Rekomendasi Wisma di Kota Solok, Lengkap dengan Tarifnya




Keindahan alam Solok (sumber: bisniswisata.co.id)
Keindahan alam Solok (sumber: bisniswisata.co.id)

Solok memiliki beberapa potensi pariwisata yang dapat dikembangkan sebagai salah satu atraksi untuk menarik perhatian turis asing maupun lokal.[1] Untuk mendukung perkembangan , di Solok sudah ada beberapa jenis penginapan dan salah satu yang sedang laris adalah . Meskipun hanya ada sedikit wisma yang memiliki fasilitas lengkap, tarif sewanya terbilang relatif terjangkau dibanding .

Wisma Ayank Dua

Jika Anda mencari wisma di Kota Solok, mungkin agak sulit, karena kebanyakan seperti ini letaknya agak tersembunyi dan dekat dengan area hutan kecil, perkebunan, dan sawah. Salah satunya adalah Wisma Ayank Dua yang terletak di Jl. Raya Lubuk Selasih, Batang Barus, Gunung Talang, Solok Sumatera Barat. Meskipun letaknya agak terpencil, jalanan di sekitar akomodasi sudah diaspal, sehingga Anda tidak perlu khawatir dengan masalah ban bocor saat berkendara ke lokasi.

Akomodasi ini memiliki hunian sederhana yang asri. Selain karena sekitarnya adalah area ladang, hutan, dan sawah, penginapan ini memiliki taman yang cukup besar. Taman ini berada di bagian depan dan samping halaman wisma dengan konsep seperti kebun kecil. Di taman ini, Anda tidak hanya bisa bersantai, tetapi juga boleh menikmati hasil kebun, seperti buah dan sayur yang sudah matang.

Wisma Ayank Dua (sumber: traveloka)
Wisma Ayank Dua (sumber: traveloka)

Di samping taman, selain ada halaman yang luas, juga ada area parkir dengan konsep semi outdoor. Anda bebas meletakkan kendaraan di bagian yang terbuka atau di garasi dalam. Spot parkir ini selalu dijaga oleh security selama 24 jam, sehingga aman. Tak jauh dari area parkir, terdapat lobby yang terhubung dengan bersantai sekaligus ruang tunggu.

Lihat Juga:   Info Harga Tiket Masuk dan Penginapan Dekat Air Terjun Sri Gethuk Jogja

Wisma ini juga memiliki balkon di bagian bangunan paling atas dengan pemandangan bukit dan hutan. Ini adalah salah satu tempat favorit para tamu yang ingin nongkrong, bersantai, dan berfoto. Anda bisa selfie sepuasnya dengan background bukit yang hijau dan asri.

Tempat inap ini memiliki dua jenis , yakni Queen Room dan King Room. Queen Room adalah kamar dengan ranjang tipe double bed yang nyaman. Kamar jenis ini difasilitasi dengan ruang bersantai atau ruang tamu, lengkap dengan sofa, TV, AC, dan meja kopi. Di bagian tengah kamar, juga terdapat lemari pakaian, set meja rias, dan tempat shalat. Kamar mandinya sendiri terletak di pojok kamar dan dibekali dengan WC duduk, wastafel, cermin, gantungan baju, shower, dan bak air. Sementara itu, King Room memiliki ranjang king bed yang cukup besar dan luas. Perbedaan dua kamar ini memang hanya terletak pada jenis matras atau kasur yang ditawarkan.

Bagi Anda yang berminat menginap di Wisma Ayank Dua, setidaknya Anda perlu membayar tarif sewa kamar mulai Rp239 ribu hingga Rp250 ribu per malam. Ini sudah termasuk sarapan di kamar untuk dua orang dengan menu makan pilihan. Reservasi bisa Anda lakukan secara langsung di lokasi atau melalui situs online.

Wisma Eka

Rekomendasi wisma lain yang ada di Solok adalah Wisma Eka. Akomodasi ini berlokasi di Jl. Latsitarda No. 32A, Lubuk Sikarah, Solok, Sumatera Barat. Berbeda dengan wisma sebelumnya, tempat inap ini berada di pinggir jalan menuju perkebunan, sehingga jalan menuju properti ini sedikit lebih mulus. Selain itu, penginapan ini juga mudah ditemukan, karena terletak di pinggir jalan dengan papan yang besar.

Lihat Juga:   Info Lengkap Tempat Karaoke Hits di Cibinong Beserta Tarif per Jam
Wisma Eka Solok (google business site)
Wisma Eka Solok (google business site)

Wisma Eka memiliki konsep modern dengan bangunan yang megah dan didukung area parkir luas. Spot parkirnya berada di halaman dan berkonsep outdoor dengan penjagaan berupa security selama 24 jam. Sehingga, Anda tidak perlu khawatir dan kendaraan Anda akan aman. Penginapan ini juga memiliki balkon yang cukup luas dan bisa dipakai sebagai area bersantai, nongkrong, makan, dan berfoto. Balkon ini difasilitasi dengan kursi, meja, dan tempat menjemur pakaian.

Bagian belakang balkon adalah deretan kamar yang dibekali dengan AC/kipas angin, TV, lemari pakaian, lemari penyimpanan, set meja rias, meja kerja, dan tempat tidur yang nyaman. Selain itu, setiap kamar memiliki ruang khusus untuk merokok, ruang bersantai dengan kursi malas, dan kamar mandi. Khusus untuk kamar mandinya, dilengkapi dengan shower air hangat, lemari penyimpanan, cermin, wastafel, closet duduk, dan gantungan pakaian.

Menurut pelancong yang pernah menginap di sini, sewa kamarnya sekitar Rp225 ribuan per malam. Booking kamar di Wisma Eka bisa dilakukan secara langsung di lokasi atau melalui telepon di nomor 0813 7420 7904, karena penginapan belum bekerja sama dengan situs booking online.

[1] Yuliana, dkk. 2020. Pengembangan Potensi Kawasan Payo sebagai Agrowisata di Kota Solok. Suluah Bendang: Jurnal Ilmiah Pengabdian Kepada Masyarakat Universitas Negeri Padang, Vol. 20(2): 97-102.




Be the first to comment

Tinggalkan Balasan