Pantai Muara Kintap, Pantai Nge-Hits di Kabupaten Tanah Laut dengan ‘Ayunan Jomblo’

Pantai Muara Kintap - zainalhakimmsc.blogspot.co.id

Pantai Muara Kintap terletak di Desa Kintap, Muara Kintap, Kabupaten Tanah Laut, Provinsi , 70883. Jika ingin mengunjungi Pantai Muara Kintap, Anda memang harus sedikit bersusah payah. Pasalnya jarak Pantai Muara Kintap cukup jauh dari Banjarmasin, yakni sekitar 150 km atau sekitar 11 km dari Simpang 4 Muara Kintap. Anda baru dapat mencapai Pantai Muara Kintap setelah melalui perjalanan panjang kurang lebih selama 3 jam. Namun tenang saja, sebab akses jalan menuju Pantai Muara Kintap sudah dibangun cukup baik sehingga mudah dilalui oleh kendaraan.

Pantai Muara Kintap - sportourism.id

Pantai Muara Kintap – sportourism.id

Rute yang dapat dilalui jika ingin menuju Pantai Muara Kintap dari Kota Banjarmasin adalah dengan menyusuri jalan menuju Kota Pelaihari. Usai menemukan Pom Bensin Pelaihari dekat bundaran kijang, Anda bisa mengambil kiri jalan untuk menuju ke Jalan Alternatif Jorong. Anda tinggal terus berkendara hingga menemukan pertigaan, lalu pilih lajur kanan menuju kawasan perkantoran Pelaihari.

Setelah menemukan 2 belokan, Anda bisa pilih jalan lurus atau belok ke kiri. Namun menurut yang sudah pernah berwisata ke sana, berbelok kiri merupakan jalan yang lebih cepat menuju Pantai Muara Kintap. Kemudian Anda bisa berbelok kiri mengikuti tulisan ‘Jorong’. Di sekitar Kecamatan Jorong Anda akan menemukan pom bensin pertama yang merupakan titik area apabila Anda ingin ke Pantai Swarangan atau Pantai Asmara.

Anda bisa terus berkendara melewati Desa Muara Asam-Asam, Desa Asam Jaya, Desa Pandan Sari, Desa Kintap Kecil, hingga tiba di gapura bertuliskan ‘Selamat Jalan dan Batas Tanah Laut’. Jika sudah melalui batas tersebut, maka Anda akan segera memasuki wilayah Desa Muara Kintap. Di sebelah kanan jalan nantinya Anda akan melihat tulisan Pelabuhan Muara Kintap. Berkendaralah ke arah sana hingga menemui cabang jalan, kemudian pilih jalan lurus, lalu berbelok ke kanan saat menemui cabang jalan lagi.

Pantai Muara Kintap - zainalhakimmsc.blogspot.co.id

Pantai Muara Kintap – zainalhakimmsc.blogspot.co.id

Selanjutnya Anda tinggal menyusuri jalan lurus hingga bertemu belokan, baru berbeloklah ke kiri. Tidak jauh dari sana Anda sudah memasuki wilayah Pantai Muara Kintap. Di sepanjang jalan dapat Anda manfaatkan untuk camping bersama atau rombongan Anda. Anda juga bisa sekadar nongkrong atau berfoto-foto ria di sana.

Lihat Juga:   Liburan Murah di Singapura, Akhirnya Berujung Bokek :)

Awalnya pantai ini memang kurang begitu dikenal oleh masyarakat. Namun tahun 2016 lalu pemerintah setempat mulai merevitalisasi Pantai Muara Kintap agar layak menjadi destinasi wisata selama berlibur di Pulau Borneo. Pantai Muara Kintap juga tergolong baru karena baru diresmikan oleh pemerintah dari bulan April 2017 lalu. Sejumlah fasilitas pendukung di lokasi Pantai Muara Kintap pun mulai dibangun, misalnya saja seperti toilet umum dan ayunan.

Hah? Ayunan? Yup, di Pantai Muara Kintap Anda bisa mencoba naik ayunan yang dibangun di dekat laut persis seperti ayunan nge-hits di Pantai Ombak Sunset, Gili Trawangan. Ayunan-ayunan yang ada di Pantai Muara Kintap dibangun oleh anggota Karang Taruna setempat untuk menyediakan spot terbaik bagi para turis untuk berfoto dan membagikannya ke media sosial.

Terdapat beberapa ayunan menarik di Pantai Muara Kintap, mulai dari ayunan jomblo dengan tulisan ‘JOMBLO’ besar di bagian atas ayunan, kemudian ayunan bertuliskan ‘Muara Kintap’, hingga ayunan bertuliskan ‘GALAU’. Bagi wisatawan yang datang sendiri atau masih belum memiliki pasangan biasanya beramai-ramai berpose sambil menaiki ayunan jomblo di Pantai Muara Kintap.

Foto-foto ayunan jomblo itulah yang kemudian banyak dibicarakan di media sosial seperti Instagram dan semakin menarik minat banyak pengunjung untuk datang ke Pantai Muara Kintap. Namun jika datang bersama rombongan, biasanya wisatawan akan beramai-ramai berfoto di ayunan Muara Kintap atau ayunan galau.

Lihat Juga:   Potensi Wisata dan Penginapan di Desa Selopanggung, Kediri

Pantai Muara Kintap memiliki ciri khas pasir pantai yang berwarna putih bersih dan ombaknya cukup tenang, sehingga Anda bisa bebas bermain-main air, berenang, atau mencoba water sport yang seru selama berada di Pantai Muara Kintap. Yang lebih menarik, untuk masuk ke Pantai Muara Kintap Anda ternyata tak dikenai masuk alias gratis. Namun untuk kendaraan roda 4 tetap dikenai biaya parkir Rp 10 ribuan. Tak heran jika banyak masyarakat Kalimantan dan wisatawan dari luar kota yang berbondong-bondong mendatangi objek wisata murah meriah satu ini.

Fasilitas yang ada di Pantai Muara Kintap lumayan lengkap. Di sana sudah tersedia pondok-pondok yang disewakan untuk beristirahat bagi para pengunjung dengan antara Rp 10 ribu hingga Rp 20 ribuan. Kemudian ada fasilitas payung-payung pantai yang ditata di pinggir pantai untuk berteduh, permainan banana boat, rental ATV, dan pelampung untuk yang ingin berenang.

Saat musim atau akhir pekan, biasanya Pantai Muara Kintap akan ramai dikunjungi oleh wisatawan. Meski di sana sudah tersedia fasilitas cukup komplit mulai dari toilet hingga sampah. Beberapa wisatawan masih ada yang malas untuk membuang sampah pada tempatnya. Padahal dengan tidak membuang sampah sembarangan, Anda sudah turut berpartisipasi menjaga keindahan dan kelestarian Pantai Muara Kintap.

Dan sayangnya, karena objek wisata eksotis ini masih tergolong baru, masih jarang fasilitas akomodasi atau penginapan yang bisa Anda temukan di area Pantai Muara Kintap. Jika membutuhkan tempat untuk bermalam, Anda bisa membawa tenda sendiri dan berkemah di sekitar pantai atau lebih baik menginap di pusat Kota Banjarmasin saja dan segera kembali ke saat matahari sudah terbenam. Di luar dari itu semua, Pantai Muara Kintap tetap menjadi yang patut untuk dikunjungi saat berlibur.

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Anda dapat menggunakan tag dan atribut HTML: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>