Info Penginapan untuk Tempat Bermalam di Kabupaten Pakpak Bharat




Waris Hotel - @taufik temanggung
Waris Hotel - @taufik temanggung

Pakpak Bharat adalah salah satu kabupaten di Provinsi Sumatera Utara. Kabupaten ini terbentuk tahun 2003 silam sebagai hasil dari pemekaran Kabupaten Dairi. Kabupaten Pakpak Bharat sendiri terletak di kaki Pegunungan Bukit Barisan. Tak heran jika Pakpak Bharat dikenal akan panorama perbukitan dan pegunungannya yang indah dan menyejukkan mata. Kegiatan perekonomian di wilayah Pakpak Bharat berpusat pada sektor pertanian dan perkebunan. Sebagian besar penduduk di Pakpak Bharat beretnis Pakpak, yakni sub suku Batak.

Wilayah Pakpak Bharat berbatasan dengan Kabupaten Dairi di sebelah utara, Kabupaten Aceh Singkil dan Kabupaten Humbang Hasundutan di bagian selatan, Kabupaten Toba Samosir di sebelah timur, dan berbatasan dengan Kabupaten Aceh Singkil dan di sebelah Barat. Pakpak Bharat terdiri dari 8 kecamatan, antara lain Kecamatan Salak, Kerajaan, Sitellu Tali Urang Jehe, Tinada, Siempat Rube, Sitellu Tali Urang Julu, Pergetteng Getteng Sengkut, dan Pagindar.

Walaupun merupakan wilayah hasil pemekaran, Kabupaten Pakpak Bharat memiliki potensi yang cukup menarik, terutama dari sektor wisata alamnya. Saat berada di Pakpak Bharat, Anda bisa menemukan beberapa tempat wisata alam yang mempesona sekaligus wisata sejarah.

Salah satu objek wisata paling populer di Pakpak Bharat adalah Air Terjun Lae Une. Air terjun satu ini disebut-sebut masih alami dan belum banyak dikunjungi oleh . Sampuren atau Air Terjun Lae Une ada di Desa Kecupak I, Kecamatan Pergetteng-getteng Sengkut. Dari pusat Kota Pakpak Bharat, Air Terjun Lae Une bisa ditempuh sekitar 15 menit menggunakan kendaraan.

Selain Air Terjun Lau Une, di Pakpak Bharat juga ada air terjun lain yang tak kalah menarik, yaitu Air Terjun Simbilulu yang terletak di Desa Prongil Julu, Kecamatan Tinada. Air Terjun Simbilulu memiliki ketinggian 40 meter dengan kedalaman kolam sekitar 5 meter. Menariknya, Simbilulu memiliki 2 air terjun yang berdampingan dari satu sumber sungai. Pemandangan di sekitar air terjun ini juga masih sangat asri.

Lihat Juga:   Villa Handayani, Akomodasi Kapasitas 100 Orang di Dekat Selecta

Kemudian ada pula objek wisata keren lain seperti Air Terjun Lae Singgabit, Mbue Daeng Sideban, wisata sejarah di Mejan Penanggalen yang merupakan peninggalan kebudayaan megalitikum, hingga menikmati durian di kawasan Sibande ketika musim durian tiba. Sebagai , Sibande adalah salah satu kecamatan yang punya panorama indah dan terkenal sebagai sentra penghasil buah durian dan nilam. Biasanya Sibande cukup ramai dikunjungi wisatawan ketika memasuki musim durian.

Untuk urusan , kawasan Pakpak Bharat tampaknya memang masih butuh pengembangan lebih lanjut. Pasalnya menurut informasi dari berbagai sumber, ternyata di Pakpak Bharat baru ada 3 penginapan yang tersedia, antara lain Waris, Hotel Lolona, dan Hotel Impana. Sayangnya ketiga hotel itu masih sekelas hotel melati dan belum bekerja sama dengan agen-agen perjalanan ternama, sehingga untuk mengetahui berapa tarif yang dipatok untuk menginap per malam hanya bisa dilakukan dengan menghubungi pihak hotel yang bersangkutan. Berikut info dan daftar di Kabupaten Pakpak Bharat, Sumatera Utara.

