Pasar Beringharjo Yogyakarta, Spot Terbaik Berburu Batik

Pasar Beringharjo Yogyakarta - www.kompasiana.com

tak hanya terkenal akan keindahan dan wisata saja. Di sini, Anda juga bisa berbelanja barang unik dengan yang relatif miring. Dan, salah satu tempat berbelanja di Yogyakarta yang termasuk kategori ini adalah Pasar Beringharjo.

Pasar Beringharjo Yogyakarta - www.kompasiana.com

Pasar Beringharjo Yogyakarta – www.kompasiana.com

 

Pasar Beringharjo beralamat di Jalan Pabringan No. 1, Yogyakarta. Awalnya, wilayah pasar ini merupakan hutan beringin. Tidak lama setelah Kraton Yogyakarta berdiri (tahun 1758), wilayah ini kemudian disulap menjadi tempat transaksi ekonomi oleh warga Yogyakarta dan sekitarnya. Ratusan tahun kemudian, atau tepatnya tanggal 24 Maret 1925, Kraton Yogyakarta menugaskan Nederlansch Indisch Beton Maatschappij (Perusahaan Beton Hindia Belanda) untuk membangun los-los pasar.

Nama Beringharjo sendiri diberikan setelah Sri Sultan Hamengku Buwono VIII bertahta. Nama Beringharjo dipilih karena memiliki arti wilayah yang semula hutan beringin (bering) yang diharapkan dapat memberikan kesejahteraan (harjo). Pemilihan nama Beringharjo dinilai tepat karena pasar merupakan bekas hutan beringin dan pohon beringin merupakan lambang kebesaran dan pengayoman bagi banyak orang.

Pasar Beringharjo memiliki nilai dan filosofis dengan Kraton Yogyakarta karena telah melewati tiga fase, yakni masa kerajaan, penjajahan, dan kemerdekaan. Pembangunan Pasar Beringharjo merupakan salah satu bagian dari rancang bangun pola tata kota Kesultanan Yogyakarta yang disebut Catur Tunggal.

Ciri khas pasar ini dapat dilihat dari interior bangunan yang merupakan perpaduan antara arsitektur kolonial dan tradisional Jawa. Secara umum, Pasar Beringharjo terdiri dari dua bangunan yang terpisah, yaitu bagian barat dan bagian timur. Bangunan utama di bagian barat terdiri dari dua lantai, sedangkan bangunan yang kedua di bagian timur terdiri dari tiga lantai. Pintu masuk utama pasar ini terletak di bagian barat, tepat menghadap Jalan Malioboro.

Pada tahun 2013 lalu, Pasar Beringharjo disebut sebagai pasar terbaik nasional. Saat ini, pasar tersebut terdiri dari empat lantai dengan lantai 1 menyediakan koleksi , pakaian jadi, chiffon, hingga katun. Lantai 2 menyediakan bahan dasar jamu dan rempah-rempah herbal, lantai 3 tempat berjualan kerajinan antik, dan lantai 4 merupakan tempat kerajinan tangan, termasuk anyaman dan perkakas tradisional, serta buah dan sayur.

Jika ingin berburu batik, pasar ini merupakan tempat terbaik karena koleksi batik yang sangat lengkap. Di samping itu, pasar ini juga menjadi spot menarik untuk berburu barang antik, mulai mesin ketik tua, helm buatan tahun 1960-an, dan sebagainya. Di lantai paling atas, juga tersedia barang bekas berkualitas impor, seperti sepatu, tas, dan pakaian.

Lihat Juga:   Danau Ronggojalu, Wisata Alam Murah dan Menyegarkan di Probolinggo

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Anda dapat menggunakan tag dan atribut HTML: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>