Liburan ke Harau? Ini Rekomendasi Homestay untuk Bermalam




Serasah Boenta Homestay - www.booking.com
Serasah Boenta Homestay - www.booking.com

Bagi Anda yang gemar mengeksplorasi alam Indonesia, pasti sudah tidak asing lagi dengan Harau. Ini adalah salah satu kecamatan di Kabupaten Lima Puluh Kota, Barat yang menawarkan lembah yang diklaim sebagai yang terindah di Indonesia. Dan, layaknya spot wisata lainnya, di sekitar Harau pun sudah tersedia penginapan, termasuk homestay, untuk mengakomodasi kunjungan wisatawan.

Dilansir dari Kompas, Lembah Harau merupakan lembah yang subur yang berada di Kecamatan Harau, berselang 47 km dari Bukittinggi atau 2 km dari pusat pemerintahan Kabupaten Lima Puluh Kota. Area ini menyajikan tebing granit curam setinggi 80 meter sampai 300 meter. Pagar tebing cadas yang curam dan lurus berwarna kemerah-merahan tegak mengelilingi lembah, yang sangat menawan untuk Anda pandang dan diabadikan dalam rekaman foto atau video.

Dijuluki sebagai Lembah Yosemite ala Indonesia, karena punya keindahan mirip Nasional Yosemite yang berada di Sierra Nevada, California, Lembah Harau pun menyajikan air terjun bernama Bunta Waterfall atau Sarasah Bunta dalam bahasa lokal. Air terjun ini mengalirkan air tawar segar dari dataran tinggi dengan tiga air terjun lainnya di lembah ini.

Meski dikenal sebagai tempat , Lembah Harau sebenarnya merupakan cagar alam dengan luas sekitar 669 hektar. Dengan luas seperti itu, tentunya waktu sehari tidak akan cukup untuk mengeksplorasi keseluruhan lembah ini. Nah, bagi Anda yang ingin tahu lebih banyak mengenai Lembah Harau, ada baiknya untuk menginap beberapa hari di sini. Di area Harau sendiri, sudah ada beberapa akomodasi tipe homestay yang bisa dijadikan bermalam, berikut di antaranya.

Abdi Homestay

Ini merupakan salah homestay yang cukup terkenal di kawasan Harau. Pasalnya, Abdi Homestay memiliki lokasi yang cukup strategis, berada dekat dengan wisata air terjun Sarasah Bunta dan Aka Barayun. Selain itu, inap di akomodasi ini juga terbilang cukup terjangkau, berkisar Rp300 ribuan per malam untuk bungalow berkapasitas 4 orang.

Lihat Juga:   Edotel Malang, Penginapan Murah Dekat Kampus UB dan UM

Meski memiliki tarif yang cukup hemat, namun Abdi Homestay tetap menyediakan fasilitas yang mumpuni. Berkonsep back to nature, wisatawan akan menemukan tempat tidur, lemari, mandi, teras yang dilengkapi dengan hammock, dapur plus peralatan memasak, hingga kolam ikan untuk memancing. Jika berminat, bisa dilakukan langsung di lokasi atau mengontak nomor ponsel 0852 6378 1842.

Abdi Homestay - www.travelio.com
Abdi Homestay – www.travelio.com

Roemah Abdoe Lembah Harau

Homestay ini beralamat di Harau Valley, Kecamatan Harau, Kabupaten Lima Puluh Kota. Roemah Abdoe hanya berjarak sekitar 3,85 km menuju Lembah Harau. Jika wisatawan hendak menuju Fort de Kock, perlu menempuh perjalanan sejauh 39,43 km dari akomodasi ini, atau 39,55 km apabila ingin berlibur ke Jam Gadang.

Sebagai sebuah tempat bermalam, Roemah Abdoe telah didukung dengan fasilitas yang memadai. Di tempat ini, tamu bisa menemukan ruang keluarga, sarapan, teras, kamar bebas asap rokok, fasilitas BBQ, taman, layanan meja depan selama 24 jam, layanan tour (biaya tambahan), hingga layanan laundry (biaya tambahan).

