Info Lokasi dan Biaya Masuk Curug Leuwi Balong Endah




Curug Leuwi Balong Endah - www.idntimes.com
Curug Leuwi Balong Endah - www.idntimes.com

Tempat wisata air menjadi destinasi yang kerap dipilih pengunjung saat berlibur di kawasan Taman Nasional Gunung Halimun. Keindahan air terjunnya selalu menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan domestik maupun mancanegara. Dari deretan air terjun yang berada di kawasan tersebut, Curug Balong Endah menjadi yang dikunjungi saat . tiket masuk Curug Balong Endah relatif terjangkau.

Kawasan Taman Nasional Gunung Halimun Salak begitu menawarkan banyak keanekaragaman flora dan fauna. Kawasan tersebut berfungsi sebagai sistem penyangga kehidupan, khususnya fungsi hidrologi dan iklim bagi wilayah Kabupaten , Kabupaten Lebak, Kabupaten Sukabumi, dan DKI . Selain itu, juga berfungsi untuk menunjang pembangunan di wilayah sekitarnya, termasuk penunjang budidaya serta wisata alam.[1] Taman Nasional Gunung Halimun Salak menawarkan beberapa potensi obyek wisata alam, dan aktivitas budaya masyarakat lokal yang dapat dikembangkan menjadi paket-paket kegiatan pariwisata khususnya kegiatan ekowisata.

Taman Nasional Gunung Halimun Salak banyak terdapat air terjun, mulai dari Curug Citamanja, Curug Cipamulan, Curug Piit atau Curug Cihanjawar, Curug Walet, Curug Cikudapaeh, Curug Citangkolo, Curug Cibelang, Curug Ciarnisah, Curug Cangkuang (Cidahu), hingga Curug Balong Endah. Berbeda dari air terjun lain, Leuwi Balong Endah merupakan air terjun yang cukup deras dan tinggi dengan volume air yang relatif stabil. Anda dapat menikmati suara deburan air yang riuh tetapi menenangkan.

Lokasi Leuwi Balong Endah

Air terjun yang satu ini berlokasi di Desa Gunung Picung, Kecamatan Pamijahan (Kawasan Taman Nasional Gunung Halimun Salak), Bogor, . Lokasi ini terletak di antara beberapa objek wisata lainnya, seperti Curug Pangeran. Jam buka Curug Balong Endah yakni Sabtu dan Minggu mulai 08.00 – 15.00 WIB.

Curug Leuwi Balong Endah - www.bobobox.co.id
Curug Leuwi Balong Endah – www.bobobox.co.id

Perlu diketahui bahwa Leuwi Balong Endah ini baru dibuka sekitar tahun 2016 sehingga bisa dikatakan objek wisata baru yang masih sepi dari pengunjung. Tak heran, jika akses ke lokasi masih cukup sulit dijangkau karena jalan yang terjal. Untuk rute Leuwi Balong Endah, Anda dapat menuju Ciampea dari IPB Dramaga. Setelah menemukan persimpangan Cikampak, Anda dapat mengambil jalan ke arah Gunung Bunder. Dari lokasi Gunung Bunder, Anda akan menemukan gerbang taman nasional di mana Leuwi Balong Endah berada.

Lihat Juga:   Info Terkini Harga Tiket Masuk dan Paket Paralayang Batu Malang

Sementara itu, jika Anda berangkat dari Kota Bogor, perjalanan yang ditempuh jaraknya sekitar 9 kilometer. Apabila kondisi mendukung dan tidak macet, maka Anda akan sampai ke lokasi tujuan dengan waktu sekitar satu setengah jam. Anda tak perlu merogoh kocek yang mahal, lantaran harga tiket masuk dan parkirnya terjangkau.

Harga Tiket Masuk Leuwi Balong Endah

TiketTarif (Rp)
Tiket Masuk Taman Nasional Gunung Halimun Salak10.000 per orang
Tiket Masuk Curug Kondang10.000 per orang
Tiket Masuk Curug Balong Endah7.500 per orang
Tiket parkir kendaraan bermotor TNG Halimun Salak5.000 (motor)

10.000 (mobil)

Tiket parkir kendaraan bermotor Curug Kondang5.000 (motor)

10.000 (mobil)

Perlu diketahui, Anda akan dikenakan retribusi saat memasuki kawasan Taman Nasional Gunung Halimun Salak beserta biaya per motornya. Jika sudah tiba di Curug Kondang, Anda juga harus membayar biaya masuk dan kendaraan bermotor. Nah, retribusi terakhir dikeluarkan saat memasuki area Leuwi Balong Endah. Jadi, Anda dapat menikmati dua air terjun sekaligus apabila ingin mengunjungi Curug Balong Endah. Lalu, apa daya tarik air terjun ini?

