Pantai Laguna, Surga Bahari Tersembunyi di Kawasan Anyer

Pantai Laguna - Tirta Winata

Banten memang dengan objek yang sebagian besar didominasi oleh pantai. Namun selama ini para hanya terfokus menghubungi pantai-pantai yang sudah seperti Pantai Anyer, Pantai Sawarna, Pantai Carita, Pantai Karang Bolong, Pantai Karang Taraje, dan sebagainya. Padahal masih banyak pantai-pantai lain di Banten, khususnya kawasan Anyer yang tak kalah menarik, misalnya seperti Pantai Laguna.

Beberapa dari Anda mungkin masih asing dengan Pantai Laguna. Padahal Pantai Laguna disebut-sebut sebagai salah satu pantai terbaik yang patut untuk Anda kunjungi saat sedang berlibur ke Banten. Pantai Laguna kabarnya masih termasuk dalam kawasan wisata Anyer. Namun sayang belum banyak wisatawan yang melirik pantai satu ini karena konon jalan menuju Pantai Laguna cukup terjal dan sulit dicapai.

Tak heran jika Pantai Laguna Anyer sering disebut-sebut sebagai ‘surga tersembunyi’ di Banten. Pantai yang juga kerap disebut Pantai Laguna Pari ini berada di Desa Caringin, perbatasan antara Kecamatan Labuan dan Carita, Pandeglang. Keberadaan Pantai Laguna memang tidak sepopuler Pantai Carita, Anyer, dan kawan-kawannya. Padahal keindahan dari Pantai Laguna tak boleh Anda pandang sebelah mata.

Pantai Laguna - Tirta Winata

Pantai Laguna – Tirta Winata

Untuk menuju Pantai Laguna Anyer sebenarnya cukup mudah, Anda bisa naik kendaraan pribadi atau naik moda umum. Dari Stasiun Rangkasbitung, Anda dapat naik angkot 01 berwarna merah tujuan Terminal Mandala dengan biaya sekitar Rp 5.000 (referensi tahun 2015). Kemudian dari Terminal Mandala, lanjutkan naik angkot RKS dan turun di Pandeglang dengan Rp 10 ribu. Dari Pandeglang, Anda bisa naik angkot hitam ke arah Pari dengan ongkos sekitar Rp 10 ribuan sampai Rp 20 ribuan.

Jika sudah sampai di Pari, Anda masih harus berjalan kaki beberapa ratus meter untuk sampai ke pantai. Ada lagi alternatif transportasi lainnya yang lebih mudah, yakni dengan naik ojek yang sudah disediakan di sana atau menyewa mobil dari Pandeglang sampai ke Pantai Laguna. Tak perlu bingung, karena patokan Pantai Laguna sebenarnya sangat mudah ditemui.

Lihat Juga:   Dinotyo Homestay, Akomodasi Kapasitas Besar di Batu Tarif Rp700 Ribuan

Anda yang pernah ke kawasan Pantai Anyer pasti sudah tau Coconut Island. Nah, ternyata tidak jauh dari resor tersebut Anda akan menemukan jalan lurus yang sepi, tidak beraspal, namun terdapat gerbang kayunya. Masuk saja ke gerbang tersebut. Jalan terus sekitar 100 meter, maka persis di depan Anda sudah disambut dengan Pantai Laguna. Jika naik kendaraan pribadi seperti motor, maka pastikan bahwa stamina Anda dan kendaraan yang Anda kemudikan benar-benar prima. Sebab jalanan ke Pantai Laguna kabarnya menanjak dan berbatu.

Untuk masuk ke Pantai Laguna, Anda akan dikenai masuk seharga Rp 20 ribu saja per orang. Cukup bukan? Saat sudah tiba di Pantai Laguna, Anda akan takjub karena melihat pemandangan laut di sana yang benar-benar memukau. Tak cukup sampai di situ, karena masih jarang dikunjungi wisatawan, lingkungan di Pantai Laguna kabarnya masih bersih dan terjaga. Oleh sebab itu, bila Anda ke Pantai Laguna, pastikan untuk selalu menjaga kebersihan agar kelestarian pantai ini tetap terjaga.

Sebagian besar wisatawan yang pernah ke Pantai Laguna, rata-rata merasa takjub karena setelah menempuh perjalanan yang cukup melelahkan mereka bakal disambut pemandangan yang benar-benar memanjakan mata. Yup, Pantai Laguna memiliki daratan yang landai dan pasir putih yang halus.

Menariknya lagi, Pantai Laguna berbeda dari pantai-pantai lain yang ada di kawasan Anyer. Seperti yang Anda tahu, pantai-pantai di kawasan Anyer biasanya memiliki air laut yang cenderung gelap dan kotor, namun di Pantai Laguna Anda akan dibuat terkesima dengan air lautnya yang masih berwarna biru.

Pantai Laguna - Tirta Winata

Pantai Laguna – Tirta Winata

Namun sayang Pantai Laguna kurang cocok dijadikan tempat berenang atau snorkeling, sebab ombak di pantai ini cukup besar. Jika Anda ingin berenang mungkin bisa menepi ke sebuah tempat mirip kolam di dekat Pantai Laguna. Di kolam tersebut Anda bisa sekadar berendam atau bermain air.

Lihat Juga:   Villa Sumber Urip, Akomodasi Kapasitas Besar di Batu

Hal lain yang menarik dari Pantai Laguna mungkin sebuah pohon besar yang tumbuh di tengah laut. Ya, pohon tersebut akan terlihat begitu epik jika kondisi air laut sedang pasang. Banyak orang mengabadikan pemandangan pohon di tengah pantai tersebut, sehingga Anda mungkin sudah sering melihat pemandangan ini namun tidak tahu jika lokasinya ternyata berada di Pantai Laguna Anyer.

Di pinggir Pantai Laguna pun tampak kapal-kapal nelayan yang berjejer pulang dari melaut. Jika Anda kelaparan juga tak perlu khawatir, sebab di sekitar Pantai Lagu terdapat warung-warung penjual makanan meskipun jumlahnya terbatas. Hal menarik lainnya, di Pantai Laguna Anda bisa bebas memancing semau Anda. Penduduk setempat kabarnya cukup baik, sehingga bersedia untuk memandu Anda memancing supaya bisa menangkap ikan-ikan yang layak untuk disantap.

Di sana Anda mungkin akan banyak menemukan kepiting. Bahkan ada pula beberapa pemancing di Pantai Laguna Anyer yang berhasil menangkap cumi-cumi berukuran besar. Sementara itu, untuk urusan penginapan sebenarnya ada beberapa akomodasi yang tersedia di kawasan Pantai Laguna Anyer. Namun kabarnya rate atau tarif penginapan di dekat Pantai Laguna Anyer cukup mahal.

Nah, bagi Anda yang ingin berlama-lama atau menginap di Pantai Laguna mungkin bisa mempertimbangkan untuk membawa tenda sendiri. Untuk apa? Tentu saja untuk camping di pantai! Wah, sungguh seru bukan! Jika Anda membawa tenda sendiri, Anda setidaknya dapat menghemat biaya penginapan jika berkunjung ke Pantai Laguna. Tapi jangan lupa untuk membawa perlengkapan berkemah seperti nesting atau kompor untuk memasak dan perlengkapan lainnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Anda dapat menggunakan tag dan atribut HTML: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>