Pilihan dan Harga Tiket Transportasi ke Pulau Bawean




Pulau Bawean (sumber: baweanku.com)
Pulau Bawean (sumber: baweanku.com)

Jika Anda sedang berlibur ke Jawa Timur, jangan lupa mampir ke Pulau Bawean. Pulau yang berada di utara Gresik ini punya panorama luar biasa yang dijamin bakal membuat Anda semakin mengesankan. Urusan pun tidak perlu khawatir, karena saat ini Anda sudah bisa mengakses Pulau Bawean melalui jalur maupun udara.

Lokasi Pulau Bawean

Seperti disinggung di atas, Pulau Bawean terletak di utara Kabupaten Gresik, terpisah jarak sekitar 120 km di Laut Jawa. Secara administratif, pulau ini termasuk wilayah Kabupaten Gresik, dengan jumlah penduduk sekitar 100 ribuan jiwa, yang mayoritas merupakan suku Bawean dan sisanya adalah suku Jawa, Madura, Kalimantan, Sulawesi, dan Sumatra.

Ada banyak kisah yang menceritakan sejarah Pulau Bawean, salah satunya ketika sekelompok pelaut dari Kerajaan Majapahit terjebak badai di Laut Jawa dan akhirnya terdampar di Pulau Bawean ketika matahari terbit.[1] Karena menerima sambutan yang ramah dari penduduk setempat, pimpinan pasukan Majapahit tersebut lantas menyerukan kata-kata indah, yakni Ba-we-an, yang berarti sinar, matahari, dan ada.

Pulau Bawean tampak dari ketinggian (sumber: wisatakita.com)
Pulau Bawean tampak dari ketinggian (sumber: wisatakita.com)

Sejak saat itu, penduduk setempat lantas menyebut pulau tersebut dengan nama Pulau Bawean dan meninggalkan nama Pulau Majeti atau Pulau Majdi yang dulu sering dipakai, yang konon berasal dari bahasa Arab dengan arti uang logam (merujuk bentuk pulau yang hampir bulat seperti kepingan logam). Nama Bawean lantas tetap digunakan hingga detik ini dan menjadi nama kebanggaan dari warga pulau tersebut.

Tidak hanya Bawean, pulau ini juga sering disebut dengan nama Pulau Putri lantaran banyaknya laki-laki setempat yang merantau ke Pulau Jawa, menyisakan penduduk perempuan. Legenda lain menceritakan bahwa pemberian nama Pulau Putri karena dulunya ada seorang putri dari Kerajaan Campa yang meninggal di Bawean dan dimakamkan di Desa Kumalasa.

Pulau ini setidaknya terbagi menjadi dua kecamatan, yakni Kecamatan Sangkapura di bagian selatan serta Kecamatan Tambak yang berada di sebelah utara. Kecamatan Sangkapura terdiri dari 34 desa, sedangkan Kecamatan Tambak memiliki 17 desa. Sebagian besar penduduk pulau ini bekerja sebagai nelayan dan petani, sedangkan sisanya memilih merantau ke dan Singapura.

Lihat Juga:   Punya Banyak Spot Wisata Keren, Ini Biaya Menyeberang ke Nusa Penida

Ketika Anda memutuskan untuk liburan ke tempat ini, tidak perlu khawatir kehabisan spot keren. Karena, Pulau Bawean memiliki banyak lokasi yang elok dan sangat sayang dilewatkan. Sebagian besar menawarkan pemandangan pantai dan lautan, ada pula air terjun, danau alami, hingga penangkaran rusa yang eksotis.

