Museum Satria Mandala, Tempat Wisata Militer Murah & Edukatif di Jakarta




museum satria mandala - www.jakartatraveller.com

Selama ini selalu identik dengan pergi berwisata ke pantai, gunung, atau bahkan ke luar negeri. Tak banyak orang di Indonesia yang melirik objek-objek wisata berbau militer. Padahal sebenarnya sangat banyak hal menarik yang bisa kita nikmati dan kita pelajari dari wisata militer.

museum satria mandala - www.jakartatraveller.com
satria mandala – www.jakartatraveller.com

 

 

Lalu, apa sih sebenarnya wisata militer itu? Wisata militer biasanya dilakukan dengan cara mengunjungi museum atau -tempat latihan dan pendidikan para tentara. Di sana Anda dapat berinteraksi langsung dengan para tentara dan melihat seperti apa alat utama sistem pertahanan (alutsista) yang digunakan oleh tentara di negeri kita tercinta ini. Jangan salah sangka, TNI (Tentara Nasional Indonesia) merupakan prajurit yang cukup diperhitungkan di mata dunia.

Salah satu spot wisata militer yang ada di Ibu adalah Museum Satria Mandala. Museum Satria Mandala terletak di Jl. Gatot Subroto 14-16, Pusat, tepatnya bersebelahan dengan Kantor Pusat LIPI. Selain di Jakarta, ada juga museum lain milik TNI bernama Satria Mandala yang terletak di .

Saat menginjakkan kaki di Museum Satria Mandala, Anda akan disambut dengan sebuah roket dan pesawat helikopter bekas. Harga tiket untuk masuk ke Museum Satria Mandala sangat , yakni Rp 2.500 saja untuk orang dewasa dan Rp 1.500 untuk anak-anak.

Pada bagian luar gedung, Anda tak hanya dapat menikmati pemandangan sangar berupa roket dan helikopter saja, ada juga kendaraan jeep militer, truk pengangkut pasukan, tank, kendaraan lapis baja, meriam anti pesawat, dan sebagainya.

Beralih ke bagian dalam museum, rupanya terdapat diorama yang menggambarkan seperti apa perkembangan TNI selama ini. Diorama Museum Satria Mandala Jakarta dibuat oleh seniman asal Salatiga, Edhi Sunarso.

Pada salah satu sudut Museum Satria Mandala ada kursi tandu yang dulunya dipakai untuk mengangkut Jenderal Soedirman saat melakukan perang gerilya melawan penjajahan Belanda pada tahun 1948-1949 di Jawa Tengah dan Jawa Timur.

Pemandangan lain yang tidak kalah keren adalah sejumlah koleksi senjata tempur yang digunakan TNI seperti senapan mesin, pelontar granat, meriam lapangan, dan masih banyak lagi. Sementara itu pada bagian belakang museum terdapat gedung lain yang memajang patung-patung pahlawan dan juga mantan petinggi TNI, salah satunya Jenderal Sudirman.

Selain di Museum Satria Mandala Jakarta, Anda juga dapat menjajal wisata militer di Yonkav 11/Serbu yang bermarkas di Jantho, Aceh Besar. Satuan ini membuka wisata militer secara gratis setiap hari Sabtu dan Minggu. Lewat wisata militer tersebut Yonkav 11/Serbu ingin lebih dekat dan menambah pengetahuan masyarakat seputar dunia militer.

Bahkan di Cimahi pihak pemkot sendiri sedang dalam penataan sejumlah komplek militer untuk disulap menjadi kawasan wisata militer. Lewat wisata militer tersebut pemkot ingin menyampaikan pengetahuan dan juga sejarah militer kepada para .

Sayangnya dari 13 pusdik (pusat pendidikan) militer yang ada di Cimahi, tak semuanya bersedia membuka diri lantaran terdapat beberapa objek vital yang berkaitan dengan rahasia pertahanan negara.

Lihat Juga:   Kedai Kerang Kang Barokah Punya Menu Seafood Lengkap




Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*