungan tersebut merupakan hasil pengangkatan karang yang terisi oleh air laut dari celah-celahnya. Namun demikian, tetap dibutuhkan kewaspadaan ketika air pasang.

Penting untuk Anda ketahui, salah satu keunikan pantai ini adalah adanya batu melengkung di bibir pantai. Keberadaan batu melengkung inilah yang menjadi ikon andalan dari Pantai Batu Bengkung. Di samping itu, Anda juga bisa menemukan sebuah bukit, tempat menikmati keindahan sekitar pantai dengan lebih jelas.

Pantai, batu bengkung, wisata, kabupaten malang, jawa timur, sunset, harga, tiket, rute, penginapan, tarif, fasilitas, Balekambang, Ngudel, JLS, Arjosari

Spot duduk santai di tengah terik matahari Pantai Batu Bengkung

Bisa dikatakan, Pantai Batu Bengkung adalah salah satu pantai yang menyajikan pemandangan matahari terbenam yang indah. Pemandangan ini tentu saja tak bisa Anda dapatkan di semua pantai di Malang. Pasalnya, Pantai Batu Bengkung adalah salah satu pesisir yang menghadap langsung ke arah barat. Tak heran, pantai ini masih ramai dikunjungi meski matahari telah meninggalkan peraduan. Tak sedikit pula orang yang memilih untuk mendirikan kemah di sekitar pantai. Tersedianya beberapa yang dibutuhkan seperti toilet, parkir 24 jam, serta warung makan membuat pengunjung semakin betah berlama-lama menikmati keindahan pantai ini.

Lihat Juga:   Penginapan Harum II, Akomodasi Nyaman dan Murah di Malioboro

Fasilitas yang tersedia di Pantai Batu Bengkung sudah cukup lengkap. Di area pantai ini, sudah dibangun kantor wisata dan lahan parkir yang cukup luas. Terdapat pula banyak warung nasi, kios-kios, dan warung kopi yang dibuka oleh penduduk desa sekitar.

Akses Menuju Pantai Batu Bengkung

Jika Anda ingin mengunjungi pantai ini secara rombongan ataupun sendiri, Anda tak perlu khawatir. Jalan yang dilewati sangat mudah untuk dilalui semua jenis kendaraan. Sayangnya, seperti halnya tujuan wisata lain di Kabupaten Malang, kendaraan umum juga belum ada yang menuju langsung ke pantai ini.

Berikut rute yang bisa Anda lewati baik menggunakan kendaraan pribadi ataupun umum jika ingin mengunjungi Pantai Batu Bengkung.

Kendaraan Umum (Bus, angkutan kota, ojek)

Lihat Juga:   Daftar Penginapan di Pulau Harapan, Kepulauan Seribu

Bila ingin benar-benar merasakan esensi petualangan, naik kendaraan umum menuju Pantai Batu Bengkung patut dicoba. Rutenya adalah dari Terminal Arjosari, Malang, naiklah angkutan kota jurusan Terminal Gadang. Lalu, lanjutkan dengan naik angkutan kota jurusan Bantur. Sesampainya di Bantur, bisa menggunakan jasa ojek untuk meneruskan menuju Pantai Batu Bengkung, karena memang belum ada kendaraan umum yang langsung menuju ke pantai tersebut.

Pantai, batu bengkung, wisata, kabupaten malang, jawa timur, sunset, harga, tiket, rute, penginapan, tarif, fasilitas, Balekambang, Ngudel, JLS, Arjosari

Gugusan karang di Pantai Batu Bengkung

Kendaraan Pribadi

Jika hendak pergi berwisata ke Pantai Batu Bengkung bersama rombongan besar atau teman, ada baiknya wisatawan membawa kendaraan pribadi demi kenyamanan selama perjalanan. Dari Kota Malang, arahkan kendaraan Anda menuju ke Gondanglegi, kemudian ikuti petunjuk arah menuju Bantur atau Pantai Balekambang. Sesampainya di perempatan menuju Pantai Balekambang, belok ke kiri, kemudian lanjutkan perjalanan Anda sekitar 3 km. Pantai ini dapat Anda temukan setelah melewati Pantai Ngudel.

Harga Tiket Pantai Batu Bengkung

Sama halnya dengan pantai lain di Kabupaten Malang, untuk masuk pantai ini, Anda terlebih dahulu perlu membeli tiket. Tiket tersebut sudah berlaku bagi anak usia di atas 3 tahun. Harga tiket masuk Pantai Batu Bengkung dipatok sebesar Rp15.000 per orang. tersebut sudah termasuk parkir kendaraan roda dua. Sementara, jika Anda membawa kendaraan roda empat, Anda harus menambah sebesar Rp10.000 untuk satu mobil.

Selain harus membayar tiket, ada beberapa fasilitas lainnya di Pantai Batu Bengkung yang hanya bisa dinikmati dengan membayar terlebih dahulu, misalnya untuk ke toilet, Anda perlu membayar sebesar Rp2000. Selain itu, untuk menyewa salah satu penginapan yang ada di dekat pantai, tarifnya dibanderol mulai Rp250.000 per malam.

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Anda dapat menggunakan tag dan atribut HTML: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>