Ini Deretan Tempat Wisata Edukatif di Bandung yang Cocok untuk Keluarga

Kota Mini Lembang - www.pegipegi.com

memang surganya tematik. Di kawasan , Jawa Barat Anda bisa menemukan beragam theme park maupun alam edukatif yang cocok untuk dijadikan destinasi liburan bersama seluruh anggota . Anda bisa memilih sendiri mana kira-kira edukasi yang paling nyaman untuk dituju dan sesuai dengan budget.

Tak perlu khawatir, sebab rata-rata tempat wisata edukatif di Bandung buka setiap hari dan mematok harga tiket masuk yang relatif . Selain memperkaya ilmu pengetahuan, di tempat-tempat wisata edukatif tersebut Anda juga bisa sekaligus bermain bersama keluarga dengan nuansa yang berbeda dari biasanya. Berikut ini rekomendasi beberapa tempat wisata edukatif di Bandung yang bisa Anda kunjungi bersama keluarga.

Bandung Science Centre

Jika berbicara soal wisata edukatif, rasanya belum lengkap kalau belum mengunjungi Bandung Science Centre. Tempat wisata edukasi yang biasa disebut BSC ini menawarkan beragam wahana yang informatif dan sarat akan ilmu pengetahuan alias science, misalnya seperti Earth Room (ruang bumi), Ruang Perakitan (Assembly Hall), Ruang Audio Visual (Audio Visual Room), Ruang Fisika Dasar (Basic Physics Room), Ruang Fisiologi (Physiology Room), Ruang Robotik (Robotics Room), Ruang Geologi (Geologi Room), Ruang Kimia (Chemistry Room), Ruang Astronomi (Astronomy Room), Ruang Ilusi Optik (Optical Illusion Room), dan masih banyak lagi.

Objek wisata yang beralamatkan di Jl. Sirnagalih No. 15, Gegerkalong, Sukasari, Kota Bandung, Jawa Barat 40161 ini buka setiap hari mulai jam 08.00 WIB hingga pukul 17.00 WIB. tiket yang dipatok pun relatif terjangkau, hanya sekitar Rp 45 ribuan saja per orang.

Bandung Science Centre - www.travelblog.id

Bandung Science Centre – www.travelblog.id

Kota Mini Lembang

Nah, tempat wisata satu ini jadi favorit warga Jawa Barat dan sekitarnya yang ingin membawa anak-anak mereka ke destinasi wisata edukasi profesi. Di Kota Mini anak-anak dapat mencoba berpakaian dan bergaya sesuai dengan pilihan jenis profesi yang tersedia, misalnya saja berpura-pura menjadi polisi, dokter, hingga pemadam kebakaran.

Lihat Juga:   Ingin Masuk Kampung Coklat Blitar? Cukup Bayar Tiket Rp 5.000

Dalam wahana profesi yang ada di Kota Mini pengunjung bisa mencoba bermain sekitar 15 menit per profesi. Bahkan tersedia pula jasa persewaan kostum bergaya Amerika dan Eropa dengan sewa sekitar Rp 75 ribuan per jam. Apabila Anda ingin difoto oleh tim fotografer profesional yang ada di Kota Mini, Anda harus merogoh kocek tambahan sekitar Rp 50 ribuan.

Jangan khawatir, objek wisata yang berada di dalam kawasan Floating Market ini mematok harga tiket masuk yang relatif terjangkau, hanya Rp 25 ribuan saja per orang (free welcome drink), belum termasuk harga tiket masuk Floating Market Rp 20 ribuan. Kemudian untuk tiket wahana profesi Rp 25 ribuan per orang per profesi. Ada pula tiket terusan untuk masuk ke 5 wahana profesi sekaligus yang dibanderol Rp 80 ribuan per orang.

Kota Mini Lembang - www.pegipegi.com

Kota Mini Lembang – www.pegipegi.com

Saung Kayu Kampoeng Cihideung

Berikutnya yang tak kalah menarik untuk dijadikan destinasi wisata edukatif adalah Saung Kayu Kampoeng Cihideung. tempat wisata satu ini berada di Jalan Terusan Sersan Bajuri KM. 4,8, Cihideung, Parongpong, Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat 40559. Saung Kayu Kampoeng Cihideung buka setiap hari mulai pukul 08.00 WIB hingga tutup jam 20.00 WIB.

Tempat satu ini sebenarnya adalah sebuah restoran sekaligus cafe yang menawarkan sajian khas Sunda dengan ‘bonus’ pemandangan alam yang benar-benar apik dan menyejukkan mata. Namun Saung Kayu Kampung Cihideung terus dikembangkan menjadi sebuah tempat wisata yang bukan hanya cocok untuk anak-anak saja, tetapi juga cocok untuk keluarga besar.

Di Saung Kayu Kampoeng Cihideung terdapat yang cukup lengkap seperti kolam renang air hangat, taman lalu lintas, sepeda wisata, sarana outbond, botanical market: tanaman bunga dan hias, flying fox, berkemah, pustaka anak, serta tak ketinggalan, di Saung Kayu Kampoeng Cihideung Anda juga bisa belajar bercocok tanam hingga berinteraksi dengan memberi makan hewan-hewan yang ada di sana.

Lihat Juga:   Info Hotel Melati dengan Tarif Murah & Recommended di Bandung

Saung Angklung Udjo

Wisata edukasi tidak hanya berkaitan dengan belajar saja. Apa salahnya jika dipadukan dengan belajar sambil bermain? Nah, kegiatan seru bisa Anda rasakan saat berkunjung ke Saung Angklung Udjo. Tempat wisata yang sudah berdiri sejak tahun 1966 silam di Cibeunying Kidul, Bandung ini memang bertujuan untuk mengenalkan budaya Indonesia pada masyarakat luas.

Ketika berada di Saung Angklung Udjo, Anda bisa mengenal lebih dalam seperti apa alat musik angklung yang terbuat dari bambu sekaligus memainkannya langsung. Asyik sekali bukan? Menariknya, Saung Angklung Udjo juga kerap mengadakan pentas musik lagu-lagu daerah dari alat musik angklung. Selain itu, ada pula pertunjukan kesenian Jawa Barat lainnya yang tak kalah menarik seperti Golek, Helaran, Tari Topeng, dan sebagainya.

Saung Angklung Udjo buka setiap hari mulai pukul 08.00 hingga jam 17.00 WIB. Untuk masuk ke Saung Angklung Udjo, Anda dikenai tiket masuk seharga Rp 40 ribuan hingga Rp 100 ribuan.

Selain tempat-tempat wisata di atas, masih banyak wisata edukatif lainnya di Bandung, mulai dari Jendela Alam, Farmhouse Susu Lembang, Kebun Strawberry Ciwidey, Taman Budaya Jawa Barat, Padepokan Dayang Sumbi, De Ranch, Taman Bunga Begonia Lembang, Taman Lalu Lintas, dan lain-lain. Nah, yang perlu diingat, meskipun rata-rata tempat wisata edukatif di Bandung relatif aman untuk dikunjungi, Anda tetap patut waspada dalam mengawasi anak-anak. Sebab di beberapa tempat terkadang ada spot yang cukup tinggi atau ada pula kolam renang yang airnya cukup dalam.

Saung Angklung Udjo - id.wikipedia.org

Saung Angklung Udjo – id.wikipedia.org

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Anda dapat menggunakan tag dan atribut HTML: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>