Bolehkah Naik Pesawat Pakai KTP Sementara?




KTP Sementara - ngalam.co
KTP Sementara - ngalam.co

Bepergian ke tempat yang jauh, seperti antarkota atau antarprovinsi, memang paling enak menumpang . Nah, salah satu syarat untuk naik pesawat yang harus dipatuhi adalah memiliki kartu identitas atau . Sementara banyak orang yang sudah punya e-KTP, bagaimana dengan Anda yang masih memiliki KTP sementara?

Perbedaan e-KTP dan KTP Sementara

Seorang warganegara yang baik adalah mereka yang mematuhi peraturan pemerintah. Salah satu peraturan jika Anda ingin menjadi warga negara Indonesia, yaitu memiliki kartu identitas yang biasa dikenal dengan KTP.Awalnya, KTP hanyalah sebuah kertas identitas berisi data diri. Seiring berkembangnya teknologi, KTP sudah bertransformasi menjadi e-KTP.

e-KTP merupakan produk yang dibuat berdasarkan program pemerintah dari Kementerian Dalam Negeri Republik Indonesia. e-KTP dibuat dengan memanfaatkan kemajuan teknologi informasi dalam melakukan pelayanan masyarakat. e-KTP juga disebut sebagai Kartu Tanda Penduduk elektronik, yang dinilai canggih dan cukup populer di seluruh dunia. Beberapa negara di Eropa juga telah menggunakan kartu identitas elektronik yang mirip dengan e-KTP.[1]

Berkat adanya e-KTP, Anda tidak perlu susah-susah memperhatikan masa perpanjangan KTP. e-KTP dirancang sebagai identitas penduduk yang bersifat seumur hidup, tentu ini berbeda dengan KTP sebelumnya yang perlu diperpanjang jika masa berlakunya habis. Dengan sifatnya yang berlaku seumur hidup, produk tersebut dinilai praktis dan lebih ekonomis bagi anggaran negara.

Mengurus e-KTP juga tidak susah. Anda hanya perlu membawa surat pengantar yang berisi tentang biodata dari RT dan RW ke Dispenduk setempat. Bagi Anda yang kesulitan mengurus e-KTP langsung di Dispenduk, Anda bisa meminta bantuan pihak kelurahan setempat. Biasanya, pihak kelurahan bersedia membantu Anda untuk mengurusi e-KTP.

Lihat Juga:   Update Info Jadwal & Tarif Tiket Bus Rute Surabaya-Bali (Denpasar)
Pengecekan sebelum Naik Pesawat - www.express.co.uk
Pengecekan sebelum Naik Pesawat – www.express.co.uk

Setelah berada di Dispenduk, Anda diminta mengisi formulir untuk mengurus KTP dan diberi nomor antrean untuk e-KTP dan sidik jari. Setelah menjalani serangkaian prosedur, e-KTP sudah bisa Anda dapatkan secara langsung jika tidak ada kendala. Biasanya, e-KTP akan langsung diantar ke rumah oleh pihak Dispenduk atau melalui kelurahan.

Sementara itu, jika Anda mendapatkan informasi dari kelurahan bahwa blanko atau formulir pendaftaran e-KTP habis, maka Anda hanya akan mendapatkan SUKET atau biasa disebut dengan KTP sementara. KTP sementara tersebut berisi tentang biodata dan keterangan bahwa KTP Anda masih dalam proses pembuatan.

Berbeda dengan e-KTP yang asli, KTP sementara tidak berlaku seumur hidup. KTP sementara hanya berlaku selama 6 bulan. Jika masa berlakunya habis dan Anda belum mendapatkan e-KTP asli, Anda harus melakukan perpanjangan. KTP sementara tersebut sangat penting jika Anda ingin mendapatkan e-KTP asli dan menikmati berbagai macam fasilitas publik, mulai dari hingga keperluan lainnya.

Naik Pesawat Tanpa e-KTP

Dilansir dari berbagai sumber, fungsi KTP sementara mirip dengan e-KTP  asli karena sudah memiliki barcode dengan biaya pengurusan yang sama-sama gratis. Anda bisa memakai KTP sementara untuk berbagai macam keperluan publik, seperti naik pesawat. Sehingga, bagi Anda yang belum memiliki e-KTP dan ingin naik pesawat, Anda tidak perlu khawatir asal membawa KTP sementara saat ke .

Lihat Juga:   Ini Rute dan Biaya ke Gunung Bromo dari Probolinggo

Selain bisa dipakai untuk keperluan penerbangan, dilansir dari Dispendukcapil Jember, KTP sementara juga bisa dipakai untuk membeli kereta api. Hal ini karena dalam KTP sementara, sudah terdapat nomor seri penduduk, foto, serta biodata lengkap yang bisa di-scan menggunakan scanner.

Antrian Penumpang Pesawat - www.thrillist.com
Antrian Penumpang Pesawat – www.thrillist.com

Bagi Anda yang masih kurang yakin dengan penggunaan KTP sementara untuk keperluan publik atau izin sebagai penumpang pesawat, Anda bisa memakai kartu identitas lainnya. Bagi penumpang pesawat, diperbolehkan memakai kartu identitas siswa (KTA/KTM) jika usianya kurang dari 17 tahun atau lebih dengan status sebagai pelajar, SIM, paspor, buku nikah, KK, dan berbagai kartu identitas lainnya.

Kartu identitas tersebut dipakai untuk membeli tiket pesawat dan saat memasuki area bandara. Pastikan Anda mengecek kartu identitas Anda, terutama masa berlaku KTP sementara yang Anda gunakan untuk keperluan udara. Hal ini karena KTP sementara yang masa berlakunya sudah habis, tidak bisa dipakai untuk keperluan publik, termasuk  naik pesawat.

[1] Putera, Roni Eka & Tengku Rika Valentina. 2011. Implementasi Program KTP Elektronik (e-KTP) di Daerah Percontohan. MIMBAR, Vol. 27(2): 193-201.




Be the first to comment

Tinggalkan Balasan