Info Tips, Perkiraan Biaya, & Waktu Terbaik Berwisata ke Turki

Berwisata ke Turki - blog.reservasi.com

merupakan sebuah negara besar di kawasan Eurasia yang memiliki perpaduan budaya antara benua Asia dan . Banyak penduduk di yang juga memeluk agama Islam, sehingga wisatawan asal Indonesia pun biasanya menjadikan sebagai salah satu destinasi untuk berwisata.

Apabila Anda berencana untuk berwisata ke Turki, ada beberapa pilihan waktu terbaik, misalnya saja menikmati keindahan festival bunga tulip yang mekar pada bulan Maret hingga Mei, atau berwisata ke Turki saat musim panas bulan Juni-Agustus untuk menikmati kegiatan outdoor seperti berenang atau bermain di pantai hingga naik balon udara di Cappadocia.

Berwisata ke Turki - blog.reservasi.com

Berwisata ke Turki – blog.reservasi.com

Selain itu, Anda juga bisa mencoba berkunjung ke Turki pada bulan September-November untuk menjelajahi bangunan-bangunan dan museum. Pasalnya ketika musim gugur biasanya akan ada banyak spot foto menakjubkan dengan daun-daun berguguran yang tentunya tidak bisa Anda temukan di Indonesia. Jika ingin melihat salju sekaligus mencoba olahraga ski, Anda bisa datang pada bulan Desember-Februari. Keuntungan lain berwisata ke Turki saat winter (musim dingin) biasanya harga tiket pesawat dan hotel lebih murah dari biasanya.

Ada beragam tempat menarik yang bisa Anda kunjungi di Turki, mulai dari Pamukkale dengan fenomena alamnya yang unik, jalan-jalan ke Istanbul yang memiliki arsitektur indah, ke Hagia Sophia untuk mengetahui sejarah Turki, ke Selcuk untuk melihat peninggalan sejarah masa Romawi dan Yunani kuno, religi ke Konya, hingga naik balon udara di Cappadocia yang terkenal itu.

Perkiraan Wisata ke Turki

Agar lebih memahami perhitungan biaya wisata ke Turki, perlu diingat bahwa posisi nilai tukar 1 TL (Turkish Lira) saat ini sama dengan sekitar Rp 3.397,94 jika dikonversikan dalam rupiah. Nah, hal pertama yang perlu Anda perhitungkan saat hendak berwisata ke Turki adalah visa. Biaya resmi visa Turki adalah USD 25 atau sekitar Rp 346 ribuan untuk single entry, belum termasuk service fee.

Lihat Juga:   J Residence, Penginapan Strategis, Representatif, dan Murah di Bandung

Kemudian tiket pesawat. Jika melakukan penerbangan dari Indonesia, Anda bisa mendarat di daerah mana saja di Turki, mulai dari Istanbul, Ankara, Adana, Kayseri, Izmir, Bursa, dan masih banyak lagi. Sebagian besar wisatawan biasanya lebih senang berhenti di Istanbul yang merupakan ibukota Turki. Harga tiket pesawat dari Indonesia ke Turki berkisar mulai dari Rp 8,8 jutaan. Harga tersebut bisa mengalami perubahan sewaktu-waktu tergantung musim dan maskapai yang Anda pilih.

Aspek berikutnya yang tidak kalah penting tentu saja adalah penginapan. Nah, jika Anda ingin liburan super hemat ala backpacker, tak ada salahnya untuk tinggal dengan penduduk lokal dan bertemu dengan traveler lainnya lewat Couchsurfing. Saat ini situs Couchsurfing tengah di kalangan backpacker karena memudahkan mereka memperoleh rekomendasi penginapan murah di rumah-rumah warga setempat. Selain Couchsurfing, Anda juga bisa mempertimbangkan mencari penginapan lewat Airbnb atau situs-situs lainnya.

Wisata Turki - winatour.com

Wisata Turki – winatour.com

Namun jika Anda ingin menginap di hotel budget, maka persiapkan biaya setidaknya mulai Rp 1 jutaan per malam. Yang lebih penting lagi, carilah penginapan yang menyediakan jasa transfer atau antar-jemput bandara, sehingga Anda tak perlu mengeluarkan biaya ekstra untuk transportasi.

