Info Terkini Fasilitas dan Harga Tiket Pantai Olo Belawan




Senja di Pantai Olo Belawan (google: Alandani Sitepu)
Senja di Pantai Olo Belawan (google: Alandani Sitepu)

selama ini merupakan salah satu di yang mengandalkan sejumlah landmark menarik yang sarat akan sejarah sebagai suguhan wisata kepada para pelancong. Namun, tidak cuma landmark sejarah macam Istana Maimun atau Rumah Tjong A Fie, ibukota Sumatera Utara ini juga punya segudang wisata alam yang menakjubkan, salah satunya Pantai Olo.

Rute ke Pantai Olo Belawan

Pantai Olo berlokasi di Kota Belawan yang sangat cocok dijadikan destinasi wisata pada saat akhir pekan atau musim . Belawan sendiri merupakan kota pelabuhan yang secara administratif masih berada di kawasan Kota Medan. Layaknya kota pelabuhan lainnya, Belawan menawarkan pesona bahari sebagai wisata unggulan, termasuk Pantai Olo.

Lebih populer sebagai Pantai Ocean Pacific, masyarakat setempat memang lebih mengenal pantai ini dengan sebutan Pantai Olo. Karena itu, tidak mengherankan jika Anda akan menemui kesulitan ketika menyebut Pantai Ocean Pacific kepada masyarakat sekitar. Penamaan Pantai Olo konon karena pantai tersebut dibangun pertama kali oleh seseorang yang bernama Olo Panggabean.

Untuk menuju pantai Olo, jika Anda berangkat dari Medan, Anda bisa bertolak dari Kantor Pos Pusat menuju Jalan Yos Sudarso. Setelah sampai di Belawan, Anda akan menemukan persimpangan dan cukup ambil ke arah kiri untuk menuju Pelabuhan Belawan. Dari pelabuhan ini, perjalanan dilanjutkan dengan menumpang kapal untuk menuju Pantai Ocean Pacific atau Pantai Olo dengan lama perjalanan sekitar satu jam.

Pantai Olo Belawan - travel.detik.com
Pantai Olo Belawan – travel.detik.com

Pantai Olo Belawan

Ketika masuk ke kawasan pantai, aroma air laut langsung terasa dibawa angin yang berembus dan terasa menyejukkan. Kawasan spot wisata ini sendiri cukup luas dengan pinggiran pantai yang diberi beton sehingga menyisakan pantai berbentuk kolam dengan air yang tenang. Meski air kolam ini masih terhubung dengan laut, tetapi wisatawan dapat berenang dengan tenang dan aman di kolam tersebut.

Sementara, di pinggiran pantai yang berbatasan dengan beton, disediakan bangku-bangku berderet, sehingga pelancong dapat duduk bersantai sambil memandangi laut lepas nan luas dan indah atau melihat kapal-kapal nelayan yang berlalu-lalang. Bagi mereka yang hobi memancing, juga bisa menyalurkan kegemaran mereka tersebut di pantai ini.

Selain aktivitas mengasyikkan, beberapa fasilitas lain yang telah disediakan di Pantai Olo adalah restoran dengan hidangan seafood yang segar plus live music, taman bermain anak, hingga sarana bermain bebek air. Sayangnya, setelah pemiliknya, Olo Panggabean, meninggal dunia, kondisi beberapa fasilitas di pantai tersebut tidak terawat, bahkan wahana permainan seperti ayunan sudah mulai rusak. Yang lebih disayangkan, pantai ini konon sudah tercemar sampah.

Harga Pantai Olo Belawan

Bagi Anda yang berniat melakukan kunjungan ke Pantai Olo di Belawan, Anda cukup merogoh kocek sebesar Rp10.000 jika Anda membawa kendaraan sepeda motor, masih sama dengan tahun sebelumnya. Sementara, bagi wisatawan yang berkunjung dengan berkendara mobil, dikenakan tiket masuk dengan tarif mulai Rp15.000 per kendaraan, sedikit turun dari tahun sebelumnya yang sebesar Rp20 ribuan.

