Penginapan di Kampung Turis Karawang, Fasilitas Oke Tarif Reasonable




Kampung Turis Karawang (sumber: hargaticket.com)
Kampung Turis Karawang (sumber: hargaticket.com)

Jika kita berbicara mengenai Karawang, pasti yang langsung terbersit adalah sebuah daerah yang dijuluki sebagai Lumbung Beras Nasional.[1] Padahal, walau gaungnya memang masih kalah dibandingkan Bogor atau Bandung, Karawang juga dapat menjadi destinasi liburan yang oke ketika Anda berkunjung ke Jawa Barat. Pasalnya, wilayah tersebut memiliki sejumlah spot rekreasi yang oke, salah satunya Kampung Turis. Ini dapat dikatakan sebagai wisata all-in-one karena selain menyajikan berbagai spot menarik, juga sudah dilengkapi dengan fasilitas penginapan.

Lokasi Kampung Turis Karawang

Kampung Turis Karawang dapat Anda temukan di Kampung Parakan Badak, Mekarbuana, Kecamatan Tegalwaru, Kabupaten Karawang, Jawa Barat. Jika Anda berangkat dari exit tol Karawang Barat, Anda bisa belok ke kiri dan ambil arah Pangkalan Tegalwaru. Saat sampai di perempatan Pasar Loji, Anda tinggal belok ke kanan saja. Sementara itu, apabila Anda bertolak dari arah Jonggol, Bogor, ketika tiba di perempatan Pasar Cariu, bisa belok kiri sampai perempatan Pasar Loji, lalu belok kanan.

Dilansir dari berbagai sumber, Kampung Turis awalnya bernama Kampung Wisata Curug Cigentis karena dulunya spot wisata alam di Karawang bagian selatan yang populer cuma air terjun tersebut. Kawasan tersebut awalnya hanya tempat yang gersang dengan kontur tebing curam di sekitar aliran Cigentis. Pengelola mendirikan sebuah warteg sederhana di area tersebut.

Kemudian, sekitar tahun 2011, sang pemilik kedai berinisiatif memperluas tempat dengan membesarkan lahan wisata. Pembangunan area wisata pun dimulai. Di awal pendirian, Kampung Turis menyediakan waterboom dan restoran. Sekitar dua tahun kemudian, fasilitas lain ditambah, seperti waterpark, villa, danau, cafe, area outbound, dan arena olahraga, di lahan yang memiliki luas 4 hektar dan diklaim dapat menampung hingga 5.000 orang.

Fasilitas Kampung Turis

Kolam renang di Kampung Turis Karawang (sumber: pinhome.id)
renang di Kampung Turis Karawang (sumber: pinhome.id)

Seperti disampaikan di atas, Kampung Turis ibarat wisata all-in-one. Selain menikmati panorama sekitar, pengunjung juga dapat mencoba berbagai fasilitas permainan yang telah disediakan. Dari sekian banyak wahana di Kampung Turis, satu yang menjadi andalan adalah waterpark yang telah menyediakan beberapa untuk dewasa dan anak-anak. Kolam dewasa dilengkapi papan seluncur untuk adu balap dan berkelok-kelok, sedangkan kolam untuk anak-anak memiliki papan seluncur mini dan ember tumpah.

Lihat Juga:   Griya Zenea Batu, Homestay Keluarga Dekat Museum Satwa Batu

Wahana lainnya yang dapat dicoba adalah naik perahu bebek. Anda dapat menumpangi perahu tersebut untuk mengelilingi buatan yang cukup luas. Tidak ketinggalan, ada sky bike yang cocok dijadikan spot foto, tree house lengkap dengan ayunan di bawah rumah pohon, children garden yang sudah dilengkapi sejumlah permainan, taman kelinci, hingga area outbound untuk bermain flying fox atau ATV.

