Rekomendasi Villa Murah di Karangasem, Komplet dan Irit




Pura Besakih, Karangasem (sumber: balipakettour.com)
Pura Besakih, Karangasem (sumber: balipakettour.com)

Karangasem menjadi salah satu kawasan yang tidak boleh Anda lewatkan saat kebetulan berlibur ke Bali. Pasalnya, kabupaten yang berjarak sekitar 70 km dari Kota Denpasar ini menawarkan yang komplet, mulai gunung berapi aktif, pura terbesar, desa adat, dan tentu saja keindahan pantai dan bawah laut. Masalah penginapan pun tidak perlu Anda risaukan karena sudah ada banyak villa, yang beberapa di antaranya punya relatif murah.

Berdasarkan catatan Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Karangasem, kawasan ini setidaknya memiliki tidak kurang dari 20 objek wisata, baik yang sudah berkembang maupun yang masih belum dikelola.[1] Potensi wisata di Karangasem memang sangat banyak, meliputi wisata adat dan budaya, wisata serta wisata bahari (laut dan pantai), hingga wisata agro (agrowisata).

Untuk wisata bahari misalnya, Karangasem menawarkan Tulamben. Ini adalah salah satu diving site yang memiliki keindahan bawah laut. Pada tahun 2012, kunjungan turis ke kawasan ini mencapai 71.802 dan meningkat menjadi 77.842 dua tahun berikutnya.[2] Kekayaan biota laut, keindahan panorama, dan keanekaragaman atraksi yang diberikan Tulamben menjadikan objek wisata bahari tersebut sebagai salah satu tempat terbaik untuk menyelam selama di Bali.[3]

Pantai Tulamben, Karangasem (sumber: olx.co.id)
Pantai Tulamben, Karangasem (sumber: olx.co.id)

Sementara itu, jika Anda ingin memetik buah salak, dapat langsung meluncur ke agrowisata salak Sibetan, yang punya kebun salak sangat luas dan menanam 13 jenis salak Bali yang tidak dimiliki daerah lain.[4] Tidak hanya itu keunikan yang ditawarkan agrowisata Sibetan. Selain dapat memetik dan menikmati buah salak, wisatawan juga dapat disuguhi Bukit Muding di ujung selatan serta dekat dengan sejumlah spot populer lainnya, seperti Bukit Putung, Candidasa, Tirta Gangga, dan Pura Besakih.

Lihat Juga:   Jangan Asal Pilih, Ini Karakteristik Hotel Ramah Anak

Berbicara mengenai Pura Besakih, Anda tentu tidak boleh melewatkan tempat yang satu ini, terutama mereka yang punya passion di bidang budaya dan religi. Pasalnya, Pura Besakih adalah pura terbesar yang ada di Pulau Dewata, berada di ketinggian Gunung Agung. Pada waktu-waktu tertentu, pura ini dibanjiri umat Hindu Bali yang melakukan upacara keagamaan, dan karenanya telah ditetapkan sebagai kawasan tempat suci sekaligus tempat wisata oleh Peraturan Daerah Provinsi Bali Nomor 16 tahun 2009.[5]

Untuk mendukung sektor pariwisata dan menarik lebih banyak kunjungan turis, Kabupaten Karangasem juga telah didukung dengan fasilitas pendukung yang memadai, termasuk penginapan. Anda tidak perlu pusing mencari karena banyak tempat yang dapat disewa untuk dijadikan bermalam. Kebanyakan berupa villa, sebagian menawarkan yang ramah di kantong sehingga pas untuk Anda yang ingin berhemat. Sebagai referensi, berikut rekomendasi villa murah di Karangasem.

Villa Murah di Karangasem

Salah satu villa di kawasan Karangasem (sumber: traveloka)
Salah satu villa di kawasan Karangasem (sumber: traveloka)
Nama VillaTarif per Malam
Villa CoralJl. Bunutan Amed, Karangasem, BaliStandard Room : Rp196.000
Anugerah Villas Ocean ViewJalan Raya Bunutan Lipah Amed, Karangasem, Bali,Standard Double : Rp225.000
Deluxe Double : Rp385.000
Standard Triple : Rp435.000
Villa MelantingJalan I Gusti Ngurah Tenganan, Desa Pesedahan Gg. Kamboja, No 5, Karangasem, BaliVilla 1 Kamar : Rp248.000 – Rp310.000
Classic Beach VillasJalan I Ketut Natih, Amed, Karangasem, BaliDeluxe Bungalow : Rp250.000
Cottage Tradisional : Rp350.000
Bungalow Ocean View : Rp374.999
Kubu Alas Tunggal VillaJalan Raya Sidemen – Selat Duda, Sidemen, Karangasem, BaliOne Bedroom : Rp275.000

 

Villa Seraya KarangasemJl. Karangasem Seraya Barat, Amlapura, Karangasem, BaliVilla Tradisional : Rp299.999
Villa Coral AmedJl. I Ketut Natih, Jemeluk, Purwakerti, Kecamatan Abang, Bunutan, Amed, Karangasem, BaliDouble Room : Rp300.000

sewa villa-villa di Karangasem tersebut telah kami rangkum dari berbagai sumber, termasuk sejumlah situs online. Perlu dicatat bahwa harga sewa villa-villa di atas tidak mengikat dan dapat berubah sewaktu-waktu, tergantung kebijakan pengelola dan tanggal reservasi. Jika berminat, bisa melakukan pemesanan via online travel agent atau datang langsung ke lokasi.

Menuju Karangasem sendiri tidak sulit, meski jaraknya memang relatif jauh dari Kota Denpasar. Apabila Anda bertolak dari Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai, Anda bisa menggunakan jalur darat melalui jalan bypass Jalan Ida Bagus. Anda bisa memakai kendaraan pribadi, seperti sepeda motor dan mobil, atau menumpang bus umum Trans Sarbagita jurusan Nusa Dua-Batubulan. Dari Batubulan, dilanjutkan ke Karangasem menggunakan minibus, yang biasanya singgah sejenak di Terminal Klungkung.

[1] Lokantara, I Gede Wyana dan Muhammad Rafi’i. 2017. Identifikasi Tipologi Destinasi Wisata dan Strategi Pengembangnya sebagai Upaya Mewujudkan Pariwisata Kabupaten Karangasem Berbasis Wisata Konservasi. Prosiding Seminar Nasional Multi Disiplin Ilmu & Call of Papers UNISBANK ke-3.

[2] Hidayah, Ade, Sunarti, Luchman Hakim. 2017. Potensi dan Pengembangan Objek Wisata Bahari Tulamben, Kabupaten Karangasem, Bali. Jurnal Administrasi Bisnis Universitas Brawijaya, Vol. 50(2): 93-98.

[3] Subhan, B. 2015. Kehidupan Laut Tropis Tulamben. Bogor: IPB Press, hlm. 3-19.

[4] Darmadi, A. A. K., A. Hartana, J .P. Mogea. 2002. Perbungaan Salak Bali. Hayati, Vol. 9(2): 59-61.

[5] Sudiarta, I Ketut. 2011. Penetapan Kawasan Tempat Suci dan Kawasan Pariwisata dalam Penataan Ruang di Bali. MMH, Jilid 40(1): 66-72.

Lihat Juga:   Tarif Hotel di Jalan Soekarno Hatta Malang dan Sekitarnya




Be the first to comment

Tinggalkan Balasan