Pantai Olo Belawan (google: lamhot aritonang)
Pantai Olo Belawan (google: lamhot aritonang)

Penginapan Dekat Pantai Olo Belawan

Menurut penjaga tempat ini, Pantai Olo dulunya masih memiliki banyak restoran besar yang menawarkan olahan seafood segar dan hotel sebagai tempat untuk menginap para pengunjung. Namun, seiring dengan waktu, restoran dan penginapan sudah banyak yang tidak beroperasi di Pantai Olo, karena pengunjung belakangan ini lebih banyak yang datang sambil membawa bekal sendiri dan memilih langsung pulang.

Jika Anda membutuhkan penginapan, Anda bisa mencarinya di Kota Belawan atau Medan karena Pantai Olo memang tidak jauh dari kedua tempat tersebut. Ada banyak tipe yang dapat Anda pilih, termasuk hotel. Berikut beberapa penginapan dengan harga murah yang bisa dijadikan alternatif tempat menginap ketika berkunjung ke Pantai Olo.

Hotel Pardede Belawan

Akomodasi ini beralamat di Belawan II, Kota Medan. Menurut review para tamu yang pernah menginap di tempat ini, Hotel Pardede merupakan penginapan yang bersih, nyaman, dan dekat dengan pelabuhan. Untuk informasi lebih lanjut mengenai penginapan ini, termasuk tarif , Anda bisa mendapatkannya dengan datang langsung ke penginapan yang bersangkutan.

Budi Hotel

Budi Hotel Belawan (google: ARUL BUDIMAN)
Budi Hotel Belawan (google: ARUL BUDIMAN)

Penginapan ini berlokasi di Jalan Veteran No. 160-162, Belawan I, Kota Medan. Budi Hotel merupakan salah satu akomodasi sederhana, terutama dari desain arsitektur bangunannya, dan menawarkan fasilitas yang terbilang standar. Untuk kamar maupun informasi tarif hotel, Anda bisa langsung menghubungi nomor telepon (061) 6941003. Menurut review beberapa tamu, biaya sewanya termasuk murah.

Permata Inn

Permata Inn Medan - www.booking.com
Permata Inn Medan – www.booking.com

Tempat inap ini berada di Jalan Guru Patimpus No. 53, Silalas, Medan Barat. Permata Inn hanya berjarak sekitar 10 menit berjalan kaki dari Plaza Medan Fair dan 15 menit berjalan kaki dari pasar tradisional serta pujasera. Sementara, Stasiun Medan berselang 1,13 km dari properti, sedangkan jarak antara akomodasi dan Universitas Sumatera Utara hanya 3,56 km.

Setiap kamar di Permata In telah dilengkapi dengan kamar mandi pribadi atau kamar mandi bersama. Selain itu, area parkir gratis juga tersedia di properti, selain terdapat juga TV layar datar. Jika ingin menginap, kamar paling murah disewakan dengan tarif mulai Rp110 ribuan per malam, sedikit naik dari tahun sebelumnya yang sekitar Rp90 ribuan per malam. Pemesanan dapat dilakukan melalui nomor ponsel 0823 0439 2108 atau beberapa situs booking online.

Amelia 2 Guest House

Amelia 2 Guest House Medan - www.booking.com
Amelia 2 Guest House Medan – www.booking.com

Penginapan ini terletak di Jalan AH Nasution, Gang Karya 9 No. 7, Medan. Amelia 2 Gust House sangat mudah dijangkau oleh semua kendaraan dan dekat dengan pusat perbelanjaan, airport shuttle bus, serta Bandara Internasional Kualanamu. Jika wisatawan hendak liburan ke Masjid Raya Medan dan Istana Maimun, jarak dari akomodasi cuma berselang 3,8 km.

Fasilitas yang disediakan di penginapan ini mencakup akses Wi-Fi gratis di tempat umum, internet di dalam kamar, hingga area tempat duduk. Tarif kamar tipe Standard sekarang mulai Rp100 ribuan per malam (tahun lalu Rp80 ribuan), sedangkan biaya sewa kamar tipe VIP mulai Rp150 ribuan per malam (tahun lalu Rp120 ribuan). Jika tertarik, Anda bisa melakukan reservasi melalui nomor ponsel 0852 6105 1384. 

Lihat Juga:   Curug Kenthongan, Air Terjun Unik di Kawasan Wana Wisata Sekipan Tawangmangu




Be the first to comment

Tinggalkan Balasan