Penginapan & Pesona Wisata di Pulau Miangas, Tapal Batas Utara Indonesia




Pulau Miangas - news.detik.com
Pulau Miangas - news.detik.com

Pulau , mungkin Anda belum begitu familiar dengan daerah ini. Ia adalah pulau yang berada di Desa , Kecamatan Nunusa, Kabupaten Talaud, Sulawesi Utara, batas utara negara Indonesia. Memiliki luas cuma 3,2 km, di pulau ini ternyata tidak kalah elok dibandingkan tempat-tempat lain di Nusantara. Sayangnya, belum banyak penginapan yang dapat ditemukan di kawasan ini.

Lokasi Pulau Miangas

Seperti diutarakan di atas, Pulau Miangas secara administratif berada di Desa Miangas, Kecamatan Nunusa, Kabupaten Kepulauan Talaud, Sulawesi Utara. Meski termasuk wilayah Indonesia, nyatanya lokasi Pulau Miangas lebih dekat dengan negara tetangga, Filipina, yang berjarak sekitar 48 mil. Sementara, titik terdekat dari Indonesia adalah Melonguane yang berselang 110 mil, sedangkan perjalanan dari Manado malah lebih jauh, sekitar 320 mil.

Berlokasi lebih dekat dengan Filipina, membuat pulau ini seringkali dijadikan tempat penyelundupan barang, narkotika, senjata, hingga manusia. Pencurian ikan oleh nelayan Filipina juga kerap terjadi di sekitar wilayah tersebut. Masalah lainnya adalah berbatasan dengan Davau dan Mindanao, daerah di Filipina yang rawan dengan berbagai konflik,[1] terutama masalah agama.

Karena letaknya yang sangat jauh, untuk menuju Pulau Miangas memang membutuhkan perjuangan yang tidak gampang. Pasalnya, tidak setiap hari ada kapal yang menyinggahi pulau dengan jumlah penduduk cuma 775 jiwa tersebut (data BPS tahun 2015). Namun, dengan kondisi ini, akan menjadi tantangan tersendiri bagi traveler yang mengaku sebagai petualang sejati.

Sekadar , kapal yang melayani tujuan Pulau Miangas dari Pelabuhan Karatung biasanya berangkat dua kali dalam sebulan, dalam durasi waktu sekitar tiga hingga empat hari, melewati beberapa pelabuhan seperti Pelabuhan Tahuna, Pelabunan Siau, dan Pelabuhan Lirung. Pelabuhan Karatung ini dapat Anda capai setelah melakukan perjalanan sekitar 3 jam berkendara dari Bandara Sam Ratulangi di Manado.

Untungnya, pada tahun 2016 lalu, pulau ini sudah memiliki bandara, hampir berbarengan dengan pelabuhan udara di Pulau Anambas. Dibangun dengan dana sekitar Rp320 miliar, bandara ini punya landasan pacu atau runway sepanjang 1.400 x 30 meter, yang bisa disinggahi pesawat jenis ATR-72. Selain itu, juga punya runway strip ukuran 1.400 x 150 m dan apron yang mampu menampung tiga pesawat terbang.

Lihat Juga:   Menikmati Indahnya Sunrise dan Sunset di Pantai Kondang Merak

Saat ini, baru satu maskapai yang melayani penerbangan rute Miangas, yakni Wings Air. Anak usaha Lion Air Group tersebut resmi terbang ke Miangas dari Manado melalui Melonguane mulai awal tahun 2017 lalu. Sayangnya, frekuensi penerbangan yang dilayani Wings Air untuk rute Manado-Miangas masih sangat minim, yakni cuma satu kali penerbangan dalam satu minggu.

