Info Fasilitas Penginapan yang Ada di Pulau Pagang




Fasilitas di Pulau Pagang - helene-carnetvoyage.blogspot.com

Provinsi Sumatera Barat bukan hanya dikenal dengan Kota Padang-nya saja, tetapi juga deretan pantai dan pulau indah yang terlalu sayang bila Anda lewatkan begitu saja. Salah satu pulau yang cukup menarik untuk dikunjungi saat berada di Sumatera Barat adalah Pulau Pagang. Pulau cantik ini berlokasi di Kecamatan Bungus Teluk Kabung, Kabupaten Pesisir Selatan, Sumatra Barat.

Pulau Pagang terkenal dengan pantai dengan pasir putihnya yang masih perawan. Pantai di Pulau Pagang memang unik karena menyuguhkan panorama berlatar hijaunya perbukitan Sumatera. Terlebih karena pasir di sana berwarna putih dan halus, lengkap dengan air laut yang masih jernih berwarna kebiruan. Tak heran jika Pulau Pagang disebut-sebut sebagai salah satu destinasi yang baik untuk melakukan olahraga air seperti berenang, snorkeling, atau bahkan menyelam (diving). Bahkan Anda juga bisa memancing di Pulau Pagang karena di tempat ini banyak ikan laut yang lezat untuk disantap.

Pulau Pagang mempunyai luas sekitar 10 hektar dan menjadi rumah bagi sejumlah ikan hias dan terumbu karang yang cantik di bawah laut. Berwisata ke Pulau Pagang bisa menjadi pilihan tepat bagi Anda yang ingin merasakan suasana tenang dan jauh dari hiruk pikuk perkotaan. Selama berada di Pulau Pagang, Anda mungkin hanya bisa mendengar suara deburan ombak dan juga merasakan semilir angin yang sejuk.

Meski demikian, Anda dijamin tak akan bosan. Pasalnya sejauh mata memandang, Anda akan disuguhi keindahan laut yang biru, langit yang cerah, lengkap dengan pulau-pulau karang kecil, serta perahu-perahu nelayan. Berikut lengkap seputar Pulau Pagang.

Pulau Pagang - alfinaputri1202.blogspot.com
Pulau Pagang – alfinaputri1202.blogspot.com

Cara Menuju Pulau Pagang

Pulau Pagang masih termasuk bagian dari Kabupaten Pesisir Selatan, Sumatera Barat. Anda bisa ke Pulau Pagang melalui 2 jalur, yakni dari Kota Padang atau via Kabupaten Pesisir Selatan. Apabila Anda berangkat dari Padang, Anda tinggal naik angkutan umum (angkot) jurusan Pelabuhan Muaro, lalu menyewa perahu motor yang siap mengantar Anda menyeberang ke Pulau Pagang. Durasi penyeberangan menuju Pulau Pagang hanya sekitar 40 menit hingga 1 jam saja kok.

Lihat Juga:   Tarif Hotel di Dekat Stasiun Hall Bandung

Tetapi, jika berangkat dari Kabupaten Pesisir Selatan, dari pusat kota Anda bisa naik angkot atau taksi ke Pelabuhan Carocok Tarusan. Setibanya di pelabuhan, Anda dapat menyewa perahu motor milik nelayan setempat. Lama penyeberangan ke Pulau Pagang cukup singkat, hanya sekitar 30 menit saja.

sewa perahu motor di Pelabuhan Muaro atau Pelabuhan Carocok dipatok cukup variatif, tergantung dari kemampuan Anda untuk melakukan tawar-menawar. Apabila ingin lebih hemat, sebaiknya bergabung saja dengan rombongan lain.

Namun bila Anda ragu untuk naik perahu motor, Anda juga bisa menggunakan alternatif transportasi lainnya. Dari Pasar Raya Padang tinggal cari ojek yang bersedia mengantar Anda ke Pelabuhan Bungus. Di sana tersedia kapal penumpang berukuran kecil lengkap dengan nakhoda dan awak kapal yang dapat disewa untuk menyeberang ke Pulau Pagang. Sayangnya kapal yang berkapasitas 6-8 orang itu biasanya mematok sewa yang agak mahal, sekitar Rp 1 jutaan hingga Rp 1,25 jutaan.

di Pulau Pagang

Karena tergolong masih alami, fasilitas di Pulau Pagang bisa dibilang cukup minim. Anda mungkin belum bisa menemukan akomodasi layaknya resort atau . Tetapi setidaknya di Pulau Pagang tersedia beberapa penginapan sederhana yang biasanya dikelola oleh penduduk setempat. Bagi Anda yang ingin lebih berhemat juga bisa camping di Pulau Pagang. Anda dapat membawa perlengkapan tenda sendiri atau menyewa tenda yang sudah disediakan di Pulau Pagang.

Untuk masuk ke Pulau Pagang kabarnya Anda harus membayar masuk seharga Rp 35 ribuan saja. Fasilitas lainnya, di Pulau Pagang hanya terdapat sebuah warung sederhana yang bahkan menurut para traveler yang pernah ke sana, rupanya warung tersebut harus dipesan terlebih dahulu sebelum Anda tiba di Pulau Pagang.

Lihat Juga:   Info Alamat dan Tarif Wisma di Bengkulu
Fasilitas di Pulau Pagang - alfinaputri1202.blogspot.com
Fasilitas di Pulau Pagang – alfinaputri1202.blogspot.com

Maklum saja, Pulau Pagang sebenarnya hanya merupakan tempat transit untuk para nelayan yang ingin beristirahat sejenak setelah pulang melaut. Ada pula beberapa nelayan yang bermukim di Pulau Pagang. Apabila Anda kelaparan, Anda dapat meminta jasa para nelayan tersebut memasakkan makanan dengan biaya yang lebih murah. Untuk berjaga-jaga, sebaiknya bawalah berbagai kebutuhan yang penting selama berwisata ke Pulau Pagang.

Di pulau yang masih sepi dan eksotis ini tersedia beberapa fasilitas standar seperti kamar mandi dan juga listrik. Di Pulau Pagang kabarnya juga tersedia generator diesel yang biasanya dioperasikan mulai sore hari hingga keesokan paginya. Penduduk yang tinggal di Pulau Pagang kabarnya memang tak terlalu banyak, namun sebagian besar cukup ramah dengan para . Nah, jika Anda bertingkah sopan dan juga pandai mengambil hati, bukan hal yang tak mungkin jika mereka akan mengundang Anda makan bersama sembari menikmati kuliner khas pulau seperti ikan laut bakar dengan nasi hangat dan juga sambal secara gratis.

Jika Anda tak mau repot dipusingkan dengan berbagai urusan negosiasi harga dengan nelayan atau penduduk setempat, Anda juga bisa menggunakan jasa tur atau agen perjalanan yang biasanya menawarkan layanan island hopping dari satu pulau ke pulau lainnya, termasuk ke Pulau Pagang. Paket-paket tur yang disediakan relatif , berkisar Rp 400-500 ribuan per orang. tersebut biasanya sudah termasuk ongkos sewa perahu, penginapan, dan juga fasilitas makan 2 kali sehari. Setiap biro perjalanan biasanya menawarkan dan fasilitas yang berbeda-beda. Untuk lebih jelasnya, Anda bisa menanyakan paket tur pada agen perjalanan yang bersangkutan.




Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*