Pantai Kura-Kura Lombok, Tawarkan Spot Berkemah dengan Tarif Terjangkau




Pantai Kura Kura Lombok - sasambotour.com
Pantai Kura Kura Lombok - sasambotour.com

Keindahan Pulau tidak hanya melulu soal Gili Trawangan. Masih ada banyak alam yang indah, khususnya pantai. Nah, salah satu pantai yang saat ini sedang populer dan tidak kalah bagusnya dengan Gili Trawangan adalah Pantai Kura-Kura Lombok. Biasa disebut dengan Pantai Sungkun, banyak mancanegara maupun lokal yang singgah ke ini.

Lokasi dan Rute ke Pantai Kura-Kura Lombok

Untuk menuju Pantai Kura-Kura Lombok, Anda pastinya harus ke Pulau Lombok terlebih dahulu. Lokasi tempat wisata ini berada di Sungkun, Ekas Buana, Jerowaru, Pemongkong, Kabupaten Lombok Timur, Nusa Tenggara Barat. Rute perjalanannya tidak sulit, meskipun Anda perlu melalui yang sedikit berbatu dan berkelok-kelok.

Bagi Anda yang baru saja mendarat di Bandara Lombok International Airport, Anda bisa langsung mengendarai kendaraan bermotor menuju Jl. By Pass Bandara Int. Lombok di arah tenggara. Melewati jalan tersebut, sejauh 1,3 km atau sekitar 4 menit, Anda bisa mengambil arah menuju Jl. Raya Tanak Awu yang akan membawa Anda ke Jl. Sengkol-Mujur.

Lurus saja mengikuti Jl. Sengkol-Mujur, Anda akan sampai di sebuah perempatan dan ambil arah kiri menuju Jl. Kuta Lombok. Ikuti terus jalan tersebut, Anda akan menjumpai perempatan lagi. Ambil arah kiri, lalu lewati jalan tersebut sekitar 20 menit, Anda akan menemukan Jl. Raya Sengkareng. Kemudian, lurus saja hingga Anda menemukan Jl. Keruak yang akan membawa Anda ke Pemongkong.

Melewati Jl. Keruak, ambilah arah menuju Jl. TGH. Moh. Mutawali hingga Anda menemukan perempatan, belok ke arah kanan masih di Jl. TGH. Moh. Mutawali. Ikuti jalan tersebut hingga Anda menemukan pertigaan dan ambil jalan menuju kanan. Lurus saja ikuti jalan tersebut hingga Anda menemukan pertigaan terakhir, belok ke arah kiri maka Anda sudah sampai di tujuan.

Berkemah di Pantai Kura Kura Lombok - sitimustiani.com
Berkemah di Pantai Kura Kura Lombok – sitimustiani.com

Di sepanjang jalan sejauh 300 m dari Pantai Kura-Kura, Anda akan menemukan petunjuk khusus menuju pantai tersebut. Meskipun begitu, jika Anda masih bingung, Anda bisa bertanya langsung ke penduduk sekitar. Jika tidak jauh dari posisi bertanya, terkadang penduduk tersebut mau mengantar Anda hingga ke tujuan.

Anda juga bisa mengandalkan berbagai macam aplikasi dan perangkat GPS. Anda bisa mengatur mode GPS Anda di kendaraan agar lebih mudah. Ada juga Google Maps yang bisa Anda gunakan untuk mengetahui jalan tercepat menuju Pantai Kura-Kura. Lamanya perjalanan dari Bandara Internasional Lombok menuju Pantai Kura-Kura sekitar 1,5 jam. Lamanya waktu perjalanan tergantung kecepatan kendaraan dan kemacetan yang ada di jalan.

Keindahan dan Fasilitas Pantai Kura-Kura

Memasuki daerah Pantai Kura-Kura, Anda akan disambut dengan pemandangan pantai yang indah dan asri. Di sekitar pantai, masih terdapat pepohonan rindang yang bisa Anda gunakan untuk berteduh. Pantai Kura-Kura ini memiliki pasir putih yang halus dan lembut. Anda tidak perlu khawatir ketika menginjak pasir pantai, karena kaki tidak akan terluka.

Di sekitar pantai, terdapat batuan karang yang besar dan menghiasi pantai, biasanya digunakan sebagai tempat untuk berfoto. Anda bisa berfoto bebas dengan berbagai macam pose yang unik di batuan karang tersebut. Di sisi lain karang, biasanya terdapat umang-umang atau biasa disebut dengan keong. Ini menjadi salah satu daya tarik tersendiri bagi para pengunjung, khususnya anak-anak.

Melangkah ke sisi lain Pantai Kura-Kura, Anda akan dikejutkan dengan batuan karang besar yang menyerupai bentuk kura-kura. Inilah maskot pantai tersebut, yang membuat pantai ini memiliki julukan Pantai Kura-Kura. Anda bisa melihat batu berukuran raksasa yang ditumbuhi oleh berbagai macam tumbuhan dan rumput dengan bentuk cangkang, kepala, ekor, lengkap dengan kaki menyerupai kura-kura yang sedang berenang.

Pantai Kura Kura Lombok - alianshari.blogspot.com
Pantai Kura Kura Lombok – alianshari.blogspot.com

Ombak di pantai ini tergolong cukup kencang, sehingga jika Anda ingin berenang, Anda perlu hati-hati. Ada baiknya Anda membawa perlengkapan renang sendiri karena di sekitar pantai masih belum dijumpai tempat penyewaan peralatan renang. Saat berenang, Anda juga perlu memperhatikan keadaan pasang surut air laut, akan lebih baik jika Anda berenang di saat air sedang surut dan tidak berenang saat air mulai pasang.

Di Pantai Kura-Kura, Anda pun bisa berpiknik bersama . Ada baiknya Anda membawa makanan sendiri dari rumah. Jangan lupa untuk membawa alas duduk, karena jarak warung makanan atau tempat jual makanan dan minuman sangat jauh dari pantai. Ada baiknya juga Anda membawa plastik sebagai tempat untuk membuang sampah.

Di sekitar pantai Pantai Kura-Kura, masih terbilang sepi dan jarang sekali ditemukan warung atau penginapan. Untuk itu, jika Anda ingin bermalam, Anda bisa membawa tenda. Berkemah di Pantai Kura-Kura juga seru dan mengasyikkan. Di pagi hari, Anda bisa melihat matahari terbit sambil membuat api unggun, begitupun ketika senja. Anda bisa melihat pemandangan senja yang indah dari balik tenda sambil bersantai.

Harga Pantai Kura-Kura

Untuk menikmati keindahan dan melakukan hal-hal yang seru di Pantai Kura-Kura, tentunya ada biaya yang harus Anda bayarkan. Memasuki area pantai, ada tukang parkir yang akan menjaga kendaraan Anda. Anda tidak perlu membayar tiket masuk tetapi harus membayar tiket parkir dengan mulai Rp30 ribuan per kendaraan.

Perlu Anda ketahui pula, bisa saja harga tiket parkir tersebut berubah sewaktu-waktu. Biasanya, harga tarif parkir kendaraan akan naik ketika musim liburan tiba atau saat peak season seperti Lebaran dan akhir tahun.

Lihat Juga:   Kebun Mawar Situhapa, Penginapan dengan Pemandangan Indah di Garut




Be the first to comment

Tinggalkan Balasan