Info Jadwal & Tarif Tiket Bus Rute Surabaya-Bali (Denpasar)

Bus Surabaya-Bali - biggamerestaurant.com

Dewata Bali hingga kini masih menjadi daya tarik wisata utama yang dimiliki oleh negara Indonesia. Banyak wisatawan domestik dan mancanegara yang menghabiskan waktunya di untuk berlibur. Meski terpisah oleh laut, rute perjalanan dari Surabaya ke sebenarnya bisa ditempuh melalui beberapa jalur, yakni jalur darat, laut, atau udara.

Jika melalui jalur darat, Anda bisa memilih alternatif moda seperti naik kendaraan pribadi atau naik umum seperti , bus, atau kereta api. Perjalanan jalur darat memang membutuhkan waktu yang lebih lama dibandingkan naik pesawat, namun jalur darat banyak disukai oleh backpacker karena perjalanannya lebih murah.

Bus Surabaya-Bali - biggamerestaurant.com

Bus Surabaya-Bali – biggamerestaurant.com

Bagi Anda yang berangkat dari Surabaya bisa langsung menuju Terminal Purabaya untuk menemukan beberapa bus yang melayani rute perjalanan Surabaya-Bali. Rata-rata bus yang melayani rute Surabaya-Bali biasanya adalah kelas bisnis dan eksekutif, sehingga Anda akan lebih nyaman selama menempuh perjalanan panjang. Di setiap bus pun biasanya sudah dilengkapi air conditioner (AC) agar lebih sejuk dan konfigurasi tempat duduk 2-2 yang memiliki sisa ruang cukup lega.

Terdapat beberapa perusahaan otobus yang melayani perjalanan darat rute Surabaya – Denpasar, misalnya saja PO Restu Mulya, PO Sari Indah, PO Akas IV, PO Santoso, PO Tiara Mas, Bus Wisata Komodo, PO Restu Mulia, hingga PO Gunung Harta.

Adapun untuk PO Restu Mulya menawarkan bus kelas bisnis AC dengan konfigurasi tempat duduk 2-2 dengan keberangkatan dari Terminal Purabaya Surabaya mulai jam 17.00 WIB. bus Restu Mulya bisnis jurusan Surabaya-Denpasar dipatok mulai dari Rp 125 ribu per orang, sedangkan untuk kelas eksekutif AC konfigurasi kursi 2-2 tarifnya berkisar mulai dari Rp 200 ribu per orang.

Kemudian untuk PO Sari Indah menawarkan bus kelas eksekutif AC dengan konfigurasi tempat duduk 2-2. Bus Sari Indah berangkat dari Terminal Purabaya Surabaya ke Terminal Ubung Bali jam 22.00 WIB. Harga tiket Bus Sari Indah pun relatif terjangkau, hanya berkisar mulai Rp 150 ribu per orang.

Lihat Juga:   Tips Wisata Murah ke Malang Naik Kereta Api

Pilihan berikutnya untuk rute Surabaya-Denpasar ada Bus Akas IV yang menawarkan kelas eksekutif AC dengan konfigurasi seat 2-2. Bus Akas IV memiliki jadwal keberangkatan dari Surabaya mulai jam 15.00 WIB, 18.00 WIB, dan 21.00 WIB. Biaya tiket bus Akas IV ke Bali dipatok sekitar Rp 160 ribu per orang.

Tak jauh berbeda dengan Akas IV, ada pula PO Santoso yang juga melayani rute perjalanan Surabaya-Bali dengan konfigurasi tempat duduk 2-2 kelas eksekutif AC. Tarif karcis Bus Santoso dikenai sebesar Rp 160 ribu per orang. Bus Santoso diberangkatkan dari Terminal Purabaya Surabaya mulai jam 19.30 WIB dan bus ini nantinya melewati Situbondo dan Ketapang.

Bus Surabaya-Bali - jasapasang06.wordpress.com

Bus Surabaya-Bali – jasapasang06.wordpress.com

Lalu tersedia pula alternatif lainnya seperti Bus Tiara Mas kelas eksekutif dengan konfigurasi tempat duduk yang juga 2-2. tiket Bus Tiara Mas dipatok Rp 170 ribu per orang dan bus ini berangkat dari Surabaya mulai jam 17.30 WIB.

Sementara itu untuk Bus Wisata Komodo hampir sama seperti bus-bus kelas eksekutif lainnya, yakni memakai konfigurasi seat 2-2 dan tarifnya terpaut sedikit lebih mahal, yakni Rp 175 ribu per orang dan jadwal keberangkatan mulai pukul 14.00 atau 17.30 WIB dari Surabaya. Bus Wisata Komodo melalui rute Situbondo, Ketapang, Gilimanuk, Negara, Tabanan, hingga sampai di Denpasar.

Berikutnya mungkin sudah cukup terkenal di kalangan traveler yang kerap melakukan perjalanan darat ke Bali, yakni PO Gunung Harta. PO Gunung Harta melayani rute Surabaya-Bali dengan armada bus eksekutif AC seat 2-2 yang berangkat mulai pukul 17.00 WIB atau 19.00 WIB. Harga tiket PO Gunung Harta berkisar mulai dari Rp 200 ribuan per orang. Bus Gunung Harta melalui rute Negara, Tabanan, dan Denpasar Barat.

Lihat Juga:   Transportasi Plat Hitam di Karanganyar

Sementara itu, untuk perjalanan dari Terminal Ubung atau Terminal Gianyar Bali ke Surabaya dilayani oleh beberapa perusahaan otobus seperti PO Akas IV, PO Santoso, Wisata Komodo, PO Restu Mulia, dan PO Gunung Harta. Jika dibandingkan dengan naik pesawat, tarif bus Surabaya-Bali memang relatif lebih hemat. Namun perjalanan yang ditempuh tentunya lebih lama. Sebagai gambaran, jika Anda berangkat jam 14.00 dari Surabaya, maka Anda akan tiba di Bali keesokan harinya pukul 06.00 pagi. Cukup panjang bukan? Bisa mencapai 16 jam.

Oleh sebab itu, bagi Anda yang belum terbiasa menempuh perjalanan darat yang panjang, sebaiknya siapkan stamina Anda selama menumpang bus untuk bepergian ke Bali. Agar tidak terlalu lelah karena terkena macet di jalanan, Anda bisa memperhitungkan kapan sekiranya jadwal keberangkatan yang tepat menuju Bali.

Sebagian besar bus biasanya berangkat dari Surabaya ke Bali sekitar siang, sore, atau malam hari. Agar tidak terjebak macet, Anda bisa memilih bus yang berangkat malam hari jika Anda melakukan perjalanan pada hari libur. Namun jika berangkat pada hari biasa, maka memilih jadwal keberangkatan saat siang hari ketika masih jam kerja. Meski demikian, pedoman ini tak bisa sepenuhnya dijadikan patokan, sebab kondisi jalanan saat ini memang sulit untuk diprediksi.

Perlu diingat bahwa jadwal dan tarif bus Surabaya-Bali bisa mengalami perubahan sewaktu-waktu tanpa pemberitahuan sebelumnya. Untuk berjaga-jaga, sebaiknya sediakan uang lebih yang memang dikhususkan sebagai uang transportasi pergi-pulang agar Anda tidak panik ketika tarif bus yang dikenakan ternyata lebih mahal dari biasanya.

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Anda dapat menggunakan tag dan atribut HTML: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>