Waris Hotel

Alamat: Jl. Mpu Bada Desa Salak, Kecamatan Salak, Kabupaten Pakpak Bharat, Sumatera Utara, 22271, Indonesia

Waris Hotel adalah salah satu hotel recommended yang bisa Anda temukan di wilayah Pakpak Bharat. Hotel kelas melati ini menyediakan sekitar 19 unit kamar yang cukup nyaman untuk dijadikan tempat beristirahat dan masing-masing sudah dilengkapi dengan kamar mandi dalam.

Di Waris Hotel menyediakan fasilitas seperti ruang pertemuan, area parkir kendaraan yang cukup luas, hingga fasilitas sarapan. Sayang kabarnya di Waris Hotel belum dilengkapi dengan fasilitas penyejuk ruangan alias air conditioner (AC). Tak banyak informasi yang bisa didapatkan terkait tarif atau kamar di Waris Hotel. Namun menurut para tamu yang pernah menginap di sana, rate kamar di Waris Hotel relatif murah.

Lihat Juga:   Alila Villas Uluwatu, Villa Bintang Lima di Uluwatu, Bali
Waris Hotel - @taufik temanggung
Waris Hotel – @taufik temanggung

Hotel LoLona 2

Alamat: Jl. Raja David, Desa Boangmanalu, Kecamatan Salak, Kabupaten Pakpak Bharat, 22272, Sumatera Utara, Indonesia
Nomor telepon: 081370676625 / 085260381586

Hotel LoLona 2 berlokasi di Desa Boangmanalu, Kabupaten Pakpak Barat. Hotel LoLona 2 dilengkapi sekitar 18 unit kamar yang juga cukup nyaman untuk dijadikan tempat menginap selama Anda berada di Pakpak Bharat.

Hotel LoLona 2 dilengkapi ruang pertemuan yang bisa disewa untuk mengadakan rapat atau keperluan penting lainnya. Selain itu, Hotel LoLona 2 ditunjang dengan area parkir kendaraan, area duduk, restoran, dan masih banyak lagi. Untuk atau mengetahui informasi lebih lengkap seputar sewa kamar, Anda bisa langsung menghubungi nomor kontak yang telah tertera di atas.

Hotel LoLona 2 - @Mula Sidabutar
Hotel LoLona 2 – @Mula Sidabutar

Hotel Impana

Alamat: Jl. Kecupak, Desa Kecupak II, Kecamatan Pergetteng-getteng Sengkut, Kabupaten Pakpak Bharat, 22272, Sumatera Utara, Indonesia
Nomor telepon: 081375416900

Dari beberapa pilihan penginapan yang ada di Kabupaten Pakpak Bharat, bisa dibilang Hotel Impana adalah akomodasi yang menawarkan fasilitas paling lengkap. Saat menginap di Hotel Impana, Anda bisa menikmati sederet fasilitas layaknya di hotel berbintang seperti ruang pertemuan (meeting room), restoran, kolam renang outdoor, cafe, taman, hingga ruang keluarga.

Hotel Impana menyediakan sekitar 11 unit kamar yang bisa dijadikan tempat melepas lelah setelah melalui perjalanan yang panjang. Sayangnya belum ada informasi yang jelas mengenai berapa harga sewa kamar per malam di Hotel Impana. Apabila Anda tertarik untuk menginap di Hotel Impana, Anda bisa langsung membooking kamar dengan datang ke lokasi atau menelepon terlebih dahulu ke pihak hotel yang bersangkutan.

Hotel Impana - wisatakalakpakpak.blogspot.com
Hotel Impana – wisatakalakpakpak.blogspot.com




Tentang Dian Kartika1089 Articles
Solo traveler. Menyukai akomodasi murah, tapi tidak anti dengan yang mahal.

Be the first to comment

Tinggalkan Balasan