Info Tempat Wisata, Penginapan, dan Biaya Perjalanan ke Xinjiang

Xinjiang - osiaeirinigr.blogspot.co.id

Xinjiang adalah sebuah daerah otonomi di Republik Rakyat Tiongkok (RRC) yang berbatasan dengan Tibet di sebelah selatan dan Provinsi Qinghai serta Gansu di sebelah tenggara. Selain itu, Xinjian juga berbatasan dengan Mongolia di sebelah timur, Rusia di utara, serta Kazakhstan, Kirgizstan, Tajikistan, Afganistan, dan Kashmir di barat. Xinjiang disebut-sebut sebagai destinasi wisata muslim yang cocok Anda kunjungi saat berada di China.

Saat ke Xinjian Anda mungkin akan terkejut karena suasana di sana seperti sedang berada di Turki. Maklum saja penduduk asli Xinjiang berasal dari ras-ras Turki yang beragama Islam, terutama suku Uighur, Kazakh, dan suku Han. Kebudayaannya pun sangat erat dengan Asia Tengah karena pengaruh historis Jalur Sutra sejak berabad silam.

Biaya Wisata ke Xinjiang

Sebelum memutuskan untuk berwisata ke Xinjiang, Anda tentunya perlu menyusun berbagai rencana agar liburan Anda bisa berjalan lancar. Apabila Anda enggan kerepotan sendiri mengurus itinerary atau segala hal yang menyangkut wisata selama di Xinjiang, tak ada salahnya untuk menggunakan agen yang memang menyediakan paket ke Xinjiang.

Xinjiang - osiaeirinigr.blogspot.co.id

Xinjiang – osiaeirinigr.blogspot.co.id

Berdasarkan penelusuran di internet, memang masih belum banyak agen travel yang menawarkan paket wisata ke Xinjiang. Salah satu agen perjalanan setidaknya mematok biaya sekitar USD 2.500 tahun 2016 lalu atau jika dikonversikan dalam rupiah sesuai kurs saat ini, maka biayanya mencapai Rp 35,5 jutaan untuk paket perjalanan selama 14 hari. Harga tersebut belum termasuk visa, tipping, dan handling airport.

Namun jika Anda enggan menggunakan jasa agen travel, Anda juga bisa mengatur perjalanan sendiri ke Xinjiang. Sebagai informasi, asal Indonesia yang ingin ke Xinjiang kabarnya diharuskan mengurus visa China terlebih dahulu yang biayanya berkisar Rp 540 ribu untuk single entry (sekali masuk).

Selain visa, paspor Anda tentunya juga harus paspor yang masih berlaku setidaknya hingga 6 bulan ke depan. Nah, untuk urusan penerbangan ternyata ada beberapa maskapai yang melayani penerbangan internasional dari Bandara Soekarno-Hatta ke Xinjiang, di antaranya adalah China Southern Airlines, Garuda Indonesia, Asiana Airlines, dan KLM Royal Dutch Airlines. Harga tiket pesawat dari Jakarta (Cengkareng) ke Xinjiang berkisar mulai dari Rp 7,7 jutaan hingga Rp 24 jutaan sekali jalan.

Lihat Juga:   Tips Liburan Hemat Biaya ke Kota Malang

Untuk penginapan, harga kamar berkisar mulai dari ratusan ribu hingga jutaan rupiah. Kemudian untuk , Anda yang beragama Islam tak perlu resah. Karena sebagian besar penduduk Xinjiang adalah umat muslim, Anda dapat dengan mudah menemukan warung-warung yang menjual masakan halal seperti mi dan aneka olahan daging. Harga makanannya berkisar mulai dari RMB 1.00 – 18.99 saja, atau sekitar Rp 2 ribuan hingga Rp 42 ribuan saja. Sangat murah bukan?

Sedangkan untuk , di Xinjiang, tepatnya di Urumqi terdapat kereta cepat yang bisa mengantar Anda ke Hami City. Harga kereta cepat dari Urumqi ke Hami dibanderol 199,5 yuan atau sekitar Rp 443 ribu.

