Update Harga Penginapan di Banjarbaru, Kalimantan Selatan




Tugu Simpang Empat Banjarbaru (sumber: tribunnews)
Tugu Simpang Empat Banjarbaru (sumber: tribunnews)

Bagi Anda yang ingin berlibur ke Banjarbaru, Kalimantan Selatan, pastikan Anda sudah menemukan akomodasi yang tepat. Meskipun ini tidak terlalu besar, sudah ada beberapa penginapan yang bisa Anda sewa. Kebanyakan tempat inap di daerah ini menawarkan fasilitas yang lengkap dengan sesuai kamarnya. 

Sebelum mengetahui akomodasi yang ada di Banjarbaru, Anda perlu mengetahui seluk beluk kota ini. Banjarbaru merupakan sebuah kota administratif yang dimekarkan dari Kabupaten Banjar. Peresmian kota ini terjadi pada 20 April 1999, yang mencakup lima kecamatan, antara lain Banjarbaru Selatan, Banjarbaru Utara, Cempaka, Landasan Ulin, dan Liang Anggang. Suku-suku yang tinggal di Kota Banjarbaru di antaranya Suku Banjar, Bugis, Jawa, Melayu, Dayak, Madura, Mandar, dan Bakumpai.

Sehari-hari, Kota Banjarbaru banyak menerima pendatang dari luar daerah untuk berbagai keperluan, di antaranya urusan pemerintahan, pendidikan, dan bisnis. Pasalnya, tempat di Kota Banjarbaru memang belum banyak tersedia. Sejauh ini, tempat wisata yang tersedia dan tersohor adalah Lambung Mangkurat dan Pendulangan Intan Cempaka.

Namun, apabila Anda datang ke Banjarbaru, Anda masih bisa untuk mengunjungi tempat-tempat wisata di dekatnya, seperti di Kota Banjarmasin dan Kabupaten Banjar yang terkenal dengan aneka ragam tempat wisata budaya, alam, , belanja, dan kuliner. Nah, bagi Anda yang sedang memiliki rencana untuk mengunjungi Kota Banjarbaru, berikut referensi tempat di Banjarbaru.

Penginapan Cahaya Rahman Guest House Syariah Banjarbaru

Penginapan Cahaya Rahman Guest House Syariah Banjarbaru (google street view)
Penginapan Cahaya Rahman Guest House Syariah Banjarbaru (google street view)

Ini merupakan akomodasi yang terletak di Jl. Pangeran Suriansyah Ujung No. 24CR, Loktabat Utara, Kota Banjar Baru, Kalimantan Selatan. Penginapan ini memiliki konsep hunian sederhana yang nyaman. Area parkirnya berada di dekat pintu pagar samping teras. Sementara itu, teras dilengkapi dengan taman kecil dan kursi untuk bersantai.

Memasuki area penginapan, Anda akan menemukan kamar yang berjajar rapi seperti lorong. Setiap kamar di tempat inap ini memiliki teras dengan kursi dan meja di samping pintu. Ada dua jenis kamar tidur yang bisa Anda pilih saat menginap di sini, yakni kamar tidur dengan twin bed dan kamar tidur dengan double bed.

Selain difasilitasi dengan tempat tidur, kamar-kamar ini juga dilengkapi dengan AC, TV, lemari pakaian, lemari penyimpanan, dan set meja rias. Di bagian pojok kamar, tersedia kamar mandi yang dibekali shower air panas, WC duduk, wastafel, bak air, dan tempat gantungan baju. 

Tak jauh dari kamar, Anda akan menemukan dapur sekaligus ruang makan. Dapur ini terbilang luas dengan fasilitas berupa peralatan masak lengkap, termasuk lemari pendingin, kompor dan gas. Bagi Anda yang malas memasak sendiri untuk keperluan konsumsi, pihak penginapan juga menyediakan layanan catering. Selain itu, ada layanan laundry dan antar-jemput bandara yang bisa Anda pakai sewaktu-waktu.

Menurut review pengunjung, sewa kamar di Penginapan Cahaya Rahman Guest House Syariah Banjarbaru berkisar Rp129 ribuan hingga Rp150 ribuan per malam. Reservasi bisa Anda lakukan secara langsung, melalui situs online, atau melalui telepon di nomor 0851 0455 4999.

Hotel Batung Batulis

Hotel Batung Batulis (sumber: jejakrekam.com)
Hotel Batung Batulis (sumber: jejakrekam.com)

Penginapan ini berada di Jl. Ahmad Yani KM. 36,5, Loktabat Selatan, Kec. Martapura, Kota Banjarbaru, Kalimantan Selatan. Hotel Batung Batulis memiliki konsep hunian sederhana dan nyaman. Selain itu, hotel ini terbilang cukup asri, karena di setiap ruangan terdapat pot bunga dan beberapa macam tumbuhan berdaun.

