Hotel Hanura, Akomodasi Tarif Terjangkau di Landak Lokasi Strategis




Hotel Hanura Landak, kamar (google: Mardianti Pangestu)
Hotel Hanura Landak, kamar (google: Mardianti Pangestu)

Sebagian dari Anda mungkin belum terlalu familiar dengan daerah bernama Landak. Ini adalah sebuah kabupaten yang berlokasi di Kalimantan Barat dan dekat dengan Pontianak. Landak bisa dijadikan alternatif liburan karena terdapat sejumlah objek yang oke. Selain itu, di Landak juga sudah tersedia fasilitas penginapan yang memadai, seperti Hotel Hanura dan hotel-hotel lainnya.

Terbentuk dari hasil pemekaran Kabupaten Mempawah pada tahun 1999, Kabupaten Landak termasuk salah satu daerah di Kalimantan Barat dengan perkembangan pembangunan yang cukup pesat. Meski pekerjaan di sektor pertanian masih mendominasi (sekitar 82 persen), tetapi ada juga masyarakat yang bekerja di sektor perdagangan dan sektor-sektor lainnya seperti industri, konstruksi, angkutan, pertambangan, listrik, dan lainnya.

Lalu, bagaimana dengan destinasi liburan? Ternyata kabupaten yang beribu kota di Kecamatan Ngabang ini punya potensi yang berlimpah. Untuk wisata alam misalnya, ada Terjun Mananggar di Kecamatan Air Besar yang sering disebut sebagai miniatur Air Terjun Niagara. Menurut suatu studi, Air Terjun Mananggar punya kelebihan utama berupa pandangan lepas alam dalam objek, pandangan lepas menuju objek, keserasian warna dan bangunan, serta kesantaian suasana dan pandangan dalam objek.[1]

Selain itu, ada Merah di Desa Mungguk, yang punya potensi alam tinggi berkat keanekaragaman jenis flora dan fauna, tempat berkemah, nilai kebudayaan, tempat keramat, dan bisa menjadi tempat arung jeram.[2] Alternatif lainnya, ada Danau Niut, Gunung Sehak, Riam Sabadak, Riam Jambu, Gua Andu, Gua Sanjan, Pagung Banban, hingga sejumlah terjun seperti Ringin, Remabo, Pemayong, Bedawat, Entilis, dan lainnya.

Lihat Juga:   Kubu Alvian Guest House, Solusi Penginapan Murah di Bali

Lalu, bagaimana dengan ketersediaan tempat bermalam? Tidak perlu khawatir karena meskipun belum terlalu banyak, sudah ada sejumlah hotel representatif yang dapat Anda jadikan tempat singgah selama liburan di Landak. Apabila Anda menginginkan hotel yang nyaman dengan tarif sewa yang tidak terlalu menguras kantong, mungkin Hotel Hanura dapat masukkan ke dalam list perjalanan Anda.

Lokasi dan Fasilitas Hotel Hanura

Hotel Hanura Landak, kamar (google: abdul affandi)
Hotel Hanura Landak, kamar (google: abdul affandi)

Penginapan ini beralamat di Jalan Raya Ngabang- KM 2, Kecamatan Ngabang, Kabupaten Landak, Kalimantan Barat. Lokasi Hotel Hanura cukup strategis, dekat dengan Polres Landak. Selain itu, akomodasi ini juga berada tidak jauh dari Kantor Bupati Landak. Apabila wisatawan hendak menuju Pasar Rakyat Ngabang, bisa berkendara tidak sampai lima menit dari properti ini.

Menurut ulasan sejumlah pengunjung, Hotel Hanura merupakan salah satu penginapan yang cukup oke di Kabupaten Landak, punya kamar-kamar yang lumayan bersih dan rapi. Selain itu, kelebihan akomodasi ini menurut tamu adalah memiliki pelayanan yang baik, serta tersedia kamar yang sudah dilengkapi garasi pribadi untuk parkir kendaraan bermotor.

Secara tampilan, Hotel Hanura sebenarnya hadir dengan bangunan berdesain sederhana. Namun, area penginapan ini memang sangat lapang. Ketika Anda tiba di hotel, Anda akan menemukan lahan parkir kendaraan yang sangat luas. Untuk meminimalkan kesan gersang dan panas, maklum Kabupaten Landak bukan termasuk dataran tinggi, pengelola sudah menanam sejumlah tumbuhan hijau di sejumlah sudut hotel.

Pindah ke bagian kamar, unit kamar yang ditawarkan Hotel Hanura terlihat luas dan rapi. Dengan desain yang simpel dan mengusung warna kalem di dindingnya, pengunjung dijanjikan akan menginap dengan nyaman saat bermalam di tempat ini. Masing-masing kamar setidaknya sudah dilengkapi fasilitas seperti pendingin udara atau AC, televisi layar datar, lemari pakaian, meja kerja, dan kamar mandi pribadi. Ranjang dan kasur yang empuk tidak ketinggalan disiapkan untuk menghadirkan waktu istirahat yang optimal.

Lihat Juga:   Puspa Indah Guest House, Penginapan di Pusat Semarang Tarif Murah

Tarif Hotel Hanura

Lantas, berapa biaya yang perlu dibayarkan untuk bisa menginap di Hotel Hanura? Menurut bocoran beberapa wisatawan, tarif kamar termurah di Hotel Hanura dipatok mulai Rp120 ribuan per malam. Apabila traveler ingin menginap di kamar tipe eksekutif, harga sewanya mulai Rp400 ribuan per malam, tetapi ada juga yang mengaku membayar Rp450 ribuan per malam satu kamar untuk tiga orang.

Perlu Anda catat bahwa biaya sewa kamar Hotel Hanura di atas tidak mengikat dan dapat berubah sewaktu-waktu, tergantung kebijakan pengelola. Biasanya, harga sewa kamar akan mengalami kenaikan jika Anda melakukan reservasi untuk akhir pekan atau musim liburan. Apabila memerlukan informasi lebih lengkap, Anda dapat datang langsung ke lokasi atau menghubungi nomor telepon (0563) 21282.

[1] Akbar, Ya’ Muhammad Arsyil, Joko Nugroho R., Tri Widiastuti. 2014. Penilaian Daya Tarik Kawasan Terjun Mananggar di Desa Engkangin Kecamatan Air Besar Kabupaten Landak. Jurnal Hutan Lestari, Vol. 2(3): 414-418.

[2] Kurniawan, Nikolaus, Syafruddin Said, Erianto, 2013. Studi Daya Tarik Calon Lokasi Ekowisata Merah di Dusun Mungguk Kecamatan Ngabang Kabupaten Landak. Jurnal Hutan Lestari, Vol. 1(3): 270-275.




Be the first to comment

Tinggalkan Balasan