Homestay tipe Latiesha untuk dua orang disewakan dengan tarif sekitar Rp300 ribuan per malam, sementara tarif homestay Shelby berkapasitas empat orang yang cocok untuk keluarga kecil berkisar Rp550 ribuan per malam. Jika berminat, reservasi bisa dilakukan via nomor ponsel 0822 8858 9584 atau situs online.

Roemah Abdoe Lembah Harau - www.traveloka.com
Roemah Abdoe Lembah Harau – www.traveloka.com

Serasah Boenta Homestay

Akomodasi ini terletak di Jalan Raya Tarantang, Lubuk Limpato, Kecamatan Harau. Serasah Boenta Homestay bisa Anda jangkau setelah melakukan perjalanan sekitar 40 km dari Kota Bukittinggi. Sementara, jika wisatawan hendak mengeksplorasi Lembah Harau, cukup menempuh perjalanan sekitar 2 km dari properti ini.

Untuk memanjakan para tamu, penginapan ini sudah menyediakan fasilitas kolam renang luar ruangan dan ruang tamu. Selain itu, tersedia juga resepsionis 24 jam dan teras. Staf akomodasi dapat mengatur layanan antar-jemput bandara, sedangkan kamar-kamar di homestay ini memiliki balkon dengan pemandangan gunung dan area tempat duduk.

Lihat Juga:   Penginapan Menarik dan Recommended di Kelimutu, Flores

Lalu, berapa tarif inap di tempat ini? Jika Anda memesan kamar untuk keluarga dengan 1 double bed, hanya perlu membayar biaya Rp300 ribuan per malam, sudah termasuk kamar mandi pribadi, balkon, teras, serta fasilitas lainnya. Untuk pemesanan kamar, bisa menghubungi nomor ponsel 0812 7789 4711 atau via Booking.com.

Serasah Boenta Homestay - www.booking.com
Serasah Boenta Homestay – www.booking.com

Lembah Echo Homestay

Penginapan populer lainnya di area Harau adalah Lembah Echo Homestay. Akomodasi ini terletak di Desa Tarantang, Nagari Lubuk Limpato. Menurut beberapa sumber, Lembah Echo Homestay diklaim sebagai satu-satunya penginapan yang tepat berada di dasar Lembah Harau, sehingga menawarkan pemandangan yang sangat menakjubkan.

Mengusung konsep cottage, ada beberapa tipe kamar/homestay yang ditawarkan akomodasi ini, termasuk Rumah Gadang dan Spanyol. Jika tamu memesan secara rumahan, tarif Rumah Gadang dengan kapasitas 12 orang berkisar Rp1,8 jutaan, itu masih belum termasuk kasur dengan biaya Rp100 ribuan per orang.

Total pondok di Lembah Echo ini sekitar 17 buah. Ukurannya bervariasi, mulai dari yang terkecil hingga yang terbesar dan terletak di tengah-tengah lahan yang bisa untuk menampung rekan-rekan sekantor apabila mau melakukan outing. Nah, jika Anda berminat, pemesanan kamar bisa Anda lakukan langsung di lokasi atau via nomor telepon (0752) 7750306.

Syafiq Homestay

Alternatif homestay lainnya di Harau adalah Syafiq Homestay. Akomodasi ini juga berada di Desa Tarantang, Kecamatan Harau. Syafiq Homestay sendiri memiliki setidaknya tiga cottage yang mampu menampung maksimal 20 orang. Untuk harga atau tarif sewa, berkisar Rp1,5 jutaan per malam, dan ada biaya tambahan Rp10 ribuan per orang untuk layanan tenda.

Di tempat ini, wisatawan dapat melakukan aktivitas memancing di kolam ikan dan akan dikenakan biaya Rp45.000 per kg. Selain itu, juga dapat melakukan aktivitas berkemah dengan api unggun dengan biaya perlengkapan sekitar Rp200 ribuan. Nah, apabila Anda berminat, reservasi bisa Anda lakukan dengan menghubungi nomor ponsel 0821 6903 7273.




Be the first to comment

Tinggalkan Balasan