Menikmati Rumah Honai Khas Papua di Goa Pinus, Batu




Rumah Honai Khas Papua di Goa Pinus
Rumah Honai Khas Papua di Goa Pinus

Anda pernah mendengar tentang rumah honai? Ya, rumah honai adalah rumah adat masyarakat Papua. Rumah ini berbentuk bulat yang terbuat dari kayu dengan atap terbuat dari jerami atau ilalang yang sudah dikeringkan. Bentuk rumahnya memang unik dan sangat menggoda untuk dijadikan tempat berfoto.

Rumah Honai Khas Papua di Goa Pinus
Rumah Honai Khas Papua di Goa Pinus

Bagi Anda yang berdomisili di Indonesia bagian timur, jika ingin melihat keunikan rumah honai, Anda bisa langsung datang ke Papua. Akan tetapi, bagi Anda yang berdomisili di Indonesia bagian barat, jarak yang jauh ke Papua tentunya bisa menjadi kendala utama untuk merasakan keunikan rumah honai. Namun, Anda tidak perlu gusar, karena di sudah terdapat replika rumah honai.

Rumah honai merupakan salah satu utama yang dibangun di Goa Pinus. Goa Pinus sendiri adalah sebuah objek anyar yang baru diresmikan bulan Mei 2017 lalu. Alamatnya berada di Desa Songgokerto, Kecamatan Batu, Kota Batu, Jawa Timur, tepatnya di persimpangan Jalan Songgokerto yang menuju ke Gunung Banyak.

Lihat Juga:   Wisma Hari Kota, Idaman Backpacker Ketika Berkunjung ke Medan

Goa Pinus sendiri merupakan sebuah goa kecil yang berada di bawah hutan pinus di lereng Gunung Banyak. Goanya memang tidak terlalu besar, tetapi pemandangan di depan mulut goa sangat indah untuk dipandang. Anda bisa menikmati hamparan permadani luas yang tersusun dari rapatnya vegetasi pinus yang membentang.

Rumah Honai Khas Papua di Goa Pinus
Rumah Honai Khas Papua di Goa Pinus

Seperti yang dijelaskan sebelumnya, wisata ini memang tergolong baru. Meski demikian, yang disediakan sudah cukup lengkap. Anda bisa menikmati rumah honai sebagai berfoto dengan terdapat pijakan pandang yang dibangun di atas pohon pinus. Selain itu, terdapat juga gazebo-gazebo unik yang disusun dari susunan ranting pohon. Segala fasilitas yang ada ini dapat Anda nikmati hanya dengan membayar Rp5.000, ditambah parkir kendaraan sebesar Rp5000.

Rute Menuju Goa Pinus/Omah Papua

Apabila Anda berminat untuk mengunjungi Gunung Banyak, akses menuju ke tempat tersebut sudah sangat mudah. Anda dapat dengan menjangkaunya, baik menggunakan kendaraan pribadi maupun angkutan umum.

Lihat Juga:   Info Fasilitas dan Harga Sewa Kamar Novotel Bogor Golf Resort & Convention Center
Rumah Honai Khas Papua di Goa Pinus
Rumah Honai Khas Papua di Goa Pinus

Jika Anda memilih menggunakan angkutan umum, sudah tersedia angkutan kota maupun bus. Apabila Anda mengawali perjalanan dari Kota Malang, Anda bisa menggunakan angkutan kota kode AL atau ADL di Terminal Arjosari atau Stasiun Kota Baru Malang. Setelah itu, turun di Terminal Landungsari, dan kemudian oper ke angkutan kota berwarna merah muda menuju Pasar Batu. Setelah itu, Anda oper lagi menggunakan angkutan kota warna biru muda berkode B untuk ke Songgoriti. Turunlah di pangkalan ojek Songgoriti, dan perjalan bisa diteruskan menggunakan jasa ojek ke Gunung Banyak.

Sementara, jika menggunakan kendaraan pribadi, perjalanan ke Gunung Banyak memang lebih mudah. Sesampainya di Kota Batu, arahkan kendaraan Anda menuju arah Pujon, kemudian ikuti saja penunjuk arah yang menuju ke Songgoriti. Sesampainya di pertigaan Songgoriti, Anda bisa mengambil arah ke Payung atau langsung menuju Gunung Banyak.




Be the first to comment

Tinggalkan Balasan