Selama berada di Turki, Anda bisa menjajal naik transportasi umum seperti dengan biaya sekitar 2 TL (jauh-dekat). Lalu untuk makanan sebenarnya tidak jauh berbeda dengan Indonesia. Namun jika Anda makan di Ibukota, kabarnya harga makanannya lebih mahal dibanding Izmir atau kota-kota yang agak pelosok. Sebagai gambaran, di Izmir harga makanan berkisar antara 6-10 TL. Jika ingin lebih murah lagi, Anda bisa makan kebab atau pasta.

Salah seorang backpacker yang pernah trip selama 53 hari di Turki mengaku tidak menghabiskan uang lebih dari Rp 20 juta, sudah termasuk tiket pesawat, naik hot air balloon, belanja, makan, dan sebagainya. Kemudian ada pula yang beberapa tahun lalu hanya menghabiskan biaya sekitar Rp 10 juta saja ke Turki.

Lihat Juga:   Pantai Florida Binjai, Pemandian Air Alam Unik yang Memiliki Air Terjun di Binjai Sumatera Utara

Rekomendasi Hotel Budget Terbaik di Turki

Berikut ini deretan hotel budget di Turki yang banyak memperoleh review positif dari para wisatawan berdasarkan informasi dari sejumlah situs booking online.

Nama Hotel per Malam
Grand Naki Hotel Binbirdirek Mh., Piyerloti cad 12-14, 34122 Çemberlitaş / Sultanahmet / Fatih / İstanbul, Turki Rp 3,4 jutaan – Rp 3,7 jutaan
Alpek Hotel Hobyar Mah. Arpacilar Cad. No:10 Eminonu – Fatih, 34110, Turki Rp 6 jutaan – Rp 7,5 jutaan
Antusa Palace Hotel & Spa Alemdar Mh., Çatalçeşme Sk. No:7, 34400 Fatih/İstanbul, Turki Rp 1,5 jutaan
10 Karakoy Istanbul Müeyyedzade Mahallesi, Kemeraltı Cd. No:10, 34425 Karaköy / Beyoğlu / Beyoğlu / İstanbul, Turki Rp 1,7 jutaan – Rp 4,6 jutaan
Peyk Hotel Peykhane Cad. No:10 Sultanahmet, Istanbul, Turki Rp 1,5 jutaan – Rp 1,7 jutaan
Régie Ottoman Istanbul Hobyar Mahallesi, Mimar Vedat Sk. No:5, 34112 Sirkeci / Fatih / İstanbul, Turki Rp 1,9 jutaan – Rp 5,2 jutaan
Dosso Dossi Hotels Old City Alemdar Mh., Alayköşkü Cd. No:12, 34110 Fatih/İstanbul, Turki Rp 1,9 jutaan – Rp 6 jutaan
Fraser Place Anthill Istanbul Cumhuriyet Mahallesi, Harika Sk. No:6, 34380 Şişli/İstanbul, Turki Rp 2 jutaan – Rp 5,6 jutaan
Orient Express Hotel Hoca Paşa Mahallesi, Hüdavendigar Cd. No:36, 34120 Fatih/İstanbul, Turki Rp 1,2 jutaan – Rp 2 jutaan
Taksim Terrace Hotel Evliya çelebi mahallesi aybastı sokak no :8 beyoğlu istanbul, 34430 Beyoğlu/İstanbul, Turki Rp 700 ribuan – Rp 1,5 jutaan

Sebagai informasi, harga hotel-hotel di atas bisa berubah sewaktu-waktu tanpa pemberitahuan sebelumnya. Apabila Anda ingin berwisata atau jalan-jalan ke Turki, Anda bisa berburu informasi lewat sejumlah wisatawan yang pengalaman pergi ke Turki atau jika tidak ingin repot, Anda juga bisa menggunakan jasa agen perjalanan.

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Anda dapat menggunakan tag dan atribut HTML: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>