Jatuh Cinta Berkali-kali dengan Ombak Pantai Nembrala Rote, Tempat Selancar Kelas Dunia!




Pantai Nembrala Rote - www.idntimes.com
Pantai Nembrala Rote - www.idntimes.com

Tak hanya Pulau Dewata Bali yang dengan keindahan pantainya. Wilayah laut di NTT, salah satunya Nemberala di Rote Ndao juga terkenal sebagai selancar kelas dunia.[1] dengan daya tarik pasir putih memang selalu memukau pengunjung. Terlebih gulungan ombak yang akan membuat Anda pasti berdecak kagum melihatnya.

Jika tidak percaya, Anda boleh datang pada setiap musim ombak, tepatnya bulan Agustus hingga Oktober. Pasalnya, di Pantai Nembrala dan Bo’a biasanya juga diadakan event olahraga surfing, baik regional maupun berkelas internasional. Siapa tahu Anda juga ingin bergabung atau sekadar menikmati kompetisi para peselancar profesional dari berbagai negara.

Dinamakan Pantai Nembrala karena juga terletak di Desa Nembrala, Kecamatan Rote Barat, Nusa Tenggara Timur. Untuk dapat menikmati nirwana di Pulau Rote tersebut, Anda dapat menempuh sejumlah baik lewat udara maupun lautnya. Berikut menuju Pulau Rote yang dapat dijadikan referensi saat hendak berlibur ke Pantai Nembrala.

Rute dan Menuju Pantai Nembrala

Jalur laut
Anda dapat memilih kapal ferry atau speedboat sesuai kebutuhan. Kapal speed boat akan membawa Anda lebih cepat sampai ke Pantai Nembrala dengan jam pemberangkatan dari Pelabuhan Bolok, Kupang mulai 08.00 WITA. Jika kondisi cuaca mendukung, Anda akan sampai dengan 4 jam .

Lalu, berapa kira-kira Anda harus membayar biaya penyeberangan kapal ferry reguler Kupang-Rote? kapal terbilang terjangkau mulai Rp54 ribuan per orang. Nah, bagi Anda yang membawa kendaraan bermotor dari Kupang, maka harus dikenai tambahan biaya yakni Rp116 ribu. Biaya tersebut dibayarkan untuk 1 orang dengan 1 sepeda motor.

Lihat Juga:   Lokasi Wisata Wahana Permainan Air Seru & Menarik di Bandung
Pantai Nembrala Rote - www.tripadvisor.co.id
Pantai Nembrala Rote – www.tripadvisor.co.id

Bagi Anda yang sudah tak sabar ingin menikmati panorama Pantai Nembrala, tentu kapal speed boat menjadi pilihan yang tepat dengan perjalanan sekitar 1,5 – 2 jam saja. Biaya tiket kapalnya tentu lebih mahal dari kapal ferry, yakni sebesar Rp160 ribu untuk kelas ekonomi dan Rp190 ribu untuk kelas bisnisnya.

Sesampainya di Pelabuhan Pantai Baru (Rote Ndao) Anda dapat melanjutkan perjalanan menuju Ba’a atau dikenal sebagai pusat Pulau Rote. Jarak tempuh dari Pelabuhan Pantai Baru menuju Ba’a yaitu sekitar 45 menit. Dari Ba’a menuju Pantai Nembrala berjarak 30 km, Anda dapat memakai jasa travel atau bus dengan ongkos sekitar Rp50 ribu – Rp100 ribu.

Jalur udara
Anda dapat memakai pesawat dari El Tari Kupang menuju Lekunik Rote menggunakan maskapai yang melayani rute Kupang-Rote-Kupang. Beberapa maskapai di antaranya, Trans Nusa dan Susi Air dengan biaya penerbangan kisaran Rp200 ribu – Rp300 ribu.

Ombak pantainya yang terbilang tinggi, membuat Anda harus ekstra hati-hati khususnya jika membawa anak-anak. Bila perlu, Anda dapat menyewa alat bantu ban maupun pelampung jika ingin berenang di Pantai Nembrala. Bagi yang tak bisa berenang, tak perlu cemas sebab keindahan pantai ini dapat membayar perjalanan panjang Anda.

Ragam Kegiatan yang Dapat Dilakukan di Pantai Nembrala

Menikmati Sunset dan Budidaya Rumput Laut
Tak hanya sebagai tempat selancar kelas dunia, Pantai Nembrala ternyata dikenal sebagai penghasil rumput laut terbesar di Pulau Rote Ndao. Saat menjelang sore hari, Anda juga dapat menyaksikan keindahan momen matahari tenggelam sambil melihat aktivitas para petani rumput laut yang semakin menambah keelokan Pantai Nembrala.

Lihat Juga:   Ollino Garden Hotel Malang, Akomodasi Bintang 3 Cocok untuk Bisnis
Pantai Nembrala Rote - www.pegipegi.com
Pantai Nembrala Rote – www.pegipegi.com

Berjemur dan Menyelam
Bagi Anda yang belum ahli berselancar, rasanya mencoba menyelam di dasar laut Pantai Nembrala juga dapat dicoba. Warna biru air lautnya pasti akan memancing Anda menyusuri keindahan biota laut di dalamnya. Pantai Nembrala begitu bersih dan terjaga tentunya Anda dapat memandangi keindahan viewnya dengan sekadar berjemur di pinggir pantai hingga menunggu sunset tiba. Belum lagi kapal nelayan yang berjejer menambah lengkap pemandangan Pantai Nembrala Rote.

Menjelajahi Pantai Nembrala
Nah, Anda yang gemar berpetualang sudah dipastikan akan semakin penasaran menyusuri Pantai Kuta-nya Pulau Rote ini. Tak ada salahnya menyewa perahu-perahu nelayan untuk mengunjungi pulau-pulau kecil yang terdapat di sekitar pantai, seperti Pulau Donna, Do’o dan N’Doa. Anda juga dapat menambah wawasan mengenai cara hidup tradisional dan budaya penduduk setempat yang unik dan menarik, seperti berkunjung ke kampung tenun dan rumah Raja Rote.

Perlu diketahui, waktu yang tepat untuk berkunjung ke Pantai Nembrala adalah mulai bulan April sampai pertengahan bulan Oktober. Ada baiknya, Anda juga memesan penginapan dan penyewaan mobil untuk memudahkan aktivitas selama berada di sana.

[1] Burhanuddin, Andi Iqbal, Mewujudkan Poros Maritim Dunia ( : Deepublish, 2015), hlm 82.




Be the first to comment

Tinggalkan Balasan