Bandara Pulau Miangas - www.boombastis.com
Bandara Pulau Miangas – www.boombastis.com

Wisata di Pulau Miangas

Merupakan salah satu pulau terluar Indonesia, kondisi alam Pulau Miangas masih asri dan indah sebagai potensi wisata yang bisa dikembangkan. Pada beberapa tempat, terdapat rawa-rawa yang ditumbuhi sejenis tanaman talas atau bentul (laluga) dan sagu. Sebelum mengenal beras, tanaman alami ini sudah menjadi makanan asli penduduk Miangas. Laluga juga menjadi cadangan pangan saat kapal laut tidak dapatmencapai Miangas karena cuaca buruk (biasanya September hingga Januari).

Pulau yang juga bernama Pulau Melangis dan Pulau Polmas (banyak pohon kelapa) ini memiliki beberapa spot wisata alam yang kece dan menarik didatangi. Salah satu yang sedang hits adalah Tanjung Wora. Kawasan ini menjadi populer setelah Presiden Indonesia, JokoWidodo, menyempatkan cuci muka di tersebut ketika melakukan kunjungan ke Pulau Miangas pada tahun 2019 lalu.

Tanjung Wora atau Pantai Wora terletak di ujung selatan pulau, dengan pemandangan yang memang sangat cantik. Kawasan ini sendiri berbentuk pulau karang. Di antara pulau karang tersebut dan Pulau Miangas, terdapat area pasang surut atau Pantai Wora. Ada sebuah tiang bendera yang dipasang di pantai ini. Di bawahnya, terdapat sebuah kolam kecil buatan, tempat Presiden Jokowi mencuci muka.

Lihat Juga:   Wisma Jampea, Tawarkan Kamar Rp120 Ribuan di Makassar

Kondisi pantai ini penuh dengan karang, dengan sedikit pasir putih di sekitar talud. Maklum saja, karena merupakan daerah pasang surut, sehingga pelancong hanya bisa turun ke tempat ini pada saat air sedang surut. Meski surut, gelombang di pantai kiri tanjung menghantam keras, sedangkan di sisi kanan tanjung cukup tenang. Angin yang berembus kencang bisa membuat bibir Anda terasa asin.

Spot wisata alam lainnya yang dapat Anda datangi ketika berlibur ke Pulau Miangas adalah Pantai Racuna. Di pantai ini, terdapat Tugu NKRI sebagai penanda tapal batas, dengan area pasir putih yang sangat luas serta gradasi air laut yang sungguh memesona. Jika cuaca sedang cerah, Anda dapat menikmati keindahan gradasi air laut dari biru muda ke hijau toska yang berpadu manis dengan putihnya pasir.

Masih seputar pantai, Anda juga bisa berwisata ke Pantai Kubbu, yang cuma berjarak sekitar 550 meter dari Pantai Racuna. Belum puas? Sederet pantai anggun lainnya tidak sabar menanti, seperti Pantai Tanjung Langinatundu, Pantai Lawasa, Pantai Mariu, Pantai Ropapa, Pantai Aba’a, Pantai Merra dengan pasir putih memanjang, Pantai Larawa dengan terapung, Tanjung Liwua, Tanjung Langana, Tanjung Wolo dengan gua eksotisnya, hingga Tanjung Panci yang menjadi spot favorit untuk memancing.

Penginapan Lia & Angel Pulau Miangas - @yusak rumbewas79
Lia & Angel Pulau Miangas – @yusak rumbewas79

Penginapan di Pulau Miangas

Sayangnya, pendukung di Pulau Miangas, seperti penginapan, belum begitu baik. Jika Anda menelusuri Google Maps, mungkin hanya ada satu akomodasi yang bisa ditemukan, yakni Penginapan Lia & Angel. Tampil sederhana khas rumah penduduk kebanyakan, akomodasi ini memang cuma memiliki seadanya, bahkan sumber air harus menunggu giliran. Mengenai , bisa ditanyakan langsung ke pengelola via nomor ponsel 0821 9642 8983.

[1] Setiawan, Heru Dian. 2017. Analisis Kebijakan dalam Mengamankan Pulau Miangas Provinsi Sulawesi Utara. Jurnal Sosial dan Humaniora (Populis) Vol. 2(4): 509-524.




Be the first to comment

Tinggalkan Balasan