Bagian depan penginapan adalah lobby yang terhubung dengan area bersantai. Ruang ini terbilang cukup luas dan nyaman dengan fasilitas berupa kursi malas, meja, AC, dan majalah terkini. Anda bisa menjadikannya sebagai tempat nongkrong atau lokasi menunggu proses reservasi.

Di bagian belakang tempat bersantai, ada tangga khusus menuju kamar. Kamar-kamar ini terletak di lantai dua dan membentuk lorong. Setiap kamar memiliki balkon dan tempat bersantai kecil dengan kursi dan meja rotan. Selain itu, kamar-kamar ini dilengkapi perabotan kamar, di antaranya AC, TV, lemari pendingin, lemari pakaian, telepon dan tempat menjemur pakaian. Ada juga kamar mandi pribadi yang didukung dengan WC duduk, shower air hangat, bak mandi, dan gantungan pakaian.

Ada dua jenis kamar yang bisa Anda pilih, yakni kamar dengan twin bed dan kamar dengan double bed. Menurut pelancong yang pernah menginap di hotel ini, tamu perlu membayar sewa kamar sekitar Rp245 ribuan per malam. Harga ini sudah termasuk snack dan sarapan. Reservasi bisa Anda lakukan secara langsung atau menghubungi telepon di nomor (0511) 4772451.

Al-Anwari Hotel

Al-Anwari Hotel (sumber: pegipegi)
Al-Anwari Hotel (sumber: pegipegi)

Hotel ini terletak di Jl. Delima No. 2, Kel. Guntung Paikat, Banjarbaru, Kalimantan Selatan. Akomodasi ini terbilang minimalis, tetapi nyaman dan berfasilitas lengkap. Bagi Anda yang membawa kendaraan pribadi, Anda bisa memarkirnya di bagian samping gedung.

Memasuki area hotel, Anda akan menemukan lobby yang terhubung dengan ruang tunggu. Di samping area ini, ada tangga menuju kamar. Kamar-kamarnya dilengkapi dengan Wifi, AC, TV, tempat tidur, dan set meja rias. Ada juga kamar mandi pribadi dengan fasilitas berupa shower air panas, bak air, WC duduk, dan cermin. Selain itu, kamar ini memiliki jendela sebagai ventilasi udara yang menghadap ke luar hotel dengan pemandangan taman dan jalan.

Bagi Anda yang tertarik untuk bermalam di Al-Anwari Hotel, Anda harus membayar tarif sewa kamar mulai Rp200 ribu hingga Rp325 ribu per malam. Tarif ini sudah termasuk sarapan dan snack. Reservasi bisa Anda lakukan secara langsung di lokasi atau melalui situs booking online.

Penginapan Lainnya di Banjarbaru

Ilustrasi: kamar hotel di Banjarbaru (sumber: pegipegi)
Ilustrasi: kamar hotel di Banjarbaru (sumber: pegipegi)
Nama PenginapanAlamat/TeleponTarif per Malam (Rp)
Hotel Montana Syariah BanjarbaruJl. Nangka No. 3, Banjarbaru, Kalimantan Selatan

Telp.  (0511) 4781010

Mulai 400.000
Hotel Permata InnJl. A. Yani KM.34 No.1, Banjarbaru, Kalimantan Selatan

Telp. (0283) 6191309

Mulai 319.169
Q Grand Dafam SyariahJl. A. Yani KM 36, 8, Banjarbaru, Kalimantan Selatan

Telp. (0511) 4770099

Mulai 463.369
Hotel RodithaJl. A. Yani KM 36, Banjarbaru, Kalimantan Selatan

Telp. 0822 5317 3456

Mulai 440.000
Zaffa Guest House BanjarbaruJl. Kasturi 1, Banjarbaru, Kalimantan Selatan

Telp. 0851 0481 3111

Mulai 500.000

Perlu Anda ketahui, harga sewa kamar di tiap penginapan di atas tidak terikat dan bisa berubah sewaktu-waktu, sesuai kebijakan pengelola. Sebagai perbandingan, pada beberapa tahun lalu, biaya sewa kamar di Hotel Roditha mulai Rp462 ribu dan kini menjadi Rp463 ribuan per malam. Sementara itu, harga sewa kamar di Q Grand Dafam Syariah yang semula mulai Rp750 ribuan menjadi Rp463 ribuan per malam.

[Update: Almas]

Lihat Juga:   4 Akomodasi Penginapan Populer di Pantai Kukup, Yogyakarta




Be the first to comment

Tinggalkan Balasan