Harga Tiket Kampung Turis Karawang

Komponen Harga
Tiket Masuk Rp35.000
Waterpark Rp25.000 – Rp40.000
Perahu Bebek Rp35.000
Sky Bike Rp20.000
Taman Satwa Rp10.000
Flying Fox Rp30.000
ATV Rp30.000
Paket Fun Games Rp700.000

Informasi harga tiket Kampung Turis Karawang di atas kami rangkum dari berbagai sumber, termasuk bocoran sejumlah pengunjung. Selain tarif reguler, pihak Kampung Turis Karawang juga kerap menghadirkan promo khusus. Pada tahun 2021 lalu misalnya, ketika Indonesia masih dilanda pandemi Covid-19, harga tiket waterpark turun menjadi hanya Rp15 ribuan per orang.

Fasilitas Penginapan di Kampung Turis Karawang

Kampung Turis Karawang – kampungturis.com

Untuk wisatawan yang kebetulan datang dari luar dan membutuhkan tempat bermalam, tidak perlu khawatir. Pasalnya, pihak Kampung Turis Karawang juga sudah menyiapkan fasilitas penginapan yang representatif. Ada villa dengan satu kamar, dua kamar, atau hanya berupa pondokan berisi kamar. Setiap penginapan tersebar di berbagai penjuru tempat wisata. Anda bisa memilih penginapan dengan letak tak jauh dari tempat outbound, taman, atau dekat waterpark.

Lihat Juga:   Casa Skyrose, Villa Mewah di Batu Dilengkapi Jacuzzi

Setiap bangunan villa sudah dilengkapi dengan teras atau balkon sebagai tempat bersantai pribadi. Beberapa bangunan juga memiliki spot khusus untuk merokok dan bebas merokok. Tak hanya itu, ada yang memiliki ruang makan kecil dan terhubung dengan dapur. Anda bisa memilih jenis penginapan sesuai dengan kebutuhan dan anggaran wisata Anda.

Kamar-kamar yang ada di penginapan Kampung Turis Karawang sudah didukung teras atau balkon sebagai area bersantai atau untuk nongkrong. Bagian dalam kamar dilengkapi dengan tempat tidur yang nyaman, lemari pakaian, set meja rias, mesin pembuat minuman, AC, dan TV. Ada juga kamar mandi dalam dengan kloset duduk, cermin, wastafel, tempat menjemur handuk, dan shower air hangat.

Tarif Penginapan Kampung Turis Karawang

Tipe Penginapan Tarif per Malam
Weekday Weekend
Sanur Rp700.000 Rp1.000.000
Gianyar Rp900.000 Rp1.400.000
Kintamani Rp1.000.000 Rp1.400.000
Jimbaran Rp1.000.000 Rp1.400.000
Legian Rp1.600.000 Rp1.800.000
Paket Aula Pangrango 1 Rp600.000
Paket Aula Pangrango 2 Rp700.000
Paket Aula Pangrango 3 Rp900.000
Paket Aula Pangrango Menginap Rp2.700.000
Paket Aula Rinjani Rp800.000
Paket Aula Rinjani Menginap Rp2.200.000 Rp2.400.000

Informasi biaya sewa penginapan di Kampung Turis Karawang tersebut sudah kami rangkum dari berbagai sumber, termasuk bocoran sejumlah wisatawan. Perlu Anda catat bahwa harga sewa villa-villa di atas tidak mengikat dan dapat berubah sewaktu-waktu. Apabila Anda memerlukan informasi lebih lengkap atau melakukan reservasi, dapat menghubungi 0822 9988 1745 atau 0813 1142 5430.

[1] Khoerunnisa Chandra, Maulana Rifai, Kariena Febriantin. 2022. Manajemen Pemerintahan dalam Pengeksplorasian Destinasi Wisata Candi Jiwa Karawang (Studi di Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Karawang). Jurnal Pendidikan dan Teknologi Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai, Vol. 4(3): 2461-2472.




Be the first to comment

Tinggalkan Balasan