Wisata Pulau Bawean

Keindahan salah satu pantai di Pulau Bawean (sumber: wartawisata.id)
Keindahan salah satu pantai di Pulau Bawean (sumber: wartawisata.id)
  • Pulau Gili. Menjadi rekomendasi pertama yang wajib Anda kunjungi ketika liburan ke Bawean. Pulau Gili sendiri adalah pulau terbesar di gugusan pulau sekitar Bawean. Di sini, Anda bisa menikmati pemandangan laut yang masih bersih, pasir pantai yang putih, serta keramahan penduduk. Dengan kondisi tersebut, area ini sering dijadikan lokasi menyelam dan snorkeling.
  • Pulau Noko. Terletak di seberang Pulau Giri, pemandangan pulau ini hampir sama dengan saudaranya tersebut, namun dengan pasir yang lebih tebal. Anda yang datang ke sini bisa menikmati lembutnya pasir putih dan bermain pasir dengan puas.
  • Pantai Kuburan Panjang. Masih seputar wisata laut, Anda bisa menyambangi Pantai Kuburan Panjang. Dinamakan demikian karena di pantai ini, Anda dapat menemukan sebuah kuburan berbentuk memanjang, yang konon dipercaya sebagai makam pengawal Aji Saka. Bagi Anda yang suka wisata mistis, pantai ini layak masuk dalam list Anda.
  • Pantai Ria. Ini adalah pantai yang sedikit berbeda dari kebanyakan pantai di Bawean karena dihiasi pasir dam batu karang berwarna hitam. Pantai ini sendiri sering dijadikan tempat berlabuh nelayan setelah mencari ikan. Bahkan, saking banyaknya hasil ikan yang ditangkap, terdapat juga tempat pengolahan ikan dan rumput laut.
  • Pantai Mayangkara. Adalah pantai yang cocok bagi mereka yang tidak hanya ingin menikmati keindahan laut, tetapi juga bermain-main. Tersedia tanah yang cukup lapang, yang dapat Anda jadikan tempat untuk bermain bola.
  • Danau Kastoba. Punya suasana yang masih alami dan cantik, danau ini menjadi lokasi wajib kunjung ketika liburan ke Bawean. Berada di tengah pulau, untuk mencapai danau ini, Anda perlu trekking sekitar 500 meter.
  • Air Terjun Laccar. Punya ketinggian sekitar 20 meter, air terjun ini tampak menyegarkan di tengah tebing batu dan tumbuhan hijau.
  • Penangkaran Rusa Bawean. Spot yang tidak boleh Anda lewatkan saat berkunjung ke Bawean. Punya luas sekitar 4 hektar, Anda bisa berinteraksi dengan rusa-rusa cantik yang dibiarkan bebas berkeliaran di terbuka.
Lihat Juga:   Wira Garden Lampung, Taman Wisata Komplit dengan Cottage & Sederet Fasilitas Lainnya

Nah, apakah Anda tertarik liburan ke Pulau Bawean? Jika iya, tidak sulit mengakses pulau ini meskipun lokasinya berada di tengah laut. Dari Pulau Jawa, Anda bisa menggunakan transportasi laut untuk menyeberang ke pulau. Selain itu, sudah tersedia maskapai penerbangan yang berangkat dari Bandara Internasional Juanda menuju Bandara Harun Thohir.

Transportasi ke Pulau Bawean[2][3]

Ilustrasi: kapal menuju Pulau Bawean (sumber: headtopics.com)
Ilustrasi: kapal menuju Pulau Bawean (sumber: headtopics.com)
Nama Moda TransportasiHarga Tiket Perjalanan 
Kapal Bahari Ekspres 8EEksekutif : Rp146.500Gresik-Bawean : Selasa, Kamis, Minggu (09.00 WIB)
VIP : Rp162.500
Bawean-Gresik : Sabtu, Senin, Rabu (09.00 WIB)
Kapal Gili IyangDewasa : Rp76.000Gresik-Bawean : Jumat (21.00 WIB)
Anak : Rp59.000
Penumpang & Motor : Rp95.000Paciran-Bawean : Rabu, Minggu (21.00 WIB)
Bawean-Gresik : Jumat (09.00 WIB)
Bawean-Paciran : Sabtu, Senin (21.00 WIB)
Kapal Natuna EkspresEksekutif : Rp146.000Gresik-Bawean : Senin, Rabu, Sabtu (09.00 WIB)
VIP : Rp162.500
Bawean-Gresik : Selasa, Kamis, Minggu (09.00 WIB)
Pesawat Susi AirSurabaya-Bawean : Rp342.500Rabu, Kamis, Jumat
Bawean-Surabaya : Rp269.200

Daftar dan jadwal transportasi menuju Pulau Bawean di atas kami rangkum dari berbagai sumber, termasuk situs resmi Pemerintah Kabupaten Gresik. Jadwal dan harga perjalanan ke Pulau Bawean tersebut tidak mengikat dan dapat berubah sewaktu-waktu. Jika Anda membutuhkan info lebih lengkap, bisa menelepon nomor (031) 3983600 (Kapal Bahari Ekspres), (031) 3976444 (Kapal Natuna Ekspres), atau (0265) 631220 (maskapai Susi Air).

[1] Usman, Zulfa. 1996. Cerita Rakyat dari Bawean (Jawa Timur). Jakarta: Grasindo.

[2] Pemerintah Kabupaten Gresik. Jadwal dan Harga Tiket Penyeberangan Kapal Gresik-Bawean Terbaru. //gresikkab.go.id/infokota/jadwal_kapal_ke_bawean. Diakses 3 Januari 2020.

[3] Redaktur. 2019. 3 Kali Seminggu, Susi Air Terbang Surabaya-Bawean PP. //juandaairport.com/3-kali-seminggu-susi-air-terbang-surabaya-bawean-pp.html. Diakses 3 Januari 2020.




Be the first to comment

Tinggalkan Balasan