Pantai Tangsi, Pantai dengan Pasir Berwarna Pink di Lombok




pantai tangsi - lombok.panduanwisata.id

Berbicara mengenai di Lombok, pasti orang tak bakal jauh-jauh dari Gili Trawangan. Padahal, yang berada di wilayah Provinsi Nusa Tenggara Barat tersebut juga memiliki banyak wisata lain yang tak kalah menarik, salah satunya Tangsi.

pantai tangsi - lombok.panduanwisata.id
pantai tangsi – .panduanwisata.id

 

Pantai Tangsi terletak di Desa Sekaroh, Kecamatan Jerowaru, Kabupaten Lombok Timur. Pantai ini merupakan salah satu dari tujuh pantai di dunia yang memiliki pasir berwarna pink dan satu dari dua pantai di Indonesia yang mempunyai pasir berwarna merah muda, selain Pantai Pink yang ada di Flores, Nusa Tenggara Timur.

Warna pink pada pasir pantai ini terbentuk karena butir-butir asli warna putih pasir bercampur dengan serpihan karang merah muda. Bias sinar dan terpaan air kemudian semakin menambah jelas warna pink pada pasir pantai ini. Pantai ini begitu tenang dan hanya memiliki ombak yang kecil sehingga wisatawan dapat bermain dengan nyaman ketika berkunjung ke sana, seperti snorkeling, memancing, dan menyelam.

Selain pasir berwarna pink, Pantai Tangsi juga dikelilingi hamparan bukit di sekelilingnya. Pemandangan Pantai Tangsi yang indah dapat disaksikan di padang rumput yang berada di sisi kiri bukit. Selain itu, terdapat juga tanjung eksotis yang berada di sisi kanan dengan gazebo yang memang disediakan untuk wisatawan.

Untuk bisa mencapai pantai indah ini, wisatawan dapat melewati rute dari Kota Mataram menuju Pantai Tanjung Ringgit karena letaknya berdekatan. Namun, karena jalanan yang masih rusak dan berlubang, pengunjung memerlukan waktu sekitar 2 jam berkendara untuk tiba di pantai ini. Pintu masuk Pantai Tangsi berada sekitar 1 km sebelum memasuki Pantai Tanjung Ringgit dengan sebuah rambu yang bertuliskan “Pantai Pink 50 m”.

Akses lain untuk menuju pantai ini adalah melewati jalur laut dari pelabuhan kecil di Tanjung Luar. Dengan menumpang perahu dalam perjalan sekitar 1 jam, wisatawan juga dapat berhenti di beberapa destinasi yang indah, seperti Pulau Pasir, Pantai Pink 2, Gili Petelu, Pantai Semangkok, dan tentu saja Pantai Pink.

Sayangnya, hingga saat ini, belum didirikan akomodasi di sekitar area Pantai Tangsi. Wisatawan hanya akan menemukan nelayan yang menawarkan sewa perahu untuk mengelilingi pulau kecil dan beberapa orang yang menjajakan aneka .

Lihat Juga:   Tempat Wisata Pantai di Padang Panjang, Sumatera Barat




Be the first to comment

Tinggalkan Balasan