Penginapan di Xinjiang

Nama Penginapan per Malam
Hoi Tak Xinjiang 219 Jiankang Rd, Tianshan Qu, Wulumuqi Shi, Xinjiang Weiwuerzizhiqu, China, 830002 Rp 888 ribuan
Hua Ling Grand Hotel Urumqi 109 Xi Hong Dong Lu, Shuimogou, Wulumuqi Shi, Xinjiang Weiwuerzizhiqu, China, 830000 Rp 959 ribuan – Rp 2,8 jutaan
Xinjiang Sultan Hotel 37 Jiefang N Rd, Kashi Shi, 新疆 Xinjiang Weiwuerzizhiqu, China, 844000 Rp 528 ribuan – Rp 1 jutaan
Sheraton Urumqi Hotel 669 Northern Youhao Road, Urumqi, Xinjiang, China, 830000 Rp 1,3 jutaan – Rp 1,7 jutaan
JinJiang International Hotel Urumqi Shuimogou, Urumqi, China, 830092 Rp 1,4 jutaan – Rp 3,5 jutaan
Hanting Hotel 186 N 4th Rd, Shihezi Shi, 石河子 Xinjiang Weiwuerzizhiqu, China, 832014 Rp 231 ribuan – Rp 377 ribuan
Kangcheng Jian Guo International Hotel No 618 East Jiaotong Road Korla Xinjiang, Korla, XJ, China Rp 995 ribuan – Rp 1 jutaan
Aral Hotel Talimu Ave, Alaer Shi, Xinjiang Weiwuerzizhiqu, China, 843300 Rp 293 ribuan – Rp 442 ribuan
Shaya Hotel 9 Renmin S Rd, Shaya Xian, Akesu Diqu, Xinjiang Weiwuerzizhiqu, China, 842200 Rp 373 ribuan – Rp 400 ribuan
Lihat Juga:   Ingin Rasakan Sensasi Dinginnya Salju? Ini Deretan Wahana Bertema Salju di Jakarta

Selain di hotel-hotel yang tertera di atas, masih banyak pilihan penginapan lainnya di Xinjiang yang bisa Anda jadikan untuk bermalam. Tak seperti di beberapa kota besar yang ada di China seperti Shanghai, Beijing, atau Shenzhen, rate atau harga sewa kamar di Xinjiang masih relatif lebih murah. Selain hotel-hotel harga jutaan rupiah per malam, di Xinjiang Anda juga masih bisa menemukan hotel bintang 3 atau motel yang harganya cukup , hanya mulai Rp 200 ribuan saja.

Apabila Anda berencana untuk menginap di salah satu daerah yang ada di Xinjiang, Anda bisa mencari penginapan yang paling sesuai dengan budget dan kebutuhan di beberapa online travel agent. Tak perlu khawatir, sebab sebagian besar sarana akomodasi di Xinjiang telah bekerjasama dengan situs booking hotel online untuk memudahkan para wisatawan mancanegara melakukan reservasi.

JinJiang International Hotel Urumqi - www.booking.com

JinJiang International Hotel Urumqi – www.booking.com

Tempat Wisata di Xinjiang

Xinjiang memiliki banyak tempat wisata alam dan bersejarah yang menarik untuk dikunjungi, antara lain Regional Xinjiang (Qu Bowuguan), Karakul Lake, Ancient City of Jiaohe (Yarkhoto), Xinjiang Kanas National Geopark, Tianshan Tianchi Lake, Moon Bay of Kanas Lake, Abakh Hoja Tomb, Masjid Id Kah, dan masih banyak lagi.

Bagi Anda yang benar-benar tertarik untuk napak-tilas ke Xinjiang, tak ada salahnya untuk mengumpulkan lebih banyak lagi informasi melalui forum-forum traveler luar negeri yang pernah berkunjung ke sana. Pasalnya sumber yang menyediakan informasi mengenai wisata ke Xinjiang dalam Bahasa Indonesia memang masih minim.

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Anda dapat menggunakan tag dan atribut HTML: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>