Daya Tarik Leuwi Balong Endah

Apabila Anda gemar berenang, Curug Balong Endah juga menawarkan kolam cukup besar lengkap dengan batu alam yang mengelilinginya. Dijamin, Anda dapat betah berlama-lama di sana terlebih air kolam yang bening dan memanjakan mata. Sementara itu, kedalaman Curug Balong Endah bervariasi, mulai dari 1 meter hingga sekitar 2 atau 3 meter. Curug ini berada di atas ketinggian 900 meter di atas permukaan laut, sehingga menghadirkan udara yang sejuk dan dingin apalagi jika menjelang sore hari.

Aktivitas selain berenang, Anda dapat mencoba sensasi trekking menjelajahi keindahan alam di sekitar Curug Balong Endah. Anda dapat puas menikmati bukit-bukit tinggi yang mengelilingi Curug Balong Endah. Kawasan hutan di sekitarnya pasti membuat Anda rileks menghabiskan waktu di sana. Tak ketinggalan untuk menyiapkan kamera untuk mengabadikan momen di setiap sudut Curug Balong Endah.

yang ditawarkan cukup lengkap seperti kamar mandi, tempat beribadah, dan warung makan. Bagi Anda yang penasaran akan keindahan Curug Balong Endah, disarankan datang ke sana saat cuaca cerah. Untuk melengkapi liburan Anda, tak ada salahnya untuk mencoba sensasi camping di Curug Balong Endah. Namun, bagi Anda yang tidak membawa perlengkapan camping dapat memesan sejumlah penginapan di sekitar curug. Berikut ulasan lengkap mengenai penginapan dekat Curug Balong Endah beserta tarifnya.

The Michael Resorts Gunung Salak - michaelresort.blogspot.com
The Michael Resorts Gunung Salak – michaelresort.blogspot.com

Penginapan Dekat Curug Balong Endah

Nama PenginapanAlamat & Nomor TeleponTarif per malam (Rp)
Pesona Wisata Alam Ciparay EndahGn. Sari, Kec. Pamijahan, Bogor, Jawa Barat98.000
De Salak Homestay

 

Gn. Sari, Kec. Pamijahan, Bogor, Jawa Barat 16810

Telp. 0857-1999-1774

315.000

 

Pondok Rasamala

 

Kawasan Wisata, Jl. Raya Gn. Salak Endah Jl. Gn. Bunder, Gn. Sari, Kec. Pamijahan, Bogor, Jawa Barat 16810. Telp (021) 7250730250.000 – 2.650.000
The Michael Resorts – Gunung Salak

 

Kawasan Wisata Gunung Salak Endah Jalan Gunung Bunder Desa Cimudal, Gn. Sari, Kec. Pamijahan, Bogor, Jawa Barat 16810. Telp. 0818-0710-0632Mulai 2.000.000

Penginapan terdekat dengan lokasi Curug Balong Endah yaitu Pondok Rasamala yang beralamat di Jalan Raya Gunung Bunder, Kawasan Wisata Gunung Salak Endah, Desa Pamijahan Bogor yang masih terletak di Taman Nasional Gunung Halimun Salak (TNGHS). Penginapan ini menyuguhkan konsep bernuansa alam pedesaan, sehingga para tamu akan sangat merasa nyaman untuk beristirahat di tempat ini.

Informasi di atas kami rangkum dari berbagai sumber di internet pada 2021. Tarif tersebut dapat mengalami perubahan sewaktu-waktu tergantung kebijakan pengelola. Anda dapat menelusuri sejumlah situs booking online untuk menemukan penginapan mana yang cocok sesuai kebutuhan.

[1] Supriatna, Jatna. Berwisata Alam di Taman Nasional (Jakarta: Yayasan Pustaka Obor Indonesia, 2014), hlm. 177

Lihat Juga:   Panorama dan Rute/Jalan Menuju Air Terjun Tumpak Sewu, Lumajang




Be the first to comment

Tinggalkan Balasan